Berita Sepeda motor Sumber informasi

Bocoran Waktu Peluncuran Honda PCX Listrik di Indonesia

Honda PCX listrik (Foto: Honda)

Jakarta – Tekad PT Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia untuk menghadirkan Honda PCX listrik (electric vehicle/EV) untuk pasar Indonesia sudah bulat. Bahkan niatnya itu sudah disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo ketika sedang berkunjung ke booth Honda di IIMS 2018 April lalu.

“Jadi kami memang punya keinginan untuk di bisa menjual PCX listrik di Indonesia,” ungkap President Director AHM Toshiyuki Inuma, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sebelum memasarkan PCX listrik di Indonesia saat ini pihaknya terus melakukan studi terkait kelayakan sepeda motor listrik. Kesiapan Honda didukung penuh oleh prinsipal di Jepang yang belum lama ini telah menjalin kerjasama dengan perusahaan elektronik, Panasonic dalam mengembangkan baterai untuk sepeda motor listrik.

“Jadi pihak Honda dan Panasonic waktu itu sudah bicara dengan kami untuk pilot project (proyek percobaan) mungkin tahun ini akan di jalankan. Pertama akan diuji coba dengan kantor pos untuk antar surat pakai motor listrik. Nanti diserahkan sekira 200 unit yang akan dioperasikan Bandung, Bali, dan luar kota Bandung ada sedikit,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian Harjanto pada kesempatan berbeda.

Honda PCX listrik (Foto: Honda)

Segala macam upaya demi mempermudah masuk atau mulai dipasarkannya sepeda motor listrik telah dilakukan oleh AHM. Lantas kapan PCX listrik sudah bisa diluncurkan di pasar Indonesia?

“PCX listrik akan ada, mudah-mudahan di akhir tahun ini. Kerja sama itu (Honda dan Panasonic) akan sesuai dengan produk (PCX listrik). Kita luncurkan di kemungkinan di akhir tahun,” ujar Thomas Wijaya Direktur Pemasaran AHM, (13/7).

Diproduksi Lokal

All New Honda PCX dan PCX hybrid sudah diproduksi secara lokal di pabrik Honda yang terletak di Sunter, Jakarta Utara. Itu artinya ada kemungkinan besar untuk PCX listrik juga akan diproduksi lokal. Namun mengenai hal tersebut, pihak Honda belum bisa memastikannya.

“Itu yang sedang kami pikirkan sekarang,” terang Inuma.

Jika seandainya diproduksi lokal, lanjut Inuma, pihaknya dapat memastikan. Bahwa komponen lokal yang nanti digunakan ke PCX listrik akan lebih rendah ketimbang produk Honda lainnya yang sudah diproduksi di Tanah Air.

Posisi baterai Honda PCX listrik (Foto: Honda)

Untuk diketahui, Honda PCX listrik diperkenalkan pertama kali secara global di ajang Tokyo Motor Show 2017. Skuter matik premium ini murni menggunakan listrik sebagai sumber energi gerak pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). Baterai yang digunakan oleh PCX listrik bisa di lepas dan dipasang kembali untuk mempermudah pergantian baterai. Posisi baterai tepat di bawah jok, setidaknya ada dua baterai yang terpasang.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts