Sumber informasi

Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan, Pilih Bengkel Resmi atau Ketok Magic?

Tak ada satu pun pemilik mobil di dunia ini yang ingin terlibat dalam sebuah kecelakaan. Karena bukan hanya nyawa taruhannya, melainkan juga biaya perbaikan mobil tabrakan yang jumlahnya bisa bikin kantong bolong.

Situasi akan lebih buruk saat perlindungan dari asuransi tak di tangan.

Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan

(Foto: Bankrate)

Sialnya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih dalam taraf yang mengkhawatirkan. Jumlahnya tak main-main. Menurut data Korlantas Polri ada sebanyak 100.028 kecelakaan lalu lintas terjadi sepanjang 2020 lalu.

Fenomena ini tentunya harus menjadi perhatian bersama. Tak terkecuali bagi para pemilik kendaraan bermotor. Tingkat kewaspadaan dan kepiawaian dalam berkendara mesti ditingkatkan.

Data Kementerian Perhubungan pada 2017 menunjukkan faktor terbesar penyebab kecelakaan adalah kesalahan manusia, yaitu 61%. Disusul faktor prasarana dan lingkungan sebesar 30%, kemudian faktor kondisi kendaraan 9%.

Ada sederet upaya yang mesti dipersiapkan pemilik mobil dalam menyikapi kecelakaan lalu lintas. Perlindungan terhadap keselamatan jiwa tetap nomor satu. Tapi selanjutnya adalah bagaimana cara agar kendaraan bisa kembali digunakan.

Pasalnya sekecil apapun kejadian yang menimpa kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan. Entah itu sebatas goresan di bodi mobil atau sampai penyok bahkan kerusakan komponen eksterior.

Membiarkan kerusakan begitu saja bukan sikap yang bijak. Di satu sisi mobil jadi kurang sedap dipandang. Kerusakan tersebut pun bisa menimbulkan bahaya susulan jika yang terdampak adalah kelengkapan berkendara seperti lampu atau kaca spion.

Untuk mengembalikan kondisinya sering muncul pertanyaan berapa biaya perbaikan mobil tabrakan. Jawabannya sangat tergantung dari bagian apa yang mengalami kerusakan.

Tapi sisi eksterior adalah yang paling sering terdampak. Umumnya bengkel reparasi bodi akan menghitungnya berdasarkan jumlah panel yang rusak.

Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan

Untuk memperbaiki bodi mobil yang rusak pada dasarnya pemilik punya tiga pilihan tempat, yakni bengkel resmi, bengkel umum, dan ketok magic. Masing-masing menawarkan keunggulan dan kekurangan termasuk soal biayanya.

Perbaikan di Bengkel Resmi

Ilustrasi Bengkel Resmi

(Foto: AT Coachworks)

Ambil contoh untuk bengkel resmi. Sebagai bengkel yang khusus melayani mobil dari brand tertentu sudah pasti memiliki fasilitas lebih lengkap.

Dealer resmi umumnya memiliki ruang steril untuk perbaikan bodi dan cat. Tujuan dari adanya fasilitas tersebut guna menghindari debu atau partikel-partikel yang tak diinginkan menempel di bodi mobil selama proses perbaikan.

Perbaikan di bengkel resmi juga bisa dibilang lebih tertata. Mobil dikerjakan melalui sejumlah tahapan dan dipegang oleh spesialisnya sendiri-sendiri.

Dempul dilakukan oleh personel ahli sendiri. Begitu juga dengan proses pengecatan atau pengelasan.

Untuk hasilnya memang bisa lebih dipertanggungjawabkan. Warna bagian bodi yang diperbaiki sudah pasti sesuai dengan warna awal karena cat yang digunakannya juga serupa.

Faktanya hal ini kerap menjadi kekhawatiran tersendiri bagi mereka yang melakukan perbaikan bodi mobil. Warna cat yang belang mengurangi penampilan mobil secara keseluruhan.

Tapi karenanya biaya perbaikan mobil tabrakan di bengkel resmi bisa jadi lebih mahal.

Lantas berapa biaya yang mesti dikeluarkan? Umumnya bengkel resmi akan menghitung biayanya dari jumlah panel yang rusak.

Sebagai informasi, panel adalah suatu bidang utuh pada bodi mobil, misalnya kap mesin, bumper, atau bagian bawah pintu. Bagian-bagian yang disebutkan tadi biasanya dihitung satu panel.

Kecuali untuk atap kendaraan. Karena dimensinya yang luas maka terkadang dihitung dua panel.

Biaya perbaikan mobil tabrakan di bengkel resmi berkisar Rp700 ribu sampai Rp900 per panel. Lamanya waktu pengerjaan tergantung dari jumlah antrian. Mulai dari satu hari sampai satu minggu.

Perlu diingat biaya tersebut masih di luar penggantian kelengkapan kendaraan yang rusak.

Perbaikan di Bengkel Ketok Magic

Bengkel Ketok Magic

(Foto: Bengkel Ketok Magic Sidoarjo)

Bengkel ketok magic sejak lama menjadi andalan banyak pemilik mobil yang harus melakukan perbaikan bodi kendaraannya. Walau begitu mungkin belum banyak yang tahu bahwa nama asli dari ketok magic adalah keteng teter.

Teknik ketok magic untuk perbaikan bodi mobil konon pertama kali ditemukan oleh pria Blitar, Jawa Timur bernama Mbah Tutur pada era 1960-an.

Pada awalnya banyak orang mengira proses yang dilakukannya turut melibatkan bantuan makhluk halus. Pasalnya waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan tergolong singkat dengan hasilnya rapi.

Terlebih lagi penampakan bengkel ketok magic selalu tertutup rapat yang membuat orang lain tak bisa melihat proses pengerjaannya dari luar.

Pada kenyataannya ketok megic sepenuhnya dilakukan oleh manusia. Tepatnya mereka yang telah mempelajari teknik tersebut secara turun menurun. Alat yang digunakan untuk memperbaikinya ada banyak.

Ketok magic modern menggunakan semacam suction cup khusus untuk membuat permukaan bodi mobil yang penyok kembali rata.

Proses yang cepat, hasil relatif rapi, dan harga murah adalah sejumlah keungulan dari bengkel ketok magic.

Perbaikan per panel kira-kira menelan biaya Rp300 ribu sampai Rp400 ribu. Seandainya perlu dilakukan pengecatan maka biaya sedikit bertambah menjadi Rp400 ribu sampai Rp600 ribu.

Berdasarkan pengalaman pribadi, hasil pengerjaan ketok magic memang cukup memuaskan. Tapi berselang kira-kira dua tahun mobil digunakan warna catnya mulai memudar.

Sehingga terlihat antara bagian yang pernah diperbaiki dan yang masih orisinil.

Perbaikan di Bengkel Umum

Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan

(Foto: Wuling)

Sampai di sini mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya apa bedanya bengkel ketok magic dan bengkel umum.

Pada umumnya bengkel ketok magic hanya fokus pada perbaikan bodi dan cat. Cocok untuk Anda yang mengalami kerusakan mobil hanya pada bagian tersebut.

Sementara itu bengkel umum punya layanan yang lebih luas lagi. Contohnya sampai pengecekan mesin hingga kelistrikan. Bengkel umum juga bisa melakukan penggantian komponen-komponen yang rusak akibat kecelakaan.

Dengan begitu bengkel semacam ini bisa menjadi alternatif untuk mobil yang kerusakannya bukan hanya pada bagian bodi.

Adapun untuk biaya perbaikan di bengkel umum berkisar Rp500 ribu untuk satu panel. Tapi ada juga bengkel yang menggunakan cara laiin untuk menghitungnya, misal dihitung per jengkal tangan. Tarif untuk cara ini biasanya Rp300 ribu per jengkal.

Kisaran Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan
Bengkel ResmiRp700 ribuan – Rp900 ribuan per panel
Bengkel Ketok MagicRp400 ribuan – Rp600 ribuan per panel
Bengkel UmumRp500 ribuan per panel

Trik Hemat Biaya Perbaikan Mobil Tabrakan

Biaya perbaikan mobil tabrakan bisa menghabiskan banyak dana seperti sudah disinggung sebelumnya. Karenaya pemilik mobil mesti pintar-pintar cari cara agar pengeluaran tidak terlaku membengkak.

Tidak semua komponen yang rusak harus diganti. Misalnya jika mika lampu mobil hanya mengalami retak atau pecah sebagian. Ada bengkel khusus yang bisa memperbaiki hal-hal seperti ini.

Khusus Anda yang berada di Jakarta, salah satu bengkel yang menyediakan reparasi mika lampu adalah Berlian Motor yang bisa ditemui di Pasar Otomotif Duren Sawit, Jakarta Timur.

Biayanya berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp350 ribuan. Pada praktiknya pihak bengkel akan menggunakan mika dari mobil lain untuk mengganti bagian yang rusak.

Cara ini jelas lebih hemat dibanding mesti membeli lampu baru yang harganya bisa mencapai Rp1 jutaan. Belum lagi jika harus inden karena dealer tidak memiliki barangnya di gudang.

Trik lainnya adalah tidak perlu melakukan pengecatan satu panel penuh jika porsi bagian yang rusak tergolong kecil. Tapi Anda harus memastikan perbaikan dilakukan oleh tangan yang benar-benar ahli karena berisiko cat mengalami belang.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *