BeritaSepeda motorSumber informasi

Biski, Skuter yang Bisa Dikendarai di Darat dan di Air

Michigan – Skuter selama ini menawarkan kemudahan berkendara di perkotaan. Biker tinggal ngegas tanpa harus repot pindah gigi, karena umumnya memakai sistem transmisi otomatis atau semi otomatis.

Perusahaan bernama Gibbs semakin mengembangkan kemudahan berkendara skutik di jalan raya agar bisa digunakan di air. Kemudian, lahirlah Biski, skuter yang hidup di dua alam sekaligus.

Kendaraan roda dua ini bisa langsung berubah menjadi jetski ketika masuk ke dalam air. Pengendara cukup memencet tombol untuk mengubah mode berkendara amfibi. Secara spesifikasi sudah dirancang agar bisa mengambang dan berjalan di permukaan air.

Skuter Amfibi (Foto: Ride Apart)

Dikutip dari Ride Apart, Gibbs membekali Biski dengan mesin dua silinder yang menghasilkan tenaga 55 hp dengan teknologi dual jet. Saat di darat, Biski bisa digeber hingga kecepatan 130 km/jam. Sementara ketika di air, kecepatannya mencapai 80 km/jam.

Sistem pembuangan terdapat empat buah, dimana sepasang berada di atas roda belakang untuk perjalanan darat, lalu saluran lainnya berada di bagian kolong motor untuk penggunaan di atas air.

Gibbs merancang bodi Biski ini cukup bongsor mencakup pelampung ala jetski yang memudahkannya mengambang. Untungnya bobot Biski ini cukup ringan, hanya 227 kilogram karena memakai bahan serat karbon.

Gibbs Biski memiliki ukuran panjang 2.349 mm, wheelbase 1.791 mm, dan ground clearance hanya 152,4 mm. Skuter amfibi ini tersedia untuk solo riding, dengan tambahan jok opsional untuk penumpangnya.

Selain Skuter, Gibbs Membuat ATV Amfibi

Gibbs ini bukan hanya sekali membuat motor dua alam. Perusahaan tersebut pernah merilis Quad-Ski, kendaraan gabungan antara ATV dan jetski. Mesinnya berasal dari BMW K1300 berkapasitas 1.293 cc dengan output 145 hp. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan dengan tambahan sistem propulsi untuk di laut.

Sistem penggerak empat roda ala ATV berfungsi juga seperti dayung. Berat kotor ATV amfibi ini mencapai 535 kilogram dan hanya mampu dipacu hingga 72 km/jam baik di darat ataupun di air. Secara spesifikasi, Quad-Ski ini sebenarnya adalah kendaraan patroli untuk polisi dan militer.

Saat itu, Gibbs menjual Quad-Ski seharga US$ 40 ribu atau sekitar Rp 500 juta. Harga untuk Biski memang belum diumumkan, tapi pastinya lebih murah. (dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts