BeritaSepeda motorSumber informasi

Biaya Perawatan Royal Enfield, Tak Semahal yang Dikira

Jakarta – Banyak orang Indonesia menilai jika ingin memiliki motor gede (moge) harus memiliki kocek cukup dalam dalam hal biaya perawatan. Tetapi, ternyata tidak semua moge memiliki biaya perawatan mahal. Biaya perawatan Royal Enfield menjadi yang termurah dalam kelas motor bermesin besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Yudhistira selaku Technical Workshop Royal Enfield diler Pejaten. Ia mengatakan jika biaya perawatan Royal Enfield terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan motor besar lainnya. Perawatan yang harus dilakukan juga tergolong tak menyusahkan sang pemilik.

Biaya Perawatan Royal Enfield

Biaya Perawatan Royal Enfield

“Servis rutin ini ada di kilometer 500, kilometer 3.000 dan setiap kelipatan 3.000. Bisa dibilang biaya perawatan Royal Enfield ini cukup terjangkau lah, karena harga spare parts fast movingnya juga sangat murah,” kata Yudhistira kepada Carmudi di Pejaten, Jakarta, Senin (25/3).

Ada beberapa bagian yang akan diperiksa pada saat konsumen melakukan servis rutin. “Yang diperiksa itu standard sih. Mulai dari pengecekan baut-baut, tekanan angin, pengecekan suspensi depan-belakang, kelistrikan, komstir dan pastinya pengecekan mesin. Soal spare part, di Royal Enfield sendiri juga mudah di dapat untuk fast moving dan harganya murah sekali,” sambungnya.

Harga Penggantian Spare Part Royal Enfield

Yudhistira pun menjelaskan perihal harga-harga fast moving untuk Royal Enfield Classic dan Bullet. “Kalau fast moving itu yang diganti kanvas rem depan-belakang, kabel gas, kabel speedometer, dan kabel kopling. Selebihnya itu parts yang slow moving. Kalau kanvas depan-belakang itu sekitar Rp 200 ribu, kabel gas untuk injeksi Rp 90 ribu, kabel kopling Rp 40 ribu, filter oli Rp 38 ribu,” sambungnya.

Royal Enfield

Untuk biaya servisnya sendiri, konsumen akan dikenakan biaya yang dihitung setiap jam pengerjaan. “Kalau ongkos jasa servisnya itu kita ada di angka Rp 110 ribu + PPN setiap jamnya. Untuk satu unit motor Yudhis mengatakan membutuhkan waktu sekitar 1 jam pengerjaan untuk servis. Selain menjelaskan harga spare part, ia juga menjelaskan kisaran harga penggantian oli.

“Kalau penggantian oli, motor ini membutuhkan oli mesin 2,65 liter atau 3 botol. Biaya ganti oli ini Rp 350 ribu dengan menggunakan oli yang sudah kita rekomendasikan khusus untuk motor Royal Enfield,” tutur Yudhis. Dengan harga tersebut, biaya perawatan Royal Enfield bisa dibilang cukup terjangkau dan tak terlalu menguras isi dompet.

Biaya perawatan Royal Enfield tersebut adalah kisaran untuk model Classic dan Bullet. Kedua model ini memang bisa dibilang serupa dan memiliki common parts yang dapat dipakai bersama. Untuk model Himalayan, spare partnya cukup berbeda sehingga tidak bisa dilakukan substitusi.

Daftar Harga Spare Part dan Biaya Perawatan Royal Enfield

Kanvas rem depan-belakang Rp 200 ribu
Kabel gas untuk injeksi Rp 90 ribu
Kabel kopling Rp 40 ribu
Filter oli Rp 38 ribu
Fuel pump Rp 5,4 juta
Biaya jasa Rp 110 ribu + PPN
Ganti oli Rp 350 ribu (3 liter)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts