Sumber informasi

Biaya Servis Daihatsu Rocky 2021, Ini Daftarnya

Daihatsu Rocky pertama kali diluncurkan di Indonesia pada akhir April 2021. Meluncur bersamaan dengan Toyota Raize, Rocky cukup banyak diminati oleh para konsumen di Tanah Air. Bagi pemiliknya, pastinya perlu mengetahui biaya servis Daihatsu Rocky.

Servis kendaraan mobil merupakan kewajiban setiap penggunanya yang harus dilakukan secara berkala agar kondisi mobilnya tetap prima dan dapat menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti resiko adanya kerusakan hingga tiba-tiba mogok di tengah jalan.

Harga Daihatsu Rocky 1.2L Turun

Servis mobil perlu dilakukan secara rutin, termasuk Daihatsu Rocky agar tetap prima. (Foto: Daihatsu)

Sebagai informasi, mobil yang tiba-tiba mogok bisa disebabkan oleh berbagai sebab, mulai dari aliran bahan bakar yang tidak lancar, kondisi aki lemah, minyak kopling habis, dan sebagainya.

Dengan melakukan servis mobil secara rutin, juga dapat menghindari pengeluaran yang lebih besar. Kerusakan parah pada mobil yang menyebabkan pengeluaran jadi lebih besar dari semestinya bisa dihindari karena masalah pada mobilnya terdeteksi lebih awal saat servis ini.

Biaya Servis Daihatsu Rocky 2021

Cara mengecek keaslian odometer

Biaya servis Daihatsu Rocky, biaya jasanya tidak sampai Rp1 juta. (Foto: Istimewa)

Pengguna Daihatsu Rocky tidak perlu khawatir mengenai biaya servis mobilnya. Banyak yang menganggap biaya servis mobil ini mahal karena menggunakan mesin turbo (tipe 1.0). Padahal, biaya jasa servisnya sendiri tidak mencapai Rp1 juta.

Disarankan bagi setiap pemilik mobil ini agar melakukan servis setiap 10 ribu km. Berikut ini adalah daftar biaya servis Daihatsu Rocky sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

1.000 Km

Jika melihat situs resmi Daihatsu Indonesia, biaya jasa servis beberapa mobilnya dibebaskan mulai dari satu ribu hingga 50 ribu km di bengkel resmi. Ini juga berlaku untuk Daihatsu Rocky. Jarak seribu km mobil tersebut setara dengan pemakaian selama 1 bulan pada umumnya.

Biasanya, servis ini hanya dilakukan pengecekan di beberapa bagian Rocky karena kondisi mobilnya masih terbilang baru.

10.000 Km

Seperti diketahui, biaya jasa servis Rocky di angka odometer 10 ribu km masih dibebaskan. Pengguna mobil tersebut hanya perlu mengeluarkan uang untuk spare part yang harus diganti saat servis seperti oli mesin dan filter oli.

Jika ditotal, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp300 hingga 400 ribuan. Biaya tersebut cukup murah untuk ukuran servis mobil.

40.000 Km

Sama seperti servis sebelumnya, biaya jasa servis di angka 40.000 km masih gratis dan pengguna Rocky hanya membayar spare part yang diganti saat servis, mulai dari oli mesin, filter oli, saringan udara, minyak rem, serta kuras dan pengisian coolant radiator. Secara keseluruhan, biaya totalnya mencapai Rp700 sampai 800 ribuan.

60.000 Km

Servis Mesin Mobil Sendiri

Servis di angka odometer 60 ribu km mulai dikenakan biaya jasa. (Foto: Istimewa)

Di angka odometer 60 ribu km, pemilik Daihatsu Rocky sudah dikenai biaya jasa servis Rp487,8 ribu. Ini belum termasuk harga spare part yang harus diganti selama servis seperti oli mesin, filter oli, dan lainnya.

Jika ditotal secara keseluruhan, biaya servis ini sekitar Rp870 sampai 930 ribuan.

70.000 Km

Biaya jasa servis di angka 70 ribu km sebesar Rp476,8 ribu, sedikit lebih murah dibandingkan jasa servis 60 ribu km. Biaya jasa servis ini tentunya belum termasuk biaya penggantian spare part.

Secara keseluruhan, biaya total servis 70 ribu km hampir menyamai harga servis 60 ribu km secara total, yaitu Rp860 hingga 920 ribuan.

80.000 Km

Selanjutnya, biaya servis di angka odometer 80 ribu km yang dinilai mahal. Biaya jasa servis ini mencapai Rp781 ribu. Biaya tersebut belum termasuk biaya penggantian spare part yang meliputi oli mesin, filter oli, saringan udara, minyak rem, kuras dan pengisian coolant radiator, serta pompa bensin.

