Home » Berita » Meluncur Minggu Depan, Begini Bocoran Toyota Yaris Generasi Terbaru

Meluncur Minggu Depan, Begini Bocoran Toyota Yaris Generasi Terbaru

Toyota Yaris generasi teranyar di Toyota Technical Centre Shimoyama. (Foto: Indianautonews)

Tokyo – Diam-diam Toyota tengah menyiapkan Yaris generasi terbaru. Dikabarkan, mobil hatchback tersebut akan meluncur untuk pertama kalinya di dunia minggu depan atau tepatnya pada 24 Oktober 2019 bersamaan dengan Tokyo Motor Show, di Jepang.

Belum juga meluncur, namun tampang Toyota Yaris terbaru tersebut sudah bocor di media sosial. Dari foto-foto yang tersebar, tampak Yaris generasi terbaru melenggang secara bebas di Toyota Technical Centre Shimoyama tanpa diselimuti stiker kamuflase.

Dapat disimpulkan bila Toyota Yaris generasi terbaru akan mengadopsi desain eksterior yang benar-benar baru. Akan tetapi tetap berpegang pada bahasa desain Toyota. Bila diperhatikan, gril Toyota Yaris generasi terbaru tampil dengan desain anyar, begitu juga dengan bumper yang terlihat lebih sporty. Sedangkan lampu depan sedikit lebih ramping dibanding generasi sekarang, dan lengkungan roda didesain melebar sehingga memberikan tampilan yang jauh lebih agresif.

Spesifikasi Toyota Yaris terbaru masih belum terkuak, tetapi diharapkan mobil yang ditujukan untuk kaum muda ini punya interior lebih luas, dan tidak terlalu panjang. Mengingat mobil ini diprediksi akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) terbaru.

Toyota Yaris generasi terbaru kabarnya akan dipasarkan negara-negara Eropa dan Jepang terlebih dahulu, kemudian menyasar negara-negara lain termasuk Asia Tenggara. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog.

TNGA Versi Baru Khusus Toyota Yaris

Saat ini Toyota memiliki empat versi TNGA, seperti TNGA-C (GA-C). Platform satu ini digunakan untuk membangun Toyota Prius, Toyota C-HR, Toyota Corolla, dan Lexus UX. Lalu ada TNGA-K (GA-K), digunakan untuk mobil sedan dan sport utility vehicle (SUV) seperti Toyota Camry, Toyota Avalon, Lexus ES Toyota RAV4, dan Toyota Highlander. Selanjutnya TNGA-N (GA-N) khusus mobil Toyota Crown, dan terakhir adalah TNGA-L (GA-L) dirancang secara khusus untuk mobil mewah Lexus yaitu LC dan LS.

Platform TNGA (GA-B) baru (Foto: Paultan)

Belum berhenti sampai di situ, Toyota sudah memberitahukan bahwa akan membuat platform TNGA versi baru atau mereka menyebutnya dengan GA-B. Sebagaimana diberitakan Paultan, platform GA-B menerapkan filosofi dan teknologi TNGA terbaru untuk meningkatkan desain dan kinerja mobil-mobil Toyota berukuran kecil. Saat ini Toyota sudah menentukan mobil yang akan menggunakan platform GA-B yaitu Yaris.

Platform GA-B telah dirancang untuk memaksimalkan ruang interior. Toyota mengklaim dengan penggunaan platform baru itu, ruang kabin akan terasa lebih luas. Seperti versi GA-C dan GA-K dari TNGA, platform GA-B dirancang untuk menghadirkan tingkat pengendalian mobil yang lebih baik dengan bagian bawah bodi mobil yang kaku, serta bobot lebih ringan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Siapkan Platform Baru untuk Yaris

Bengkel spare part dan spesialis Mercy di Jakarta
Previous post
Baru Meminang Mercy? Ini Bengkel Spesialisnya di Jakarta
NMAA Goes to Campus, sasar milenial
Next post
Sasar Kaum Milenial, NMAA Gencar Dekati Dunia Kampus