Berita

BMW Group Jalin Kerja Sama dengan Pemasok Chip Semikonduktor

Jerman –BMW Group dikabarkan baru saja menandatangani kontrak dengan produsen chip semikonduktor guna mengamankan produksi mobil dari kelangkaan pasokan chip semikonduktor yang sudah terjadi setahun belakangan.

BMW Group menjalin kerja sama dengan INOVA Semiconductors dan GlobalFoundries selaku produsen semikonduktor yang dikenal kaya fitur.

Dalam perjanjian tersebut disebutkan jika BMW Group akan mendapatkan jaminan pasokan chip sebanyak beberapa juta unit dalam setahun. Microchip ini nantinya akan digunakan dalam teknologi ISELED Smart LED yang dikembangkan BMW Group.

bmw chip semikonduktor

BMW M4 GTS punya performa mesin jauh lebih buas

Produk ISELED Smart LED ini nantinya akan digunakan pertama kali dalam BMW iX yang mulai masuk produksi pada November 2021 lalu.

Dr. Andreas Wendt selaku Board of Management of Purchasing and Supplier Network BMW AG membeberkan kerja sama baru ini.

“Kami memperdalam kemitraan BMW Group bersama dengan pemasok chip semikonduktor ini sangat penting untuk menyelaraskan perencanaan kapasitas produksi kami. Hal ini diharap bisa meningkatkan keandalan perencanaan serta transparansi yang dibutuhkan untuk kami jangka panjang,” ujarnya dalam siaran resmi.

Perjanjian ini diharapkan dapat menjadi langkah logis BMW Group guna menyiasati krisis chip semikonduktor yang terjadi. BMW Group tak ingin masalah tersebut menghambat produksi yang berpotensi membuat konsumennya kecewa lantaran menunggu unit yang sudah dipesan datang terlalu lama.

bmw chip semikonduktor

“Perjanjian langsung dengan OEM seperti BMW Group merupakan komitmen kami sebagai produsen semi konduktor. Kami yakin ini akan membantu kami mengamankan pasokan untuk konsumen dan memastikan ini akan menjadi siklus produksi jangka panjang,” sambung Robert Kraus, CEO INOVA Semiconductors.

GlobalFoundries mengatakan jika komitmen dengan BMW Group ini akan membangun relasi yang jauh lebih kuat. Terlebih permintaan chip yang kaya fitur terus meningkat di kalangan produsen otomotif.

“Perjanjian jaminan pasokan dengan BMW Group dan INOVA ini menunjukkan bagaimana perusahaan bermitra untuk mengembangkan teknologi. Smart LED yang inovatif untuk BMW iX terbaru ini diharapkan bisa menghadirkan inovasi,” tambah Mike Hogan, Senior Vice President and General Manager of Automotive, Industrial and Multi-market GlobalFoundries.

bmw chip semikonduktor

BMW Group kerja sama dengan pemasok chip semikonduktor INOVA Semiconducors dan GlobalFoundries (Foto: BMW)

Pabrikan otomotif asal Jerman ini mengaku jika setiap mobil yang diproduksi membutuhkan beberapa ribu chip semikonduktor. Chip tersebut bertujuan untuk melakukan tugas aritmatika dan kontrol pada perangkat komputer.

Bahkan chip juga dibutuhkan untuk menyimpan data, menjalankan berbagai fungsi pada saat yang bersamaan.

Menurut BMW, kebutuhan komponen elektronik di masa depan akan menjadi lebih banyak.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts