Home » Modifikasi » Gimik Adu Bising Knalpot Ramaikan Black Auto Battle 2019 Balikpapan

Gimik Adu Bising Knalpot Ramaikan Black Auto Battle 2019 Balikpapan

Balikpapan – Ajang kontes modifikasi mobil Black Auto Battle 2019 kini kembali dihelat di Balikpapan. Balikpapan sendiri dianggap sebagai salah satu kiblat modifikasi di pulau Kalimantan terutama wilayah pantai timur Borneo tersebut.

Hal tersebut terbukti dari asal peserta yang ternyata datang dari daerah-daerah lain seperti Samarinda, Sangata, dan Bontang. Bahkan saking menggemanya, peserta dari Makassar pun rela menyeberang pulau demi bersaing di Black Auto Battle 2019 di Balikpapan ini.

Jumlah peserta memang sesuai target pihak penyelenggara, namun antusiasme pengunjung yang ingin ikut keseruan event ini seakan membludak. Pihak penyelenggara pun menuturkan bahwa animo penonton dan peserta sama-sama bagus sekali.

Belum usai bicara soal antusiasme, peserta kontes Big Muf yang menjadi gimik dari event modifikasi akbar ini pun ikutan membludak. Big Muf sendiri merupakan kontes adu kencang suara knalpot mobil. Sistem peniliannya pun menggunakan alat ukur berupa mic sensor besutan UMIC.

“Balikpapan dipilih sebagai perwakilan pulau Kalimantan, sekaligus sebagai kawasan Indonesia Timur, karena terakhir Black Auto Battle (BAB) menggelar event di pantai timur Kalimantan ini pada 2015,” kata Boy Prabowo selaku Perwakilan Pelaksana Event Black Auto Battle 2019.

Boy juga menuturkan, Balikpapan dipilih sebagai tuan rumah Black Auto Battle 2019 karena dianggap sebagai trendsetter dunia modifikai mobil dan tuning di pulau Kalimantan. Pihaknya menganggap bahwa Balikpapan memiliki potensi sebagai lokomotif industri car tuning terutama untuk modifikasi dan car audio. Perlu diketahui, sejumlah tim dan komunitas mobil berskala nasional memang berbasis di kota ini.

Selain itu, kemampuan para tuner dan rumah modifikasi di Balikpapan pun layak disejajarkan dengan kota lainnya di pulau Jawa, seperti Jakarta atau Bandung. Kota dengan perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan ini diharapkan mampu menjadi magnet bagi pertumbuhan car tuning, baik di dalam kota maupun untuk sekitarannya seperti Samarinda, Bontang, Tenggarong, Tarakan, dan Banjarmasin.

Sistem Penjurian Black Auto Battle 2019

Pengkategorian, sistem pertandingan, penjurian, metode penilaian serta aturan lain sudah dirancang sedemikian rupa dengan mengedepankan aspek fairness dan terukur dengan baik.

Menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) sebagai wadah penjurian, bertujuan agar teknis penjurian lebih matang dan terstandarisasi dengan baik. Selain itu agar penjurian yang dilakukan fair dengan metode terukur dan dapat dipertanggung jawabkan. Para juri yang akan memberikan penilaian adalah mereka yang telah berpengalaman di bidangnya dan telah teruji dalam berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Daftar Pemenang Black Auto Battle 2019 Balikpapan

Tanpa basa-basi, kontes ini pun mengeluarkan para jawara baru. Gelar juara ini berhasil disabet Dawank dari R. Garage Makassar dengan jenis mobil Suzuki Swift. Lebih lengkapnya, berikut hasil pemenang Black Auto Battle 2019 Balikpapan:

The Champ

  • Nama: Dawank
  • Bengkel: R. Garage Makassar
  • Jenis mobil: Suzuki Swift

1st Runner up

  • Nama: Ranting
  • Club: Startech Samarinda
  • Jenis mobil: Toyota Agya

2nd Runner up

  • Nama: Rahman
  • Club: Connection Samarinda
  • Jenis Mobil: Nissan Silvia

Baca juga:

Jadi Kiblat Baru Modifikator, Malang Buka Black Auto Battle Warm Up 2019

 

Penulis: Dimas Hadi

Previous post
Ini Dia Tampang Eksterior yang Jadi Kembaran Honda CR-V
Next post
Toyota Hadirkan Promo Spesial Khusus Pembelian Mobil Yaris di Surabaya