Home » Berita » Bila Terpaksa Berkendara Saat Wabah Corona, Perhatikan Hal Ini

Bila Terpaksa Berkendara Saat Wabah Corona, Perhatikan Hal Ini

Membersihkan mobil kesayangan, photo: cleanipedia
Membersihkan mobil kesayangan, (Foto: Cleanipedia)

Jakarta – Virus corona (Covid-19) dinyatakan masuk ke Indonesia sejak awal Maret 2020. Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif corona terus bertambah sampai sekarang.

Pemerintah pusat maupun daerah telah mengeluarkan imbauan kepada setiap orang supaya melakukan pembatasan fisik sosial dengan orang lain. Selain itu pemerintah juga mendorong masyarakat agar berdiam diri di rumah dan tidak berpergian jauh apalagi sampai mudik ke kampung halaman.

Selama diimbau selalu berada di dalam rumah, tidak menutup kemungkinan ada kebutuhan mendesak yang mengharuskan orang keluar. Jika itu terpaksa harus dilakukan ada beberapa hal yang patut diperhatikan khususnya bagi Anda yang akan berpergian keluar rumah menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil.

Ada 7 tips sehat berkendara dan aman saat wabah corona ala Goodyear Indonesia:

  1. Sebelum keluar rumah pastikan Anda menggunakan masker, membawa hand sanitizer, tisu basah dan kering, serta lap mobil bersih. Kantung belanja atau kantong plastik juga perlu disiapkan untuk meletakkan barang belanjaan atau barang bawaan.
  2. Jika terpaksa harus menekan tombol atau mendorong pintu ditempat umum, sebaiknya gunakan siku atau alat bantu. Bisa juga dengan membungkus jari Anda menggunakan kertas tissue bila perlu. Usai digunakan tisu langsung buang ke tempat sampah. Ini sangat penting supaya bakteri atau virus yang menempel di tisu tidak hinggap di tubuh Anda.
  3. Lakukan aktivitas Anda sesegera mungkin dan kembali ke rumah. Kalau Anda tidak sempat mencuci tangan selama di luar rumah disarankan jangan menyentuh hidung dan wajah. Ketika sampai di rumah langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang tadi dikenakan.
  4. Perhatikan dan lakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Batasi jumlah penumpang dalam satu kendaraan. Pastikan sopir Anda juga menggunakan masker. Kosongkan bangku samping pengemudi, dan mintalah jendela pintu pengemudi dibuka sedikit. Penumpang diharuskan duduk di bangku baris kedua dan ketiga.
  5. Ketika Anda sudah tiba di rumah. semprotkan desinfektan pada kain lap baru lalu diusapkan ke area luar dan dalam mobil yang kemungkinan di sentuh orang lain seperti pegangan pintu mobil, jok mobil dan dasbor.
  6. Bila Anda harus bekerja dari rumah, pastikan mobil dalam keadaan bersih dan siap digunakan ketika kondisi darurat. Biasakan untuk memanaskan mesin setiap hari, lalu buka seluruh kaca, dan hidupkan AC selama 15 menit.
  7. Selain memanaskan mesin tidak ada salahnya Anda memeriksa oli dan aki mobil. Pastikan keduanya masih aman untuk digunakan. Disarankan pula mencabut aki apabila mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini untuk menghindari aki soak atau rusak ketika hendak digunakan kembali.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
10 Hari Penerapan PSBB di Jakarta, Masih Banyak Pengendara Tidak Memakai Masker
ganjil genap
Next post
Polisi Siapkan Skema Penutupan Jalan Saat Operasi Mudik Lebaran