Home » Mobil » Bingung Memilih Mobil Keluarga? Mitsubishi Xpander Jawabannya

Bingung Memilih Mobil Keluarga? Mitsubishi Xpander Jawabannya

Xpander tol
Mitsubishi Xpander, salah satu pilihan mobil keluarga terbaik. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Memiliki sebuah mobil keluarga atau memiliki mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang tepat merupakan impian dari setiap orang yang sudah berkeluarga. Mobil MPV memiliki daya tampung sekitar 7-8 orang, serta memiliki ruang kabin yang berukuran luas. Ini menjadi alasan utama MPV masih mendominasi pilihan masyarakat di Indonesia sampai saat ini.

Di Tanah Air, pasar mobil keluarga sangat terbuka. Banyak produsen mobil berlomba-lomba menawarkan berbagai varian mobil pada sektor kendaraan keluarga dan kelebihan mobil tersebut, baik dari segi model, harga, maupun fitur-fitur yang disematkan. Tidak heran jika para produsen otomotif gencar melakukan inovasi dan mendesain mobil keluarga yang menarik dengan tujuan bisa mendatangkan calon konsumen dalam jumlah banyak.

Dengan banyaknya jenis, merek, ukuran, serta model mobil keluarga yang ditawarkan di pasar mobil keluarga, membuat calon konsumen memilki lebih banyak pilihan. Namun, memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan bukan hal yang mudah. Diperlukan pertimbangan yang cermat dan benar-benar matang sebelum memutuskan membeli mobil keluarga.

Cara Memilih Mobil Keluarga

Penutupan Xpander "Tons of Real Happiness"
Mobil keluarga Mitsubishi Xpander. (Foto: Carmudi)

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara memilih mobil keluarga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan? Carmudi rangkum beberapa tips membeli mobil keluarga yang tepat sebagai berikut.

  1. Hitung Jumlah Penumpang

Jumlah tempat duduk mobil menjadi salah satu pertimbangan paling utama dalam membeli mobil keluarga yang tepat atau sesuai kebutuhan. Idealnya, mobil keluarga harus bisa menampung seluruh anggota keluarga, minimal 4 orang.

Selain itu, hal lain yang menjadi pertimbangan adalah tempat duduk tambahan jika memiliki pengasuh atau asisten rumah tangga yang turut serta bepergian dengan mobil.

Perlu diketahui, mobil dengan 4 tempat duduk cocok sebagai mobil keluarga yang memiliki anak maksimal 2 orang. Lebih dari dua anak, sebaiknya pilih mobil keluarga dengan 7 tempat duduk.

  1. Menentukan Kapasitas Mesin Mobil

Pertimbangan lainnya dalam memilih mobil keluarga yang tepat adalah menentukan kapasitas mesin mobil yang dibutuhkan. Semakin besar kapasitas suatu mesin mobil, tentunya semakin besar juga tenaga yang dikeluarkan dari mobil tersebut. Pada umumnya, kapasitas mesin dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, seperti 1.000 cc, 1.300 cc, dan sebagainya.

Jika ingin memiliki mobil keluarga yang tepat, tentu sebaiknya memilih mobil yang sudah didukung dengan kapasitas mesin besar agar mobil bisa lebih maksimal dibawa berkendara.

  1. Pertimbangkan Sistem Transmisi

Terdapat dua jenis sistem transmisi pada kendaraan mobil, yakni transmisi manual dan otomatis. Jika Carmudian memilih mobil dengan transmisi otomatis atau matik, mobil mudah dioperasikan, namun harganya terbilang mahal. Sedangkan untuk transmisi manual, harganya lebih murah dan perawatannya mudah.

Dengan mengetahui kedua transmisi tersebut, Carmudian bisa memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan, serta sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

  1. Ketahui Fitur Keselamatan yang Dimiliki

Mobil keluarga yang tepat tentunya memiliki berbagai fitur keselamatan yang handal dan memadai. Fitur tersebut menjadi bagian penting yang harus ada pada setiap mobil. Seperti, sabuk pengaman yang disematkan pada semua kursi mobil sebagai fitur keselamatan standar. Pintu dan kaca jendela mobil juga harus memiliki sistem penguncian otomatis untuk keselamatan penumpang anak kecil.

Saat ini, beberapa mobil keluarga atau MPV telah memiliki beberapa fitur canggih seperti fitur Airbag dan sistem rem ABS (Anti-lock Breaking System). Mobil keluarga yang sudah memiliki fitur keselamatan canggih tentunya menjadi pilihan yang tepat.

  1. Pertimbangkan Kenyamanan

Selain keselamatan, kenyamanan bagi pengemudi dan para penumpang mobil menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan. Penumpang anak kecil atau orang berusia lanjut usia cenderung lebih cepat lelah saat menempuh perjalanan jarak jauh dengan kendaraan mobil.

Mobil keluarga yang nyaman harus memiliki beberapa hal. Seperti, memiliki AC sejuk, kursi duduk yang empuk, ruang kabin lega, dan sebagainya.

Mitsubishi Xpander, Mobil Keluarga yang Tepat

Suspensi Xpander
Mitsubishi Xpander berdesain lampu unik, tampang depan garang dengan bahasa desain Dynamic Shield. (Foto: Carmudi/Rosano)

Banyak jenis mobil MPV yang bisa dipilih sebagai mobil keluarga. Salah satunya dari merek Mitsubishi, yakni Mitsubishi Xpander. Mobil ini termasuk salah satu primadona di segmen mobil MPV, khususnya varian Ultimate dan Sport. Jika melihat rangkuman tips diatas, Mitsubishi Xpander memenuhi kriteria mobil MPV yang cocok sebagai mobil keluarga.

Carmudi merangkum beberapa kelebihan yang dimiliki Mitsubishi Xpander sehingga layak dijadikan mobil keluarga sebagai berikut.

  1. Memiliki Banyak Varian dengan Dua Pilihan Transmisi

Mitsubishi Xpander memiliki 5 varian, yaitu varian terendah GLX, GLS (transmisi manual dan otomatis), Exceed (transmisi manual & otomatis), Sport (transmisi manual & otomatis), dan varian tertinggi Ultimate (transmisi otomatis).

Sebagai informasi, untuk varian Sport, awalnya hanya memiliki transmisi otomatis. Namun, sekarang terdapat juga transmisi manual.

  1. Ruang Kabin dan Bagasi Berukuran Luas

Saat menempuh perjalanan yang jaraknya jauh, pastinya butuh kendaraan mobil yang bisa membuat nyaman. Mitsubishi Xpander memiliki ruang kabin yang luas untuk memberikan ruang gerak yang lebih leluasa. Mobil ini bisa menampung penumpang hingga 7 orang.

Selain itu, bagasinya juga berukuran luas, sehingga bisa membawa muatan peralatan dan perlengkapan keluarga dalam jumlah banyak. Dengan memiliki keunggulan ini, Mitsubishi Xpander cocok disebut sebagai mobil keluarga yang tepat.

  1. Fitur Keamanan dan Keselamatan Lengkap

Mitsubishi Xpander memilki skor bintang 4 pada tes uji tabrak versi ASEAN NCAP. Mobil MPV andalan Mitsubishi ini sudah disematkan berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang tidak hanya canggih, tetapi juga lengkap untuk mobil sekelasnya. Seperti, fitur Dual Airbag, Keyless Entry pada varian Sport dan Ultimate, rem ABS dan EBD pada semua varian, serta fitur Brake Assist pada varian Sport dan Ultimate. Terdapat juga fitur ESS, 3 titik sabuk pengaman, Hill Start Assist, serta fitur Stability Control.

  1. Jaringan Bengkel Mobil Luas

Jika ditemui masalah pada mobil Mitsubishi Xpander yang Carmudian miliki, tidak perlu khawatir karena jaringan bengkelnya yang luas. Carmudian bisa mencari bengkel terdekat dari lokasi Carmudian. Ini juga menjadi alasan banyak orang memilih Mitsubishi Xpander sebagai mobil keluarga yang tepat.

Promo Mitsubishi Xpander di Akhir Tahun 2019

mobil lmpv
Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Ada kabar baik bagi yang tertarik membeli Mitsubishi Xpander untuk mobil keluarga. Pasalnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan mobil Mitsubishi di Indonesia kembali menawarkan promo menarik untuk para konsumen yang membeli mobil Mitsubishi Xpander di bulan November 2019. Berikut rinciannya:

  1. Program pembiayaan bunga rendah sebesar 0% hingga tenor 2 tahun, atau DP ringan mulai 10%, atau gratis asuransi 2 tahun untuk pembiayaan melalui PT Dipo Star Finance.
  2. Special Trade-In Promo Program khusus untuk varian Ultimate, Sport, dan Exceed.
  3. Gratis kaca film Konica Minolta.
  4. Gratis biaya jasa untuk semua varian sesuai dengan Service Manual Book hingga 50.000 km atau 4 tahun.
  5. Gratis Paket Smart Gold khusus untuk Perawatan atau Servis Berkala hingga 50.000 km atau 3 tahun:
    • Suku cadang sesuai dengan Service Manual Book.
    • Oli MMGO sesuai dengan Service Manual Book.
    • Chemical item: long life coolant, brake fluid, engine flush, brake cleaner sesuai dengan Service Manual Book.
    • Pengaplikasian water repellent.
    • Asuransi kecelakaan diri untuk 1 tahun.

Sebagai informasi tambahan, bagi pemilik STNK kendaraan penumpang Mitsubishi Motors, paket Smart Gold dapat di-upgrade menjadi Paket Smart Diamond (S&K berlaku).

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander Cross

Previous post
Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Banyak Model yang Ganteng
Next post
Pemilik Mitsubishi Outlander PHEV Bisa Isi Daya Gratis di Plaza Senayan