Home » Berita » Bikin Iri, Toyota GR Yaris Mulai Dijual di Jepang

Bikin Iri, Toyota GR Yaris Mulai Dijual di Jepang

Toyota GR Yaris mulai dijual di Jepang
Toyota GR Yaris mulai dijual di Jepang (Foto: Paultan)

Tokyo – Bersamaan dengan Tokyo Auto Salon di Makuhari Messe di Prefektur Chiba, Jepang, Januari lalu, Toyota Motor Corporation (TMC) memperkenalkan Toyota GR Yaris. Mobil hatchback bergaya reli ini sudah resmi dipasarkan sejak 2 Juni 2020. Sayangnya belum ada informasi mengenai harga jual dari Toyota GR Yaris ini.

Soal harga urusan belakangan, yang penting tahu dulu spesifikasi yang disematkan ke Toyota ke GR Yaris. Sebagaimana diberitakan Paultan, Toyota GR Yaris datang dalam tiga varian yaitu GR Yaris RZ, RS, dan RC. Sedangkan pilihan mesinnya ada dua; 1,4 liter dan 1,6 liter.

Toyota GR Yaris varian RZ sudah dibekali dengan mesin tipe G16E-GTS berkapasitas 1,6 liter turbocharged tiga-silinder. Mesin direct-injection ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 268 hp dan torsi puncak 370 Nm. Transmisinya iMT manual enam percepatan dan menggunakan sistem penggerak Four All Wheel Drive (AWD) khas Gazoo Racing (GR).

Untuk meningkatkan kinerja RZ, varian ini juga dibekali dengan seperangkat roda BBS aluminium yang dibungkus dengan ban Michelin Pilot Sport 4S berukuran 225/40R18.

Toyota GR Yaris mulai dijual di Jepang
Toyota GR Yaris tampak belakang. (Foto: Paultan)

Berikutnya adalah varian RS menggunakan mesin M15A-FKS 1.490 cc Dynamic Force tiga silinder yang menghasilkan 118 hp dan torsi puncak 145 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi Direct-Shift CVT dengan 10 gigi virtual guna mengirimkan tenaga ke roda depan.

Mesin yang digendong GR Yaris RS lebih kecil ketimbang varian di atasnya, namun bodyshell tiga pintu dan pengaturan suspensi belakang tetap sama dengan versi turbo 1,6 liter. Bagian kaki-kaki GR Yaris RS menggunakan pelek multi-spoke 18 inci yang disatukan dengan ban berukuran 225/40.

Varian terakhir adalah GR Yaris RC. Khusus varian satu ini menggendong mesin 1,6 liter sama seperti varian RZ. Begitu juga dengan pilihan transmisi dan sistem penggerak. Hanya saja perangkat hiburan seperti head unit dan audio tidak dipasang untuk mengurangi berat kendaraansekira 30 kg dari berat varian RZ yaitu 1.280 kg. Untuk varian RC Toyota menyematkan ban berukuran 205 / 45R17.

Toyota GR Yaris mulai dijual di Jepang
Tampilan kabin depan Toyota GR Yaris (Foto: Paultan)

Hadiah Khusus

Toyota menerima pesanan mobil GR Yaris lewat jalur online. Pelanggan di Jepang juga akan diberikan hadiah khusus setelah menyelesaikan pembelian kendaraan, seperti tiket ke WRC Rally Jepang serta miniatur mobil GR Yaris asli.

Toyota GR Yaris ditawarkan dalam warna hitam matte untuk bagian diffusers dan spoiler belakang. Pabrikan juga menawarkan pilihan atap CFRP dan jok sporty dengan ‘Emotional Color Premium’.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kia Seltos Model 2020 Mendapat 18 Ubahan, Ini Detailnya

Lokasi sim keliling di Jakarta
Previous post
Perpanjang SIM di Jakarta Baru Bisa di 5 Lokasi
Next post
Memilih Velg Aftermarket yang Tepat untuk Mobil Kesayangan, Jangan Sembarangan