100.000 Km

Biaya jasa servis di angka 100 ribu km tidak semahal jasa servis 80 ribu km. Biaya jasa servis 100 ribu km sebesar Rp524 ribu di luar biaya penggantian spare part yang meliputi filter oli, oli mesin, dan sebagainya.

Biaya Servis Daihatsu Rocky
1.000 km
10.000 kmRp300-Rp400 ribuan
40.000 kmRp700-Rp800 ribuan
60.000Biaya jasa Rp487,8 ribu
70.000Biaya jasa Rp476,8 ribu
80.000Biaya jasa Rp781 ribu
100.000Biaya jasa Rp524 ribu

Spesifikasi Singkat Daihatsu Rocky

Inden Daihatsu Rocky

Spesifikasi Daihatsu Rocky. (Foto: Carmudi/Badjo)

Daihatsu Rocky telah diluncurkan secara bersamaan dengan Toyota Raize sehingga keduanya dijuluki sebagai mobil kembar. Rocky dan Raize menambah lini produk kembar besutan Daihatsu dan Toyota yang sudah hadir lebih dulu di pasar otomotif Indonesia, yaitu Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra.

Meski dibilang kembar, tapi Daihatsu Rocky dan Toyota Raize tetap memiliki perbedaan di bagian eksterior, interior, serta fiturnya. Ini dilakukan oleh pihak Daihatsu dan Toyota agar masing-masing mobil tersebut mempunyai ciri khas sendiri.

Pada bagian dapur pacu, Rocky 1.0 dibekali mesin berkode 1KR-VET dengan kapasitas 998 cc, 3 silinder. Tenaga yang dihasilkan mesinnya adalah 96,5 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 140 Nm pada 2.400 hingga 4.000 rpm.

Tenaga dan torsi mesin tersebut nantinya disalurkan melalui transmisi CVT. Untuk Rocky 1.2, dibenamkan mesin berkode WA-VE dengan kapasitas 1.198 cc, 3 silinder.

Mesin tersebut mengeluarkan tenaga maksimal hingga 86,7 Hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 112,7 Nm pada 4.500 rpm. Dari segi dimensi, Daihatsu Rocky memiliki ukuran panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm.

Desain Daihatsu Rocky bisa mudah dikenali dengan adanya gril heksagonal berukuran besar di bagian depan. Gril tersebut memiliki pola garis-garis horizontal dengan kelir hitam glossy.

Selain itu, bagian depan Rocky terkesan agresif dengan adanya beberapa tarikan garis yang memanjang dari bemper depan hingga spakbor mobil ini. Daihatsu seperti ingin menegaskan kesan gagah pada mobil besutannya ini.

Bagian menarik pada eksterior Rocky terlihat pada kaca belakang di pilar C dan D yang dipadu dengan atap menukik ke bawah, sehingga memberikan kesan floating roof khas mobil Daihatsu maupun Toyota.

Interior Daihatsu Rocky. (Foto: Carmudi/Badjo)

Beralih ke bagian interior Rocky, terkesan modern serta kekinian. Dasbor mobil ini sudah disematkan berbagai tombol yang mumpuni. Desain dasbornya terlihat driver oriented. Sebagian besar konsol tengah menghadap ke arah pengemudi.

Kenyamanan pengguna saat berkendara semakin terjamin karena setir kemudinya sudah dibalut dengan bahan kulit sintetis yang terasa nyaman saat digenggam.

Di sisi lain, Daihatsu Rocky telah dibenamkan berbagai fitur yang canggih. Mobil ini telah dilengkapi Daihatsu Smart Assist yang diklaim dapat melindungi pengemudi serta para penumpang dari beragam resiko selama berkendara.

Fitur tersebut terdiri dari berbagai fitur keselamatan mumpuni, mulai dari fitur rear cross traffic alert, adaptive cruise control, lane keep assist, dan automatic city braking.

Menariknya, Rocky sudah mempunyai panel instrumen dengan panel LCD beresolusi tinggi yang dapat menampilkan berbagai informasi penting seperti kecepatan mobil, jarak, putaran mesin, dan lainnya.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Rocky
Jenis mesin3 silinder
Kapasitas998 cc (tipe 1.0)

1.198 cc (tipe 1.2)

Teknologi mesinVVT-i
Tenaga maksimum96,5 Hp @ 6.000 rpm (tipe 1.0)

86,7 Hp @ 6.000 rpm (tipe 1.2)

Torsi maksimum140 Nm @ 2.400-4.000 rpm (tipe 1.0)

112,7 Nm @ 4.500 rpm (tipe 1.2)

TransmisiManual 5 percepatan dan CVT

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts