Berita Sepeda motor

Big Bike Honda Dapat Warna Baru, Adakah Fitur yang Berubah?

big bike honda

Honda CB500F Candy Cromosphere Red (Foto: AHM)

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia, melakukan langkah sederhana untuk memberikan nuansa yang berbeda di keempat model big bike-nya.

Keempat big bike Honda tersebut adalah Honda CBR500R, Honda CB500X, Honda CB500F dan Honda CB650F. Semuanya mendapat penyegaran lewat hadirnya warna baru. Langkah sederhana ini diambil AHM untuk membuat tampilan keempatnya lebih gagah dan sporti.

Honda CBR500R kini hadir dengan 2 pilihan warna baru yaitu Graphite Black dan Grand Prix Red. Demi mempertegas nuansa sporti dan motor terkesan semakin agresif, AHM turut merubah stripping pada bodinya.

Sebagai sepeda motor bergaya naked big bike, AHM menambahkan pilihan warna baru yang belum ada di model CB500F sebelumnya yaitu Candy Cromosphere Red dan Force Silver Metallic. Dengan dua pilihan warna tersebut, AHM mengklaim kini tampang CB500F tidak hanya sporti tetapi juga maskulin dan agresif.

Model berikutnya ada Honda CB500X. Memperkuat nuansa sepeda motor petualang, Honda memasukkan warna baru yaitu Candy Cromosphere Red dan Mat Gun Powder Black. AHM juga turut meningkatkan aura gagah dan maskulin pada Honda CB650F dengan warna Candy Cromosphere Red melengkapi warna Mat Gun Powder Black Metalic.

big bike honda

Honda CB500X Matt Gunpowder Black Metallic (Foto: AHM)

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan, penyegaran tampilan jajaran big bike Honda merupakan upaya AHM untuk semakin memberikan rasa bangga bagi pengendaranya. Upaya ini diharapkan dapat membuat konsumen merepresentasikan gaya hidupnya saat berkendara dengan big bike Honda.

“Kebanggaan dan kecintaan terhadap big bike Honda terus meningkat sejak pertama kali dihadirkan di Indonesia pada 2015. Ini menjadi tantangan bagi kami untuk memberikan pilihan big bike Honda yang terus diperbaharui bagi konsumen. Sehingga, (diharapkan) semakin memberikan kesenangan dan memperkuat karakter pemiliknya saat berkendara,” ujar Thomas dalam keterangan resminya.

big bike honda

Honda CB650F Black (Foto: AHM)

Fitur-Fitur Tidak Ada yang Berubah

Walaupun telah mengalami penyegaran dari sisi warna, tapi AHM tetap tidak merubah sebagian besar fitur yang ada di masing-masing big bike-nya.

Honda CBR500R

CBR500R didukung mesin 500cc DOHC yang mampu menghasilkan tenaga sekuat 39 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 46,8Nm pada 7.000 rpm.

Di atas kertas konsumsi bahan bakarnya mencapai 26,8 kilometer per liter. Bagian dashboard-nya punya beragam fitur seperti speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.

Rangka besi CBR500R diamond-tube, lampu depan dan belakang LED semakin menambah tampilan premium. Honda CBR500R yang telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan ini dipasarkan dengan harga Rp144,9 juta.

Honda CB500F dan CB500X

CB500F dilengkapi LED pada lampu depan, garis tajam yang terukir sampai kotak speedometer semakin tajam dan memberikan daya tarik lebih di area depan.

Sementara itu pada Honda CB500X menyuguhkan Lampu depan LED, lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawah windscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda lain. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desain petualangnya.

Keduanya mengusung mesin 500 cc DOHC, 8-valve liquid-cooled parallel twin, four cylinder yang menghasilkan tenaga 39 KW pada 8.500 rpm dengan torsi 46,8Nm pada 7.000 rpm.

Selain mesin sama, kedua model juga mendapat velg berukuran 17 inci bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan. Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan ban 160/60-ZR17.

Model ini semakin nyaman karana dilengkapi dengan fitur pengaturan 5 level redaman suspensi depan dan tingkat pengereman sesuai keinginan pengendara.

Sepeda motor ini juga hadir dengan penutup tangki bahan bakar Hinged Fuel Cap yang memberikan kesan premium. Kapasitas tangki BBM-nya hingga 16,7 liter untuk Honda CB500F. Sementara itu, Honda CB500X mempunyai kapasitas BBM hingga 17,7 liter untuk memberikan kemampuan jelajah lebih jauh dan memperkuat predikatnya sebagai adventure big bike.

Motor dibekali suspensi depan teleskopik berukuran 41 mm panjang langkah 108 mm untuk CB500F dan 125 mm untuk CB500X. Honda CB500F tipe ABS dipasarkan dengan harga Rp139,9 juta dan Honda CB500X tipe ABS Rp148,9 juta.

Honda CB650F

CB650F mengaplikasikan mesin 4 silinder DOHC 16 katup yang memiliki tenaga puncak 68,4 KW pada 11.000 rpm dengan torsi puncak 63,2Nm pada 8.000 rpm. Konsumsi bahan bakar mencapai 21 kilometer per liter memberikan daya jelajah lebih dari 350 kilometer untuk 17,3 liter tangki bensin.

Penggunaan suspensi depan Showa Dual Bending Valve (SDBV) 41 mm pada rangka depan, mampu meningkatkan kenyamanan berkendara dan handling.

Velg Honda CB650F mengunakan material alumunium dengan desain palang enam. Velg dibalut ban depan radial berukuran 120/70-17 dan ban belakang ukuran 180/55-17. Tampilan speedometer dengan dual screen yang lebar, di sisi kiri terletak informasi putaran mesin dan informasi kecepatan.

Sementara di sisi kanan terletak informasi bahan bakar, jam, odometer dan informasi penting lainnya. Kedua sisi motor diterangi pencahayaan lampu bagian belakang berwarna putih.

Motor ini didominasi oleh warna hitam pada frame, lengan ayun dan juga warna penutup mesin berwarna perunggu. Motor ini juga dilengkapi dengan kunci kontak berbentuk gelombang menghadirkan keamanan dan mengurangi resiko kerusakan kunci tersebut.

Honda CB650F dipasarkan dengan harga Rp235.387.500. Harga yang ditawarkan ke empat model tersebut adalah on the road Jakarta. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/