HomeBeritaBila New Yaris 2018 Kurang “Joss” Toyota Masih Punya Versi Heykers

Bila New Yaris 2018 Kurang “Joss” Toyota Masih Punya Versi Heykers

Jakarta – Akhirnya pertarungan di segmen mobil hatchback kembali menggeliat dengan diluncurkannya new Yaris di awal 2018. Ya, pasar mobil hatchback di Indonesia memang masih menjanjikan, meskipun “porsinya” masih kalah jauh dengan model MPV.

Meskipun hanya beberapa merek saja yang tetap konsisten bermain di segmen ini, salah satunya adalah Toyota yang hari ini meluncurkan new Yaris 2018. Kemunculan new Yaris dengan tampilan baru di harapkan mendongkrak penjualan Toyota di segmen hatcback.

Dalam segmen hatchback Toyota dengan Yaris-nya masih “adu balap” dengan Honda Jazz. Sasaran utamanya adalah anak muda dan sejumlah keluarga muda yang menjadi pasar utama.

Tampang new Yaris 2018 berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini terlihat dari desain lampu utama, grille, bumper, dan foglamp baru di depan. Sementara masuk kedalam kabin terlihat lebih stylish dengan sentuhan warna ornamen silver.

Dari segi fitur, new Yaris bebenah melengkapinya untuk menarik konsumen. Namun bicara mesin, Toyota masih menggunakan mesin lama untuk new Yaris yaitu mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496cc.

Dengan kemunculan new Yaris 2018 apakah mampu melawan penguasa utama di segmen ini yaitu Honda Jazz? Bila melihat data wholesales (dari pabrik ke dealer) Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), distribusi Yaris sepanjang 2017 hanya 10.750 unit atau rata-rata terjual 895 unit per bulan.

Angka itu mengalami penurunan jika dibandingkan dengan distribusi Yaris periode Januari-Oktober 2016 yang menorehkan angka sebesar 13.005 unit. Sementara rival utamannya Honda Jazz masih menjadi market leader dengan menguasai 49 persen pangsa pasar.

Bahkan, jika melihat angka penjualannya di bulan September, sudah ada sebanyak 1.173 unit dan total penjualan tahun 2017 sebanyak 12.964 unit. Tentu, hal tersebut menunjukkan bahwa eksistensi Honda Jazz di pasar hatchback Tanah Air masih cukup perkasa dan sulit ditaklukkan.

Baca juga: Ini Harga Toyota New Yaris Tampang Joker yang Diluncurkan

Versi Heykers Senjata Pamungkas

Di edisi sebelumnya Toyota sempat meluncurkan Heykers untuk mendulang pasar, namun usaha ini masih belum berhasil mendulang mendongkrak penjualan. Dengan kemunculan new Yaris 2018 yang tampilannya sudah lebih sporty apakah strategi Toyota bisa menjadi andalan?

Terkait hal ini Henry Tanoto, Vice Presiden Director PT Toyota Astra Motor menanggapi, kalau kemunculan versi Heykers memang terkait kebutuhan. Bila berbicara sekarang dirinya masih belum bisa menentukan.

“Adanya versi Yaris Heykers saat itu memang melengkapi permintaan konsumen akan model sporty. Kemunculan new Yaris ini akan menutupi hal ini karena melihat modelnya sudah sangat sporty,” ujarnya saat peluncuran new Yaris, Selasa (20/2).

Henry menambahkan kalau dalam perkembangannya akan dibutuhkan model seperti Heykers tidak menutup kemungkinan muncul kembali. ” Takmenutup kemungkinan akan ada juga kedepannya kalau konsumen menginginkan, kita harus lihat dulu pasarnya,” pungkasnya (dol)

Previous post
Honda Dukung Pebalap Nasional Ke Jenjang Dunia
Hino
Next post
‎Hino Siap Terapkan Emisi Euro4 untuk Bus dan Truck