HomeSumber informasiBiaya Servis Toyota Agya 2020, Harga Cukup Terjangkau

Biaya Servis Toyota Agya 2020, Harga Cukup Terjangkau

Biaya servis Toyota Agya 2020, salah satu mobil LCGC yang populer dan banyak diminati di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JakartaToyota Agya merupakan salah satu mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang banyak diminati di Indonesia. Berbagai faktor yang membuat mobil ini banyak diminati, salah satunya biaya servis Agya yang dinilai cukup terjangkau.

Selain terjangkau, perawatan Agya terbilang mudah, serta bengkel dan suku cadangnya juga mudah ditemukan. Pada umumnya, setiap pemilik mobil wajib untuk melakukan perawatan atau servis secara berkala untuk menjaga performa mobilnya.

Namun, masih banyak dari mereka yang tidak mengerti betul mengenai kewajiban dari servis berkala ini. Bagi pemilik mobil baru, servis berkala yang pertama kali dilakukan adalah pada jarak tempuh mencapai 1.000 km.

Biasanya, pihak bengkel akan melakukan pengecekan dan pembersihan pada komponen mesin mobilnya. Terdapat beberapa komponen yang wajib dicek seperti oli transmisi, oli mesin, oli power steering, minyak rem, kopling, serta air radiator.

Layaknya mobil baru lainnya, Toyota Agya juga disarankan untuk diservis berkala setiap 10.000 km atau 6 bulan. Untuk servis tersebut, biasanya pihak bengkel melakukan pengecekan dan pembersihan, serta penggantian oli mesin dan oli transmisi.

Selain itu, juga dilakukan rotasi ban menyilang, balancing, serta spooring. Dilansir dari situs web Auto2000 dan berbagai sumber, Carmudi telah rangkum biaya servis Toyota Agya 2020 sebagai berikut.

Biaya Servis Toyota Agya 2020

Biaya Servis Toyota Agya 2020 bervariasi, mulai dari servis 10.000 km sampai 100.000 km. (Foto: Istimewa)

Biaya Servis 10.000 Km

Pada servis 10.000 km, biasanya pihak bengkel akan melakukan penggantian komponen seperti oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, dan balancing roda.

Lama pengerjaan servis ini cukup singkat, berkisar satu jam. Biaya keseluruhan yang dikeluarkan untuk spare parts yaitu Rp766 ribu.

Biaya Servis 20.000 km

Servis 20.000 km ini dilakukan penggantian komponen yang meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, serta busi sebanyak 4 buah.

Total biaya untuk spare parts adalah Rp874 ribu.

Biaya Servis 40.000 km

Servis ini meliputi penggantian parts, antara lain oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20, gasket oli, filter oli, busi sebanyak 4 buah, balancing roda, dan minyak rem.

Sebagai informasi, terdapat perbedaan antara Toyota Agya 1.000 cc dan 1.200 cc, yakni pada jumlah liter oli mesin. Toyota Agya 1.000 cc membutuhkan oli mesin sebanyak 3 liter, sedangkan Agya 1.200 cc butuh oli mesin 4 liter.

Total biaya yang dikeluarkan yaitu Rp924 ribu untuk transmisi matik. Karena harus diganti oli transmisi tipe TGTO Toyota (2 liter) seharga Rp138 ribu, transmisi manual mobil ini dikenai total biaya Rp1,062 juta.

Biaya Servis 60.000 km

Pada kilometer ini, servis yang dilakukan meliputi penggantian oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, busi sebanyak 4 buah, serta diambah jasa mekanik.

Sebagai informasi, lama pengerjaan servis di atas 40.000 km atau hingga 80.000 km cukup lama, yakni sekitar dua jam karena banyak komponen yang perlu dicek dan diganti oleh pihak bengkel.

Total biaya yang dikeluarkan pada servis ini adalah Rp1,27 juta.

Biaya Servis 70.000 km

Mirip seperti servis 60.000 km, servis 70.000 km meliputi penggantian komponen seperti oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, serta jasa mekanik.

Untuk biaya secara keseluruhan, dikenai Rp1,136 juta.

Biaya Servis 80.000 km

Servis ini meliputi penggantian oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, busi (4 buah), minyak rem, serta ditambah jasa mekanik.

Perlu diketahui, Toyota Agya transmisi manual perlu diganti dengan oli transmisi tipe TGTO Toyota (2 liter) seharga Rp138 ribu. Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp1,622 juta untuk transmisi manual.

Pada Agya transmisi matik, perlu diganti oli transmisi tipe Dextron 3 (2 liter) seharga Rp180 ribu, sehingga total biayanya Rp1,664 juta.

Biaya Servis 90.000 km

Pada servis ini, dilakukan penggantian komponen yang meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, serta ditambah jasa mekanik.

Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp1,136 juta.

Biaya Servis 100.000 km

Servis ini dilakukan penggantian komponen yang meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, busi (4 buah), balancing roda, dan dirambah jasa mekanik.

Total biaya yang dikeluarkan pada servis ini Rp1,274 juta.

Sebagai catatan, biaya servis Toyota Agya yang dicantumkan ini dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas dan detail, dapat menanyakan secara langsung di diler Toyota terdekat.

