Home » Berita » Biaya Pembuatan SIM Internasional, Mudah dan Terjangkau

Biaya Pembuatan SIM Internasional, Mudah dan Terjangkau

Jakarta – Mengendarai sebuah mobil tentunya membutuhkan sebuah Surat Izin Mengemudi atau SIM. Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, pasti Anda pernah memiliki hasrat untuk mengemudi di negara orang. Jika pernah memiliki hasrat seperti ini, rasanya Anda harus membuat SIM Internasional. Kira-kira berapa biaya pembuatan SIM Internasional ini?

Sebenarnya untuk membuat SIM Internasional ini bisa dibilang cukup mudah. Bahkan saking mudahnya, Anda hanya membutuhkan waktu lebih kurang 20 menit saja untuk membuat SIM Internasional. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai tata cara pembuatan dan biaya untuk membuat SIM Internasional ini.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk membuat SIM Internasional kami akan membeberkan biaya pembuatan SIM Internasional yang harus dikeluarkan. Cara membuat SIM Internasional ini juga bisa dibilang cukup mudah tak tidak sulit untuk dilakukan.

Menyiapkan Berkas

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan berkas. Berkas yang dimaksud disini adalah KTP asli dan fotocopy, Paspor asli dan copy. Selain itu Anda juga harus menyiapkan SIM yang masih berlaku, KITAP asli dan copy, Materai Rp 6.000, dan foto berukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Untuk pria usahakan memakai foto menggunakan dasi, sedangkan wanita menggunakan blazer. Foto yang dilampirkan harus menggunakan latar belakang berwarna biru.

Lokasi pembuatan SIM Internasional
Lokasi pembuatan SIM Internasional/biaya pembuatan SIM Internasional

Berkas di atas tersebut ditujukan untuk WNI, sedangkan WNA memiliki cara yang lain. Pemohon yang ingin membuat SIM Internasional wajib hadir untuk mengisi formulir pendaftaran. Formulir ini disertai juga dengan tanda tangan, foto dan sidik jari. Untuk mengisi form ini harus dilakukan oleh Anda sendiri, tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

Persyaratan pembuatan SIM Internasional wajib lengkap. Jika berkas sudah lengkap, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk membuat SIM Internasional. Lokasi pembuatan SIM Internasional ini bertempat di gedung Korlantas Polri di Jl MT Haryono Kav 37-38, Jakarta. Pelayanan pembuatan SIM Internasional ini buka dari Senin-Jumat dari jam 08.30-15.00 WIB. Libur untuk hari Sabtu-Minggu dan hari-hari besar lainnya.

Masa Berlaku SIM Internasional

Jika Anda sudah selesai membuat SIM Internasional ini, maka SIM tersebut dapat digunakan selama 3 tahun. Masa berlaku ini dihitung sejak tanggal pembuatan SIM tersebut di Korlantas Polri. Lalu, bagaimana dengan perpanjangan SIM Internasional? Untuk melakukan perpanjangan SIM Internasional prosedurnya sama dengan membuat baru.

Biaya Pembuatan SIM Internasional

Untuk biaya pembuatan SIM Internasional Anda akan dikenakan biaya hingga Rp 250 ribu. Biaya ini tertuang pada Peraturan Pemerintah 50 Tahun 2010 tentang PNBP yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia. Sedangkan untuk melakukan perpanjangan membutuhkan biaya Rp 225 ribu. Biaya yang dikeluarkan bisa dibilang cukup terjangkau.

biaya pembuatan SIM Internasional
Desain SIM Inggris yang asli (Foto: Mirror)/biaya pembuatan SIM Internasional

Memilih Golongan SIM Internasional

Sebelum membuat SIM ini, Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir. Formulir ini harus diisi sesuai dengan identitas pemegang SIM. Pemegang SIM ini juga harus memilih golongan SIM Internasional yang diinginkan.

Golongan A: Sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus untuk orang cacat, dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg (900 lbs).

Golongan B: Mobil penumpang yang dapat mengangkut paling banyak 8 penumpang, termasuk pengemudi, atau mobil pengangkut barang dengan berat maksimum tidak melebihi 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan ini boleh menarik gandengan (trailer) ringan.

Golongan C: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan berat maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.

Golongan D: Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan jumlah termasuk pengemudi lebih dari 8 orang. Kendaraan ini boleh menarik trailer ringan.

Golongan E: Kendaraan bermotor yang termasuk dalam golongan B, C, dan D dan diperbolehkan menarik gandengan (trailer) yang tidak ringan.

BMW e36 coupe

Bagaimana, cukup mudah kan proses membuat SIM Internasional ini? Biaya pembuatan SIM Internasional ini juga cukup terjangkau. Bagi Anda yang berniat berkendara di luar negeri, Anda wajib membuat SIM Internasional ini. Semoga bermanfaat.

Mobil baru Wuling
Previous post
Tips Pindah Gigi Manual e-Clutch di Wuling Confero S ACT, Praktis Ala Motor Bebek
Next post
Mobil dan Sepeda Motor Terbaru yang Meluncur Sepanjang Maret 2019