Sumber informasi

Biaya Servis Suzuki Ertiga, Terjangkau untuk Semua Kalangan

Suzuki Ertiga bisa dibilang termasuk salah satu MPV (Multi Purpose Vehicle) yang cukup populer di Indonesia. Suzuki Ertiga memiliki biaya servis yang dinilai cukup terjangkau.

Suzuki Ertiga di Tanah Air telah mendapat beberapa pembaruan di bagian eksterior dan interiornya. Hal ini bertujuan untuk menawarkan pengalaman berkendara terbaik untuk para konsumen, khususnya pecinta mobil Suzuki di seluruh Indonesia.

Mobil Suzuki Terbaru 2021 Indonesia - Ertiga

Suzuki Ertiga mempunyai biaya servis yang cukup terjangkau. (Foto: Suzuki)

Pada Ertiga tipe GX, tampilan luarnya terlihat semakin sporty dengan adanya pelek baru berdesain two tone black polished.

Interiornya sendiri terkesan lebih modern dengan disematkan head unit touch screen (layar sentuh) audio di bagian dasbor untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengatur fitur-fitur hiburan di mobilnya.

Untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengguna Ertiga tipe GX, mobilnya sudah dilengkapi AC Auto Climate with heater yang dapat membuat suhu udara di kabin dapat diatur sesuai keinginan.

Meski mendapatkan pembaruan, Suzuki Ertiga masih ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp201,9 juta untuk tipe terendah dan Rp243,85 juta untuk tipe tertinggi.

Biaya Servis Suzuki Ertiga

mobil keluarga terbaik di Indonesia

Daftar biaya servis Suzuki Ertiga. (Foto: Suzuki)

Beberapa konsumen mungkin penasaran dengan biaya servis Suzuki Ertiga. Berdasarkan website resmi Suzuki Indonesia, biaya servis Ertiga tidak sampai Rp1,5 juta di angka odometer satu sampai 50 ribu km.

Bahkan, biaya servisnya digratiskan untuk para pengguna mobil tersebut bagi yang servis di angka seribu km. Carmudi telah rangkum daftar biaya servis Suzuki Ertiga sebagai berikut.

1.000 Km

Seperti diketahui, biaya servis di km ini masih dibebaskan dari biaya apapun, termasuk biaya tenaga kerjanya. Km tersebut biasanya didapat dalam waktu satu bulan pada umumnya. Di km ini, biasanya hanya dilakukan pengecekan karena mobilnya masih terbilang baru.

10.000 Km

Servis kedua berada di angka odometer 10 ribu km. Pada servis ini, pengguna Suzuki Ertiga sudah mulai dikenai biaya untuk penggantian suku cadang, seperti filter oli, oli gasket, dan oli mesin sebesar Rp336,5 ribu secara total.

20.000 Km

Biaya servis selanjutnya yakni di angka 20 ribu km. Di servis ini, biayanya naik cukup signifikan yang mencapai Rp730 ribuan.

Biaya tenaga kerjanya masih gratis. Pengguna hanya membayar biaya penggantian yang cukup banyak di servis km ini, mulai dari filter oli, busi, oli gasket, oli mesin, serta oli transmisi. Jika ditotal, biayanya mencapai Rp731,9 ribu.

30.000 Km

Biaya servis 30 ribu km sama seperti biaya servis di angka 10 ribu km. Biaya servis ini menurun dari servis 20 ribu km sebelumnya. Penggantian di servis 30 ribu km mencakup filter oli, oli gasket, dan oli mesin. Biaya total servis tersebut sebesar Rp336,5 ribu.

40.000 Km

Biaya servis di angka km ini kembali meningkat hingga mencapai Rp1 jutaan. Penggantian di servis 40 ribu km ini terdiri dari filter oli, busi, filter udara, oli gasket, oli mesin, minyak rem, radiator coolant, dan oli transmisi. Secara keseluruhan, biaya total servis 40 ribu km sebesar Rp1,021,9 juta.

50.000 Km

Terakhir, biaya servis di angka odometer 50 ribu km. Biaya servis di km ini sama seperti biaya servis 10 ribu dan 30 ribu km. Penggantian di servisnya meliputi filter oli, oli gasket, serta oli mesin. Biaya total servis 50 ribu km ini sebesar Rp336,5 ribu.

Biaya Servis Suzuki Ertiga
1.000 km
10.000 kmRp336,5 ribu
20.000 kmRp731,9 ribu
30.000 kmRp336,5 ribu
40.000 kmRp1,021,9 ribu
50.000 kmRp336,5 ribu

Perlu diketahui, daftar biaya servis Suzuki Ertiga yang sudah Carmudi rangkum ini hanya berlaku untuk wilayah Jabodetabek. Selain itu, harga servis mobil ini tidak mengikat alias bisa berubah sewaktu-waktu.

Suzuki

Servis Suzuki berikan layanan maksimal pada konsumen. (Foto: SIS)

Disarankan bagi setiap pengguna Suzuki Ertiga yang ingin servis mobilnya di bengkel resmi, mengecek biayanya terlebih dahulu di situs resmi Suzuki Indonesia.

Spesifikasi Singkat Suzuki Ertiga

Harga Suzuki Naik

Spesifikasi All New Suzuki Ertiga. (Foto: Carmudi)

Suzuki Ertiga bisa menjadi mobil MPV alternatif selain Avanza-Xenia serta Mitsubishi Xpander. Ertiga sudah mendapat pembaruan yang membuat mobil tersebut jadi terlihat lebih menarik pada bagian eksterior maupun interiornya.

Di bagian dapur pacu Ertiga terbaru, dibenamkan mesin tipe K15B dengan kapasitas 1.462 cc, 4 silinder yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 102,3 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm di putaran mesin 4.400 rpm.

Selain itu, Ertiga ini mengandalkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Untuk konsumsi bahan bakar Ertiga sendiri, terbilang irit. Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan Carmudi, Suzuki Ertiga mencatat angka konsumsi bahan bakar 25,34 km per liter untuk Ertiga bertransmisi manual (MT), sedangkan untuk transmisi matiknya (AT), meraih angka konsumsi bahan bakar 29,34 km per liter.

Suzuki Ertiga generasi terbaru memiliki desain yang terlihat elegan. Desainnya tidak lagi kaku, lebih memberikan kesan yang sporty. Kesan sporty pada Ertiga tipe GX terlihat di bagian peleknya. Pelek mobil ini diubah oleh pihak Suzuki menjadi two tone with black polished alloy wheel.

Meski ubahannya minor, namun tampilan Ertiga GX jadi sporty serta lebih menawan dibandingkan model sebelumnya.

Tak ketinggalan, Ertiga terbaru sudah mengusung gril berlapis krom (khusus tipe GL dan GX) dengan logo “S” khas kendaraan keluaran Suzuki yang menambah kesan elegan pada mobil ini.

Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga mengalami penyegaran. (Foto: Carmudi)

Beralih ke bagian interior Ertiga, khusus pada tipe GX, mobil ini hadir dengan dasbor baru bermotif kayu dan sudah dilengkapi Head Unit Touch Screen Audio, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Di dalam head unit tersebut, terdapat berbagai fitur hiburan serta colokan USB dan panel AUX agar penggunanya bisa mendengarkan musik sesuai keinginan.

Tak hanya itu, Ertiga terbaru sudah mengusung desain Meter Cluster yang lebih modern dengan layar MID (Multi Information Display) informatif. Bahkan, setir kemudi mobil tersebut kini dibuat lebih nyaman dengan desain baru serta ornamen kayu (Wooden Pattern).

Bahan setirnya memakai bahan berkualitas agar terasa nyaman saat digenggam. Turut disematkan Switch Audio Control dan pengaturan Bluetooth Connection di setir kemudi Ertiga terbaru.

Fitur pada Suzuki Ertiga ini turut mendapat penyegaran, dimana kini mobil MPV tersebut sudah memiliki berbagai fitur yang terbilang lengkap.

Ertiga terbaru telah disematkan fitur keamanan handal berupa ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sebagai sistem pengereman standar.

Tak hanya itu, mobil ini turut disematkan beragam fitur keselamatan mumpuni, seperti salah satunya Dual SRS Airbag di bagian depan. Fitur tersebut dapat melindungi penumpang depan dari kecelakaan parah jika terjadi tabrakan keras.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga
Jenis mesin4 silinder
Kapasitas1.462 cc
Teknologi mesinDOHC
Tenaga maksimum102,3 Hp @ 6.000 rpm
Torsi maksimum138 Nm @ 4.400 rpm
TransmisiManual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts