BMW Astra Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat di Layanan Aftersales
Jakarta – BMW Astra resmi luncurkan standar layanan baru untuk penjualan dan aftersales yang sejalan dengan standar kesehatan. Standar layanan ini dilakukan BMW Astra pada setiap jaringan diler untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan bagi pelanggan.
“Memasuki adaptasi kebiasaan baru, kami menyiapkan aktivitas yang memenuhi standar kebiasaan baru. Kami ingin ada peace of mind untuk beli, servis, jual di BMW Astra. Ada dua standar yang kami berlakukan, yaitu di showroom dan home service yang dilakukan di rumah,” ucap Fredy Handjaja selaku CEO BMW Astra.
Untuk layanan di showroom, BMW Astra memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Fredy menyebut, cara ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memudahkan pencarian apabila misalnya muncul klaster Covid-19 di diler.
Petugas showroom BMW Astra akan melakukan pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan staf, mengisi buku tamu menggunakan ponsel melalui QR code, penyediaan cairan pembersih tangan, penerapan jaga jarak fisik, hingga penggunaan sinar UV untuk sterilisasi berbagai peralatan. Di showroom juga dilakukan penerapan self-service di ruang tunggu, pembersihan fasilitas showroom setiap empat jam, dan penggantian masker para staf setiap empat jam.
“Setiap mobil yang akan diberikan ke pelanggan saat serah terima dibersihkan menggunakan disinfektan dan kemudian disegel. Disinfektan yang kami gunakan juga aman bagi kesehatan karena berstandar food grade,” jelas Fredy.
BMW Astra juga tetap memberikan berbagai layanan di rumah maupun kantor pelanggan. Sales, appraisal, dan mekanik BMW Astra yang mengunjungi rumah atau kantor pelanggan telah dilengkapi dengan Care Kit yang berisikan pembersih tangan, tisu alkohol, Air Sanitizer, lap dan cairan pembersih. Petugas melakukan sterilisasi sebelum dan sesudah pelanggan melakukan test drive atau proses perbaikan kendaraan.
“Bagi pelanggan yang servis di bengkel, untuk konsultasi dengan penasihat servis, Anda dapat melihat melihat status kendaraan Anda di layar khusus. Mirroring ini kami siapkan supaya Anda dapat tetap menjaga jarak fisik. Kami membujetkan Rp3 miliar untuk New Day, dan sampai hari ini sudah menghabiskan Rp1,5 miliar,” ungkapnya.
Layanan Penjualan BMW Astra Sterilisasi Mobil Baru Pesanan Konsumen
Sterilisasi sebagai upaya memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dilakukan secara menyeluruh oleh BMW Astra. Layanan penjualan pun ikut memberlakukan sterilisasi kendaraan setelah dilakukan pre-delivery inspection.
“Mobil baru akan kami bersihkan dengan disinfektan dan kami segel. Ini untuk meyakinkan hanya pembeli yang bisa masuk setelah mobil dibersihkan,” ucap Fredy.
Penulis: Yongki Sanjaya
Editor: Dimas
Baca Juga: