Berita

Bos Wuling Indonesia Ungkap Rencana Produksi MPV Listrik 7-Seater

Jakarta – President Director PT SGMW (SAIC General Motors Wuling) Motor Indonesia, Shi Guoyong mengungkapkan rencana ke depan yang akan dilakukan oleh perusahaannya, salah satunya memproduksi mobil listrik jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater.

Rencana tersebut diungkapkannya saat bertemu dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam lawatan kerja ke China pekan lalu.

Baca Juga: Sukses Jadi Mobil Listrik Terlaris, Wuling Air ev Raih Belasan Penghargaan

 

MPV Listrik 7-Seater

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan President Director PT SGMW Motor Indonesia, Mr. Shi Guoyong (ketiga dari kanan) di Beijing (Foto: Kemenperin)

Shi Guoyong menyebutkan, selama tujuh tahun beroperasinya perusahaan di Indonesia hingga saat ini, investasi Wuling di Indonesia mencapai lebih dari 700 juta dolar AS atau sekira Rp 9 triliun lebih dan telah menjangkau sekitar 130 ribu pembeli, serta melakukan ekspor ke Thailand.

“Wuling juga merupakan pabrik pertama yang dapat memproduksi mobil listrik dan mencapai Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40 persen pertama di Indonesia,” jelas Shi dikutip Carmudi dari keterangan resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Selasa (18/6/2024).

Dirinya pun menyampaikan rencana aktivitas industri yang akan Wuling Indonesia jalankan ke depan, yakni menjajaki pasar ekspor kendaraan ke Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan.

Kemudian, juga terdapat rencana memproduksi mobil listrik jenis MPV 7-seater.

Selain itu, Wuling juga akan berupaya meningkatkan sistem pasokan kendaraan listrik ( Electric Vehicle/EV) dengan merangkul beberapa perusahaan asal China untuk berinvestasi di Indonesia.

MPV Listrik 7-Seater

Menperin Mendorong Wuling untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Hub Ekspor (Foto: Kemenperin)

“Kami mengedepankan pengembangan EV, terutama dengan meluncurkan produk yang berkualitas dengan teknologi tinggi baik untuk brand Wuling dan MG,” tutup Shi.

Menperin Dorong Wuling Jadikan Indonesia Sebagai Hub Ekspor

Pada kesempatan yang sama Menperin Agus mengapresiasi Wuling yang telah ikut berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Terlebih Wuling merupakan salah satu perusahaan pertama yang mengisi mobil listrik di Tanah Air.

“Apalagi Wuling menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas pabrikasi EV di luar Tiongkok,” ujar Menperin.

Menperin turut menyampaikan dua hal terkait perkembangan bisnis kepada Wuling.

Baca Juga: Neta X Akan Dirakit Di Indonesia Mulai Juli 2024

Komponen Lokal

Tamasya Ke Pabrik Wuling Motors, Begini Proses Produksi Cortez (Foto: Dok Wuling Motors)

Pertama, untuk dapat meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksinya di Indonesia.

“Menurut kami, pengembangan Wuling di Indonesia tidak cukup berhenti di sini. Potensi luar biasa yang sudah diberikan oleh Wuling dapat dikembangkan atau dimanfaatkan di Indonesia,” jelas Menperin.

Kedua, Menperin mendorong Wuling supaya menjadikan Indonesia sebagai hub untuk mengekspor produk-produk Wuling ke seluruh dunia.

“Tentunya di luar produk-produk Wuling dari China, khususnya untuk menjawab permintaan pasar secara keseluruhan,” pungkas Menperin.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts