Home » Berita » Bocoran All New Toyota 86 dan Subaru BRZ, Meluncur Tahun Depan

Bocoran All New Toyota 86 dan Subaru BRZ, Meluncur Tahun Depan

Toyota GR 86, hadir dengan mesin boxer dan turbo milik Toyota Supra
Render Toyota GR 86

Washington – Masih ingat produk kolaborasi antara Toyota dan Subaru? Ya, Toyota 86 dan Subaru BRZ, mobil ini secara resmi dirilis pada 2012. Sejak diluncurkan sampai sekarang, kedua mobil sport itu belum pernah mengalami perubahan besar. Selama bertahun-tahun, baik Toyota maupun Subaru hanya pernah beberapa kali melakukan penyegaran kecil. Tidak sedikit para penggemar Toyota 86 dan Subaru BRZ menuntut supaya perusahaan melakukan perubahan besar di kedua mobil tersebut.

Rupanya permintaan dari para penggemar mobil sport didengar oleh Toyota dan Subaru. Sebagaimana dilaporkan GR86.org, kedua pabrikan mobil asal Jepang itu tengah mempersiapkan Toyota 86 dan Subaru BRZ terbaru. Dalam pertemuan dengan diler-diler, Toyota membeberkan strategi perusahaan dalam menghadapi pasar otomotif tahun depan termasuk memberitahukan produk-produk terbaru apa saja yang bakal dihadirkan. Salah satu produk terbaru yang disebutkan adalah All New 86 dan All New BRZ.

Pada kesempatan yang sama, Toyota juga memberitahukan bahwa kedua mobil kembar itu akan diluncurkan 2021 di Amerika Serikat. Waktu peluncurannya kuartal ketiga 2021, antara Juli hingga September. Dilaporkan pula bila All New 86 akan mendapat tambahan nama di depan yaitu GR (Gazoo Racing).

Seperti diketahui, GR merupakan divisi performa dan tim balap Toyota. Saat ini, ada dua mobil yang menggunakan embel-embel GR, yaitu Yaris dan Supra. GR juga bertanggung jawab untuk lomba balapan ketahanan mobil atau Le Mans.

Bocoran skema strategi Toyota tahun depan. (Foto: Autoindustriya)

Dibekali Mesin Baru

All New Toyota 86 dan All New Subaru BRZ diprediksi bakal menggunakan mesin baru garapan Subaru yaitu turbocharged 2.4 liter. Kini mesin bensin tersebut sudah digunakan sebagai sumber tenaga Subaru Outback, Legacy, dan Ascent / Evoltis. Jika seandainya benar, maka sports coupe asal Jepang itu dipastikan mampu mengeluarkan tenaga sekuat 259 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 375 Nm pada 2.000 rpm. Itu artinya ada peningkatan kinerja mesin dibanding model sebelumnya yang hanya mampu menghembuskan tenaga sekuat 203 hp dan torsi 212 Nm.

Sayangnya, pada pertemuan itu tidak dibocorkan seperti apa rupa atau wajah dari All New 86 dan All New BRZ. Namun, besar kemungkinan desain keduanya terinspirasi dari mobil konsep Toyota GR HV yang pernah diperlihatkan ke publik 2017 lalu.

Subaru BRZ Sudah Tidak Dijual Lagi di Indonesia

Subaru BRZ 2017

Toyota 86 dan Subaru BRZ juga dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi, kini hanya tinggal 86 yang masih dijual sedangkan Subaru sudah hengkang dari Indonesia karena tersandung masalah pelanggaran pajak. Jadi secara otomatis Subaru sudah berhenti jualan mobil sejak beberapa tahun lalu.

Toyota 86 yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dibawa dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Mobil ini dipasarkan dengan cara spot order atau hanya berdasarkan pesanan konsumen saja.

TAM menjual Toyota 86 dalam tiga pilihan varian yaitu, 86 dengan tranmisi manual dibanderol Rp768,75 juta, 86 transmisi otomatis Rp775,15 juta, dan 86 TRD Rp809,95 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Simak Spesifikasi Lengkap Toyota Agya Facelift, Apa Saja Perubahannya?

Previous post
Ikuti Imbauan Pemerintah, Shop&Drive Kurangi Jumlah Toko yang Beroperasi
Next post
Tidak Bayar e-Tilang, Siap-Siap STNK Diblokir Polisi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *