Sumber informasi

Biaya Servis Rutin Mercedes-Benz di Bengkel Spesialis, Tak Selamanya Mahal

Kisaran biaya servis rutin Mercedes-Benz di bengkel spesialis perlu diketahui oleh para pemilik mobil tersebut untuk mendapat perawatan optimal.

Kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali servis mobil Mercy?

Biaya servis di bengkel spesialis jadi pertanyaan mayoritas masyarakat Indonesia lantaran merek asal Jerman ini merupakan salah satu mobil mewah.

Biasanya mereka yang memiliki mobil dengan logo bintang ini dinilai punya kecukupan finansial yang baik. Tidak heran jika banyak orang menilai untuk membeli sebuah mobil Mercedes-Benz dibutuhkan biaya yang besar, terlebih untuk perawatan yang akan dikeluarkan.

Selain itu, masih banyak orang beranggapan jika mobil Eropa dinilai rewel dan sering mogok. Momok menakutkan lainnya adalah temperatur mesin yang dinilai gampang panas menjadi stigma mobil Eropa di banyak benak orang awam.

Layanan Mercedes-Benz biaya servis rutin mercedes

(Foto: MBDI)

Sebenarnya hal tersebut tidak akan terjadi jika sang pemilik mobil memang merawat mobilnya dengan cara yang baik dan benar. Harus diakui, kenyamanan mobil Eropa membuat banyak orang kepincut meminangnya.

Tetapi sayangnya mereka yang membeli mobil Eropa ini umumnya tidak memiliki persiapan khusus untuk perawatan. Ketika hendak memiliki mobil Eropa, seharusnya pemilik juga mempersiapkan diri untuk melakukan perawatan yang benar.

Aldi Herman, salah satu mekanik bengkel spesialis Mercedes Kurnia Jaya di kawasan Blok M, Jakarta Selatan membenarkan hal tersebut.

“Biasanya mobil yang sering bermasalah itu karena perawatan yang salah. Mercy ini umumnya tidak bisa diakali seperti mobil Jepang,” ujarnya.

Diakuinya jika banyak pemilik mobil yang sudah ‘takut’ terlebih dahulu ketika ingin melakukan perawatan atau penggantian komponen lantaran dinilai mahal. Padahal sebenarnya harga sparepart-nya juga terbilang tidak terlalu mahal.

biaya servis rutin mercedes

“Kalau urusan sparepart mahal ini sebenarnya relatif. Tetapi memang banyak yang bilang harganya mahal, tapi harus diakui juga kalau durabilitasnya sangat baik. Misalnya ganti part mahal, tapi itu komponen belum tentu rusak sampai lima tahun ke depan,” sambungnya.

Secara teori, menurut pria yang karib disapa Emon ini harga dan kualitas sparepart Mercedes terbilang bagus. Walaupun mahal tetapi bisa awet dalam pemakaian jangka waktu yang lama, hal inilah yang jarang diketahui oleh orang awam.

Kisaran Biaya Servis Rutin Mercedes-Benz

Bagi Carmudian yang baru mau meminang Mercedes-Benz, intip dulu kisaran biaya servis rutin yang harus dikeluarkan. Menurut Emon, biaya servis rutin Mercy ini berbeda-beda berdasarkan tipe dan tahun produksinya.

“Biayanya itu tergantung dari model dan tahun produksinya. Tapi kalau soal rata-rata, sih, servis rutin di bengkel spesialis itu minimal keluar Rp1,5 jutaan sampai Rp3 jutaan untuk mobil di bawah tahun 2000,” ucapnya.

biaya bikin center ring biaya servis rutin mercedes

Biaya tersebut umumnya terdiri dari biaya penggantian oli mesin, filter oli, pembersihan filter bensin, filter udara, pembersihan busi, ongkos jasa, dan scan mobil setelah servis.

Kesulitan setiap tipe mobil pun berbeda-beda, sehingga itulah yang membuat kisaran biaya servisnya berbeda juga.

Para pemilik mobil Mercy juga sangat disarankan untuk melakukan servis rutin setiap 5 ribu km hingga 10.000 km sesuai pemakaian.

Berikut beberapa kisaran harga sparepart yang diganti saat hendak melakukan servis rutin.

  • Oli mesin tergantung pilihan, Rp75 ribu—Rp150 ribu per liter
  • Filter oli Rp60 ribu—Rp130 ribu
  • Busi Rp25 ribu—Rp150 ribuan per unit
  • Filter bensin Rp150 ribu—Rp800 ribuan
  • Ongkos servis / tune up Rp350 ribu—Rp500 ribu
  • Oli gardan Rp60 ribu—Rp110 ribu
  • Carburator cleaner Rp30 ribu
  • Ongkos scan Rp150 ribu—Rp250 ribuan

*biaya tersebut di luar penggantian komponen yang rusak

*biaya berbeda setiap tipe, model, dan tahun produksi

Dalam melakukan servis rutin, umumnya waktu pengerjaan memakan waktu hingga 2 jam tergantung dari antrean.

“Biasanya sih sekitar 1 sampai 2 jam kalau lagi enggak ramai. Kalau ramai mungkin lebih lama sedikit,” terang Emon.

Daftar Rekomendasi Toko Sparepart Mercedes-Benz di Jakarta

Selain pertanyaan mengenai kisaran biaya servis rutin Mercedes-Benz, banyak juga yang ingin mengetahui beberapa rekomendasi toko sparepart Mercy di seputaran Jakarta.

biaya servis rutin mercedes

Bengkel sparepart dan spesialis Mercy di Jakarta

Berdasarkan penelusuran, ternyata untuk mencari toko sparepart Mercedes-Benz di Jakarta ini terbilang tidak terlalu sulit. Ada terdapat beberapa toko yang bisa didatangi seperti beberapa lokasi berikut:

  • Teja Prima – Blok M Mall Basement, Jakarta Selatan
  • Kurnia Jaya – Blok M Mall Basement, Jakarta Selatan
  • MJ Motor – Ruko ITC Dutamas Fatmawati, Jakarta Selatan
  • Toko 74 – Ruko ITC Dutamas Fatmawati dan Atrium Senen, Jakarta Pusat
  • Sentral Berkat Motor – Cibubur, Jakarta Timur
  • Cahaya Motor – Cinere, Depok, Jawa Barat
  • Surya Motor – Kranggan Jatisampurna Bekasi, Jawa Barat
  • Istana Motor – Sawah Besar, Jakarta Barat
  • Tri Star Motor – Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat
  • Tri Star Motor – Radio Dalam, Jakarta Selatan
  • Indo Mercy Liew – Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat

Beberapa lokasi toko sparepart tersebut masih menyediakan berbagai komponen yang dibutuhkan. Misalnya shockbreaker, komponen mesin, radiator, interior, aksesoris eksterior, kaki-kaki, dan lain sebagainya.

Biasanya pihak bengkel memiliki banyak opsi yang diberikan kepada konsumen mulai dari sparepart orisinil hingga kualitas nomor 2 dan 3. Harga yang ditawarkan pun juga beragam, sehingga konsumen bisa bebas memilih sesuai kebutuhan.

Ketersediaan Sparepart

Di beberapa toko yang sudah disebutkan di atas, umumnya masih mudah mendapatkan sparepart slow moving dan fast moving baik untuk Mercy tahun muda ataupun tahun lawas.

Salah satu toko yang kerap didatangi adalah MJ Motor, Kurnia Jaya, Sentral Berkat Motor, dan Toko 74.

Beberapa toko tersebut masih menyediakan sparepart baru untuk beberapa mobil dengan kode bodi W202, W210, W124, W220, W204, W123, W140, dan lain sebagainya.

Bengkel spare part dan spesialis Mercy di Jakarta

Bengkel sparepart dan spesialis Mercy di Jakarta

Bagi orang awam, banyak yang berpikir jika memelihara Mercedes-Benz keluaran baru atau keluaran lama bisa kesulitan mendapatkan suku cadang. Padahal sebenarnya sangat mudah mendapatkan sparepart, khususnya jika tinggal di sekitaran Jabodetabek.

Selain part baru, banyak juga yang menjual komponen copotan dengan harga lebih murah. Umumnya mereka yang membeli sparepart copotan ini membeli komponen seperti aksesoris, slow moving, serta interior yang memang cukup sulit didapat dan mahal harganya.

Setelah mengetahui beberapa hal di atas mengenai biaya servis rutin Mercedes-Benz, kira-kira Carmudian ingin mencoba merek asal Jerman satu ini, enggak?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *