HomeReviewsBMW X1 2020, SUV Termurah tapi Konsumsi BBM Setara LCGC

BMW X1 2020, SUV Termurah tapi Konsumsi BBM Setara LCGC

bmw x1 2020
Tampilan mobil dari tampak atas. (Foto: BMW)

JakartaBMW X1 merupakan SUV termurah yang ada di line up BMW Indonesia pada tahun 2020 ini. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini ditawarkan dengan harga Rp840 jutaan (OTR Jakarta). Walaupun termurah, tapi fitur dan kualitasnya enggak main-main, nih.

Kalau dilihat dari bentuk depan, BMW X1 ini sekilas mirip sama BMW X7. Bisa dibilang BMW X1 pada tahun 2020 ini cocok banget buat disebut sebagai “mini X7”.

Tapi, ada hal yang cukup menarik soal mobil satu ini.

Konsumsi bahan bakarnya bisa dibilang irit banget. Bahkan pihak BMW sendiri mengklaim kalau konsumsi BBM dari BMW X1, khususnya produksi tahun 2020 ini bisa mencapai lebih dari 1:15 km per liternya.

Angka ini tentu saja melebihi konsumsi BBM dari rata-rata LCGC yang ada di Indonesia.

Ah, tapi benar enggak ya, kalau konsumsi BMW X1 ini lebih dari 15 km per liternya?

Langsung kita bahas, nih.

Dimensi BMW X1 2020

BMW X1 masuk ke dalam salah satu SUV paling kompak dengan panjang mencapai 4.439 mm, lebar 2.060 mm, dan tinggi 1.612 mm.

12 Pilihan Warna Eksterior BMW X1 2020

Hal lain yang cukup menarik dari mobil ini adalah pilihan warna yang banyak. BMW menyediakan pilihan X1 sampai 12 warna pilihan:

  • Alpine White
  • Black
  • Black Sapphire
  • Glacier Silver
  • Mineral White
  • Mineral Grey
  • Sparkling Brown
  • Sparkling Storm Brilliant Effect
  • Mediterranian Blue
  • Sunset Orange
  • Jucaro Beige
  • Storm Bay Metallic.
bmw x1 2020
Interior BMW X1 2020. (Foto: BMW)

Selain warna, BMW X1 juga punya 7 pilihan model pelek. Ketujuh pelek tersebut juga ukurannya beda-beda, lho. Mulai dari 17 sampai 19 inci tergantung pilihan konsumen.

Gimana, lumayan menggiurkan banget, kan?

Warna Interior BMW X1 Juga Banyak

Bukan eksteriornya aja yang punya banyak warna, tapi interiornya juga. Yang pertama konsumen bisa pilih warnanya adalah pelapis kulit jok.

Ada 6 warna jok yang disediakan untuk BMW X1 2020:

  • Sensatec Oyster
  • Kombinasi Cross Track Granite Brown/Black
  • Dakota Mocha
  • Dakota Grey Highlight
  • Dakota Black
  • Sensatec Black.
bmw x1 2020
Warna interior tersedia paduan yang banyak. (Foto: carwow)

Warna ini juga masih bisa dikombinasikan lagi sama aksen warna trim interiornya. Ada model Aluminium, Pearl Krom, Piano Black, Oak Trim Grain Matt, dan Fineline Stream.

Kalau enggak suka motif aksen kayu, bisa pilih warna lain yang ada, nih. Enggak suka motif Piano Black bisa pakai Aluminium biar kelihatan lebih modern. Tinggal sesuaikan dengan selera aja.

Mesin BMW X1 2020

Soal mesin, BMW X1 ini dibekali mesin berkapasitas 1.499 cc, 3 silinder, twin power turbo. Tenaga yang bisa dicapai 140 hp dengan torsi 220 Nm.

Transmisi yang dipasang di BMW X1 ini memakai otomatis 7 percepatan dengan model dual clutch (DCT).

Nah, soal konsumsi bahan bakar ini yang lumayan jadi perhatian.

BMW mengklaim kalau X1 pada tahun 2020 ini punya angka yang sangat bagus. Data untuk konsumsi BBM rute kombinasi perkotaan BMW X1 mencapai 1:19 km per liter.

bmw x1 2020
Mesin memakai konfigurasi 3 silinder yang irit bahan bakar. (Foto: Istimewa)

Sedangkan buat extra urban, konsumsi BBM-nya lebih gila lagi. BMW mengklaim kalau X1 ini bisa mencapai 1:21 km per liter.

Wah, luar biasa banget nih!

Buat ukuran SUV, angka konsumsi BBM X1 ini sih sudah lumayan banget. Secara tampilannya dapet, nyamannya dapet, iritnya pun juga dapet. Oke kan?

Lain-lain

Di sisi lain, ada banyak juga fitur yang dipunya BMW X1 2020 ini. Yang pertama bisa dilihat adalah bagian atapnya yang pakai panoramic sunroof.

Ukuran panoramic sunroof ini bisa dibilang lumayan gede. Jadinya lumayan enak nih buat dapetin sinar matahari sambil berjalan tanpa harus buka sunroof-nya.

Di bagian tengah juga ada control display yang punya tampilan high resolution. Layar ini punya ukuran yang juga lumayan gede; 10,2 inci.

Di layar ini semua hal tentang pengaturan mobil bisa dilihat lewat iDrive controller atau lewat sentuhan. Di balik setir juga ada BMW head up display.

x1
Tampak belakang mobil. (Foto: Istimewa)

Fungsinya sih sama kaya head up display lain yang memberikan info kecepatan mobil. Instrument cluster dari mobil ini juga lumayan canggih.

Tampilan clusternya pakai teknologi yang dikasih nama black panel technology. Di bagian dalam cluster ini terdapat layar berukuran 5,7 inci di tengah.

Layar ini juga bisa ngasih berbagai informasi mengenai info soal mobil yang lebih teknis. Misalnya jarak tempuh, suhu udara luar, tanggal, dan lain-lainnya.

Harga Bekas BMW X1

Kalau harga barunya masih mahal, ternyata harga bekasnya juga tetap mahal. Hehehe.

Sebagai gambaran, BMW X1 2020 ini dijual dalam keadaan bekas di kisaran Rp750 jutaan sampai Rp800 jutaan.

Untuk tahun produksi 2019, harga bekasnya antara Rp600 jutaan sampai Rp650 jutaan. Populasinya sendiri memang enggak terlalu banyak, makanya sedikit juga yang jual dalam kondisi bekasnya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Segera Meluncur di Indonesia, Porsche Taycan Laris Manis di Eropa

Previous post
Honda Permudah Pemilik Mobil Ganti Inflator Airbag yang Bermasalah
Jeep Wrangler Tiruan diberi nama BJ40 Plus
Next post
Jeep Wrangler Tiruan Buatan China Resmi Diluncurkan