Perbedaan Servis Biasa dan Tune Up

Perlu diketahui, terdapat perbedaan antara servis biasa dan tune up mobil. Tune up memang dilakukan saat mobil dilakukan perawatan atau servis secara rutin di bengkel.

Namun dari prakteknya, keduanya jelas berbeda. Tune up mobil memiliki variasi pekerjaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan servis mobil biasa.

Maka, tidak heran jika biaya tune up lebih tinggi dibandingkan dengan biaya servis mobil. Servis biasanya hanya terbatas pada pengecekan beberapa bagian mobil, seperti filter udara, fluida, sistem injeksi, hingga bagian yang berada di dalam mesin tanpa melakukan pembongkaran.

Berbeda dengan servis biasa, tune up meliputi perawatan mobil yang lebih lengkap. Tidak hanya melakukan pengecekan di bagian-bagian tertentu, tetapi juga dilakukan penyetelan dan membersihkan hingga bagian dalam mesin mobil.

Berikut poin yang dilakukan oleh pihak bengkel saat melakukan tune up:

  1. Pembersihan filter udara
  2. Penggantian filter bahan bakar
  3. Penggantian oli mesin + filter oli
  4. Pembersihan busi
  5. Pembersihan throttle body
  6. Pembersihan injektor
  7. Pembersihan ruang bakar
  8. Scanning sistem injeksi
  9. Pembersihan & penyetelan rem
  10. Pembersihan filter AC

Khusus untuk beberapa filter dan busi, pihak bengkel tidak hanya membersihkannya saja. Jika kondisinya sudah tidak bisa dibersihkan atau busi mati, maka bengkel biasanya akan menyarankan konsumen untuk menggantinya.

Bagi mobil yang memiliki sistem non injeksi, disarankan untuk membersihkan dan menyetel karburator, sedangkan untuk mobil injeksi, biasanya akan dibersihkan bagian throttle body dengan menggunakan cairan cleaner.

Selain itu, disarankan untuk melakukan pengecekan dan penyetelan celah katup pada mesin dengan sistem katup konvensional. Hal ini diwajibkan agar katup tersebut bisa tetap bekerja secara optimal dan dalam kondisi normal.

Spesifikasi Toyota Agya Terbaru 2020

Tampilan Toyota Agya terbaru yang mengalami penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya. (Foto: Toyota)

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia telah resmi meluncurkan Toyota Agya terbaru pada Maret 2020 secara virtual.

Mobil ini mengalami beberapa perubahan pada bagian eksterior dan interiornya. Bagian mobil yang masih sama dengan model sebelumnya antara lain desain jok kursinya, mesin mobil, dan lainnya.

Khusus tipe TRD, bagian eksteriornya terlihat mengalami perubahan mulai pada bagian bumper depan yang kini mengusung desain baru, serta terdapat garis tambahan atau lis merah di bumper tersebut.

Selain itu, terdapat lampu utama berdesain elegan, kaca spion yang bisa dilipat, lampu belakang dengan desain baru, serta pelek baru khusus tipe TRD dan 1.2 G.

Di sisi lain, jika melihat bagian interior mobil ini, desainnya terlihat menarik dengan adanya head unit terbaru yang sudah touch screen atau layar sentuh khusus tipe TRD, serta cluster baru dengan digital AC khusus tipe TRD dan 1.2 G.

Tidak hanya itu saja, pihak Toyota juga memberikan aksen merah di spidometer mobilnya ini. Menariknya, terdapat tombol start/stop engine khusus tipe TRD.

Toyota Agya terbaru turut mendapatkan warna bodi baru, yaitu Orange Metallic yang sudah mengalami pembaruan. Kehadiran warna ini melengkapi opsi yang sudah ada sebelumnya seperti Red, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Black.

Sama dengan model sebelumnya, Toyota Agya terbaru ditawarkan dalam tiga tipe, yakni 1.0 G, 1.2 G, dan 1.2 G TRD. Selain itu, jika sebelumnya mobil ini hanya memiliki 5 varian, kini menjadi 6 varian. Satu varian tambahannya, yaitu 1.0 G A/T.

Harga Toyota Agya Terbaru 2020

Harga Toyota Agya terbaru 2020 dinilai cukup terjangkau, mulai dari Rp140 jutaan. (Foto: Toyota)
  • New Agya 1.0 G M/T Rp143,8 juta
  • New Agya 1.0 G A/T Rp156,810 juta
  • New Agya 1.2 G M/T Rp148,1 juta
  • New Agya 1.2 G A/T Rp161,64 juta
  • New Agya 1.2 G M/T TRD Rp153,445 juta
  • New Agya 1.2 G A/T TRD Rp169,29 juta.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Kredit Toyota Agya, Cicilan Ringan Mulai dari Rp 3 Jutaan

Beli mobil BMW
Previous post
Berlaku Mulai Besok! Beli Mobil BMW Bisa Dapat PlayStation 5
Toyota Rush 2021
Next post
Toyota Rush Model 2021 Sudah Dirilis, Ada Kamera Parkir