HomeSepeda motorBMW M 1000 RR, Motor BMW Pertama yang Jadi Seri M

BMW M 1000 RR, Motor BMW Pertama yang Jadi Seri M

BMW M 1000 RR
Motor pertama yang pakai seri M dalam sejarah BMW Motorrad. Foto/BMW

Jakarta – PT Maxindo Moto selaku APM BMW Motorrad Indonesia pamerkan produk baru yaitu BMW M 1000 RR. Motor ini sekaligus menjadi motor BMW pertama yang pakai seri M.

Ibaratnya pada mobil BMW, seri M merupakan seri sport dengan mesin yang lebih buas. Sama juga dengan BMW M 1000 RR ini yang jadi motor dengan tenaga buas.

Motor yang juga dirilis secara global di dunia ini dibuat dengan tenaga lebih besar dari S 1000 RR. Selain itu, banyak komponen karbon yang ditanamkan pada motor ini.

BMW M 1000 RR
Tampak bagian depan dari sisi atas motor. Foto/dok. BMW

Lalu, kapan motor ini akan secara resmi masuk Indonesia? Pihak BMW Motorrad Indonesia mengatakan jika di 2021 mendatang sudah ada di diler.

“Kira-kira itu tahun depan baru bisa masuk sini tahun 2021. Kalau prediksi bulannya mungkin bisa pertengahan tahun ya,” kata Joe Frans, CEO Maxindo Moto kepada Carmudi.

Lebih lanjut BMW Motorrad mengatakan jika pada Maret sampai April motor tersebut baru akan masuk ke Jerman.

Spesifikasi Mesin BMW M 1000 RR

Soal mesin, motor ini memakai mesin yang diambil dari basis BMW S 1000 RR. Mesin ini dipadukan teknologi BMW Shiftcam. Kapasitas mesinnya sendiri 999 cc dengan 4 silinder.

BMW Motorrad
Motor balap dengan banyak teknologi canggih. Foto/dok.BMW

Tenaga yang bisa dikeluarkan mencapai 212 hp dengan torsi maksimal 113 Nm. Hal baru dari mesin ini adalah penggunaan ring piston baru buatan Mahle.

Ini membuat ruang bakar jadi punya kompresi meningkat di angka 13,5. Selain itu, connecting rods memakai bahan titanium yang lebih panjang dan ringan.

Selain mesin buas, aerodinamis juga lebih baik berkat penggunaan winglet yang terbuat dari bahan karbon yang di riset memakai wind tunnel milik BMW.

Fitur dan Teknologi Canggih

Layaknya sebuah motor balap modern, motor ini punya beragam teknologi canggih. Seperti kopling anti hopping, riding mode (Rain, Road, Dynamic, Race dan Race Pro 1-3).

Motor BMW pertama yang jadi seri M. Foto: BMW

Ada juga dynamic traction control, wheelie DTC, knalpot titanium sampai hill start control. Karena tenaganya buas, maka sistem pengeremannya pun harus diperhatikan.

Remnya memakai rem M yang pertama kalinya dipakai pada keluarga sepeda motor BMW Motorrad. Ini merupakan rem yang dipakai untuk keperluan trek balap motor di dunia oleh BMW.

Pelindung handle terdapat ukiran M. Foto: BMW

Soal harga, BMW Motorrad Indonesia sayangnya belum memberi info jelas. Yang jelas motor ini pasti punya harga di atas BMW S 1000 RR yang merupakan basicnya. Nah, bisa menebak kisaran harganya? Kira-kira siapa yang nanti bakal beli motor ini pertama kali ya?

Editor: Lesmana

Penulis: Rizen
Previous post
Penghujung 2020, Toyota Kijang Innova Bakal Update Penampilan?
mesin diesel
Next post
Mulai 2035 Produsen Dilarang Jual Mobil Bermesin Bensin dan Diesel