Modifikasi

Biaya Restorasi Toyota Starlet Tak Semurah yang Dikira

Beberapa tahun belakangan banyak orang mencari tahu biaya restorasi Toyota Starlet. Mobil hatchback yang terkenal di era 1980-an akhir sampai pertengahan 1990-an ini kembali tren.

Alasannya untuk bernostalgia semasa kecil, sehingga tujuan utama melakukan restorasi adalah mengembalikan kondisi mobil seperti saat dulu masih baru.

Mobil yang usianya sudah lebih dari 20 tahun ini punya banyak kekurangan, misalnya di bagian mesin, kaki-kaki, dan interior. Untuk menyegarkan kembali kondisinya, dibutuhkan beberapa hal, diantaranya niat, uang, dan waktu yang tak sedikit.

biaya restorasi toyota starlet

Toyota Starlet Kotak EP71

Sebab membangun Toyota Starlet hingga sempurna tak semudah yang dikira. Carmudian yang baru mau meminang, pastikan memikirkan biaya restorasi Toyota Starlet sebagai prioritas.

Tips Sebelum Melakukan Restorasi

Kumpulkan Aksesoris Lebih Dulu

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengumpulkan aksesori lebih dulu. Ingat, mengumpulkan aksesoris dari mobil yang mau direstorasi tak semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak orang menyerah di fase pertama ini lantaran kesulitan mencari aksesorisnya. Di dunia restorasi, ada 2 macam orang, yakni orang penganut paham purist atau serba orisinil dan orang yang menganut paham fleksibel.

Bagi kaum purist, mereka tak akan mau menggunakan komponen yang statusnya tak asli. Sebisa mungkin kaum purist akan mencari komponen asli baik baru atau bekas.

biaya restorasi toyota starlet

Sebaliknya, kaum fleksibel cenderung berpikir simpel. Mereka tak mementingkan status orisinil dari komponen yang dipakai, yang terpenting mobil bisa berjalan sesuai keinginannya.

Aksesoris yang biasanya dicari saat restorasi biasanya berupa karet-karet, kaca, part interior, kaki-kaki, pelek, hingga emblem-emblem. Dan satu hal, harga aksesoris mobil tua bisa lebih mahal dibanding harga komponen mobil baru.

Cari Bengkel Rekomendasi

Sebagian besar Carmudian mungkin sudah punya bengkel langganan, tapi bagaimana buat mereka yang belum tahu? Mereka bisa bertanya kepada komunitas atau mencari info kepada teman yang sudah pernah melakukan restorasi mobil.

Tak semua bengkel cat bisa melakukan restorasi, khususnya mobil tua. Dalam membangun mobil tua yang harus diperhatikan secara detail adalah garis bodinya.

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.

Ilustrasi bengkel restorasi mobil, (Foto: Rizen/Carmudi).

Usahakan cari bengkel yang memang direkomendasikan banyak orang atau terbiasa merestorasi mobil tua, karena tak mudah mengembalikan garis-garis bodi agar terlihat sempurna lagi.

Jika salah mempercayakan bengkel, mobil bukan menjadi bagus tapi malah bisa menjadi makin jelek. Makanya penting sekali menentukan bengkel yang akan dipercaya membangun mobil, khususnya Toyota Starlet.

Pilih Mobil Kondisi Bagus

Ada pepatah berbunyi ‘Ada Harga Ada Kualitas’. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mau melakukan restorasi kendaraan. Usahakan cari mobil yang kondisinya bagus dengan harga sedikit lebih mahal dibanding membeli mobil harga murah yang kondisinya jelek.

Mobil yang jelek biasanya banyak menyimpan masalah seperti keropos, aksesoris tak lengkap, surat kendaraannya mati, dan terburuk suratnya hanya STNK atau BPKB nya saja.

Mobil Bekas Jogja di Bawah 50 Juta - Toyota Starlet

Toyota Starlet (Foto: Autoevolution)

Dengan mencari mobil yang kondisinya bagus, Carmudian sudah terhindar dari malapetaka. Salah satu kesulitan dalam restorasi adalah mengumpulkan aksesori mobil itu sendiri.

Makanya lebih baik membeli mobil yang kondisinya bagus dengan harga lebih mahal sedikit dibanding beli yang murah. Catat baik-baik, nih!

Siapkan Mental

Hal terpenting yang juga tak kalah penting adalah menyiapkan mental. Melakukan restorasi Toyota Starlet bisa memakan waktu yang lama, dari hitungan bulan hingga tahunan.

Bagi mereka yang baru mau mencoba melakukan restorasi, tak semuanya punya kesabaran ketika membangun mobil. Mental saat membangun sebuah mobil menjadi sangat penting dan menentukan hasil akhir.

Mereka yang kurang sabar biasanya akan memaksa bengkel untuk cepat selesai. Umumnya bengkel kurang nyaman ketika pekerjaan yang dilakukan dikejar target.

biaya restorasi toyota starlet

Ujung-ujungnya, mobil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena sang pemilik tidak sabar ketika membangun. Berbeda dengan orang yang menikmati proses restorasi mobil.

Mereka lebih mementingkan hasil akhir dibanding waktu pengerjaan yang cepat. Lebih baik dikerjakan teliti dengan hasil maksimal dibanding cepat selesai tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Biaya Restorasi Toyota Starlet

Restorasi Total

Banyak yang bertanya-tanya, berapa ya kisaran biaya yang harus disiapkan untuk restorasi Toyota Starlet? Apakah bisa sangat mahal, atau bisa dengan biaya minimal?

Semuanya kembali kepada fokus dari sang pemilik mobil. Sama seperti modifikasi kendaraan, restorasi mobil tak ada habisnya jika memang mengikuti semua keinginan sang empunya.

Namun, kami akan membeberkan sedikit kisarannya.

Januar Fadli Syafira, pemilik bengkel cat dan restorasi mobil Safira Motor mengatakan jika biaya restorasi Toyota Starlet ini tergantung dari kondisi mobil yang akan dibangun.

“Tergantung dari kondisi mobilnya. Kalau di bengkel kita enggak pernah langsung matok berapa biayanya buat bangun mobil, pasti kita harus cek dulu baru bisa estimasi,” katanya kepada Carmudi, Rabu siang (16/6/2021).

Pria yang karib disapa Janu ini membeberkan sedikit kisaran biaya untuk restorasi Toyota Starlet.

“Kalau kisaran biaya itu mulai dari Rp18 jutaan. Itu kita lepas semua interiornya, catnya dikerok total di luar pengerjaan keropos yang parah ya. Kalau keroposnya makin parah, angkanya bisa lebih dari kisaran itu,” sambungnya.

Melihat kisaran biayanya, bagi sebagian orang dinilai angkanya cukup mahal. Tapi harus diingat, untuk mengerjakan restorasi mobil total tidaklah mudah, karena ada keringat yang harus dibayar ketika mengerjakan restorasi penuh.

Memperbaiki keropos, menyetel bagian pintu, kap mesin, bagasi, melepas kaca, interior, dan aksesoris ini cukup sulit. Tidak semua orang bisa melakukannya.

Biaya Restorasi Bisa Seharga Unit

Bagi Carmudian yang mau merestorasi dengan biaya penuh, bisa dilakukan dengan catatan unit yang akan dibangun kondisinya cukup baik. Aksesoris lengkap, minim keropos, interior utuh, dan mesin sehat masih bisa direstorasi dengan biaya seminim mungkin.

Hendy, pemilik bengkel detailing Celton Garage telah melakukan hal itu. Katanya untuk melakukan restorasi dengan bajet minimalis bisa dilakukan dengan beberapa catatan.

“Kalau saya baru-baru ini biaya restorasi Toyota Starlet kotak itu habis sekitar Rp48-50 jutaan lah. Kalau dibilang mahal sebenarnya relatif, karena harus dilihat dulu apa aja sih yang dikerjain,” katanya kepada kami.

Hendy beberkan biaya restorasi Toyota Starlet miliknya dengan bajet minimalis. (Foto: Hendy)

Pria ramah ini membeberkan secara detail mengenai pekerjaan yang dilakukan. Bisa dibilang ia memperbaiki seluruh komponen yang ada, kecuali bagian interior yang dianggap masih amat baik.

“Rinciannya itu cat ulang Rp11 juta, perbaikan kaki-kaki Rp11 juta, turun mesin ganti part baru Rp11 juta, ganti booster rem milik Starlet GT Rp5 juta, konsol boks Rp1 juta, ganti lampu belakang Rp2,5 juta, dan pasang lips bumper sekitar Rp1 juta,” sambungnya.

Total uang yang dikeluarkan sekitar Rp49 jutaan, atau setara dengan harga beli Toyota Starlet, namun biaya melakukan restorasi seperti itu memang tak murah jika perbaikannya dilakukan secara total.

Fokus Dalam Pengerjaaan

Menurut Hendy, selama restorasi fokus pengerjaan ada pada 3 bagian, yakni kaki-kaki, mesin, dan bodi.

“Soalnya ini mobilnya mau dipakai harian, jadi saya cukup total melakukan perbaikannya. Makanya kaki-kaki harus nyaman dan bodi harus bisa enak dilihat. Lagipula ini adalah mobil tua, wajar jika komponen yang diganti ada banyak,” terang pria bertubuh gempal ini.

Proses membangun Starlet kotak miliknya memakan waktu 3 bulan, termasuk cepat untuk ukuran restorasi. Selama pengerjaan, ia mengaku tak mengalami kesulitan berarti.

Hendy beberkan biaya restorasi Toyota Starlet miliknya dengan bajet minimalis. (Foto: Hendy)

Pria yang sebelumnya pernah lama bermain Suzuki Jimny ini mengaku punya tips bagi Carmudian yang baru mau memulai restorasi.

“Yang paling penting saat mencari Starlet apapun itu, usahakan interior harus dalam kondisi baik. Jok, dasbor, panel-panel, dan doortrim usahakan utuh dan lengkap, sebab sangat sulit mencari part orisinilnya. Jika ada yang menjual baru, harganya lumayan mahal,” pungkasnya.

Selain berfokus kepada interior, Hendy juga berpesan kepada mereka yang baru mau restorasi Starlet agar mengecek kondisi mesin. Harga komponen mesin orisinil terbilang mahal dan sudah mulai sulit dicari saat ini.

Penyakit Toyota Starlet

Mesin Rembes

Salah satu penyakit Toyota Starlet mesinnya kerap rembes atau bocor. Maklum, paking pada mesin sudah mulai getas akibat usia, sehingga wajib dilakukan peremajaan.

Usahakan ketika akan membeli, bagian mesin tak ada yang rembes oli. Mesin dalam kondisi kering lebih diutamakan, artinya mesin ada dalam kondisi sehat tidak ada bocor.

Cek bagian ini sebelum membeli Toyota Starlet

Periksa juga jalur-jalur bensin pada mesin. Jika ada kebocoran, biasanya akan bau bensin ketika mesin dinyalakan. Kalaupun ada kerusakan di jalur bensin, sebaiknya cari saja unit lain yang lebih sehat.

Keropos

Layaknya mobil tua, Starlet punya beberapa titik keropos seperti di pintu bagian supir, sela kaca jendela, dek hingga bawah jok, lis pintu, dan dekat area mesin. Penting sekali memeriksa secara detail bagian tersebut agar tak membawa pulang ‘PR’ keropos yang banyak.

Ingat, memperbaiki keropos membutuhkan waktu lama dan biaya yang mahal. Lebih baik mencari mobil yang keroposnya sedikit dengan harga lebih mahal, dibanding mobil murah yang keroposnya banyak.

Kelistrikan Mulai Lemah

Penyakit lain dari Starlet ada di kelistrikan yang kabelnya mulai getas. Usahakan bagian soket dan kabel masih berfungsi baik dan minim sambungan.

biaya restorasi toyota starlet

Memperbaiki kelistrikan yang banyak sambungan sama seperti memperbaiki keropos di bodi. Penting sekali mengecek seluruh bagian kelistrikan di mobil, misalnya mengecek lampu-lampu, sein, wiper, audio jika ada, dan kabel bodi.

Bagaimana cara mengeceknya? Buka kap mesin, lihat apakah di area mesin banyak sambungan kabel.

Interior Sobek

Terakhir adalah interior yang kerap sobek dan sudah di-retrim ulang. Bagi penggemar orisinil, tentu akan lebih berhaga mobil yang interiornya masih seperti bawaan pabrik.

Mencari mobil tua dengan interior yang masih asli lebih sulit, dibanding yang sudah dimodifikasi.

Biaya restorasi Toyota Starlet baik kotak atau kapsul memang tak berbeda jauh. Semua kembali kepada si pemilik mobil dengan konsep yang akan diambil.

Baca Juga:

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts