Home » Modifikasi » Bosan Akibat WFH, Coba Poles Mobil Sendiri di Rumah, Yuk!

Bosan Akibat WFH, Coba Poles Mobil Sendiri di Rumah, Yuk!

cara poles mobil sendiri di rumah
Membersihkan mobil kesayangan. (Foto: cleanipedia)

Jakarta – Banyak perusahaan di Jakarta yang saat ini mengganti aktivitas di kantor dengan sistem Work From Home (WFH). WFH sendiri bertujuan untuk menghindari karyawan kantor terpapar wabah virus corona (Covid-19) yang saat ini menjadi momok menakutkan. Bekerja dari rumah selama beberapa pekan tentunya membuat kita bosan, karena aktivitas pun sangat terbatas. Tapi, ada cara mengisi waktu luang saat WFH, yaitu dengan poles mobil sendiri di rumah.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Poles Mobil Sendiri?

Sebelum memoles mobil sendiri di rumah, ada baiknya mempersiapkan beberapa peralatan dan bahan yang akan digunakan. Oiya, sebelum poles mobil dilakukan, jangan lupa untuk mencuci bersih mobilnya, ya. Lalu, kira-kira barang dan bahan apa saja yang harus disiapkan untuk melakukan poles mobil secara mandiri di rumah?

  • Cuci Mobil

Sebelum benar-benar memolesnya sendiri di rumah, Carmudian harus mencuci mobilnya terlebih dahulu. Mencuci mobil ini hukumnya wajib, atau fardu ain, alias enggak boleh banget untuk dilewatin begitu saja. Karena kalau mobil dalam keadaan kotor, bukannya akan menjadi mengkilap, tapi bodi mobil malah menjadi baret saat dipoles. Jika memiliki alat cuci mobil di rumah, akan lebih baik lagi. Karena semburan dari mesin cuci mobil akan merontokkan kotoran yang sulit dihilangkan.

cara poles mobil sendiri di rumah
Mencuci mobil dengan alat cuci mobil. (Foto: imagesquarespace)

Selain itu, mencuci mobil dengan menggunakan alat cuci mobil juga semakin menjaga kualitas cat mobil. Karena akan mengurangi kontak menggunakan tangan langsung. Tekanan yang tinggi dari mesin cuci mobil akan menyapu kotoran yang ada di bodi mobil. Sehingga tak perlu mengusapnya dengan tangan yang bisa berisiko membuat cat menjadi baret. Pada saat mencuci, gunakan sabun cuci yang memang dikhususkan untuk mencuci mobil, ya.

Carmudian bisa menggunakan sabun mobil yang dijual secara umum di toko dekat rumah. Jangan mencuci menggunakan sabun cuci piring atau bahkan menggunakan sabun colek. Selain sangat bisa merusak cat mobil, kadar pH dari sabun tersebut juga berbeda dengan yang khusus untuk mobil. Akan lebih baik lagi kalau Carmudian menggunakan sabun mobil yang sudah dilengkapi dengan wax. Sehingga akan membuat mobil menjadi kilap setelah dicuci.

  • Keringkan dengan Microfiber

Usai dicuci bersih, akan lebih baik lagi jika mobil tersebut dikeringkan memakai lap microfiber. Lap microfiber sendiri kerap digunakan oleh jasa salon-salon mobil maupun rumah jasa detailing. Hal ini dikarenakan lap microfiber mempunyai lapisan yang lembut dan diklaim tidak akan merusak cat pada mobil. Lap microfiber ini juga dapat menyerap kadar air yang lebih baik dibandingkan dengan lap chamois atau kanebo.

Penggunaan microfiber ini dilakukan usai mencuci bersih mobil. Jika tidak ada lap microfiber bisa menggunakan kanebo dengan sedikit catatan.

cara poles mobil sendiri di rumah
Memoles mobil sendiri di rumah. (Foto: polishingcar)

Gunakan dua kanebo dan siapkan air bersih di ember kecil. Kanebo yang sudah digunakan untuk mengelap permukaan cat bodi mobill dibilas menggunakan air bersih yang sudah disediakan. Jangan menggunakan kanebo sejak awal pengeringan hingga akhir tanpa dibilas. Dengan menggunakan 2 kanebo, kamu bisa mengupayakan agar kanebo tetap bersih. Kanebo yang bersih akan mengurangi risiko cat menjadi tergores (swirl mark).

  • Siapkan Alat Poles dan Wax

Sebelum memulai memoles mobil, siapkan dulu alat poles khusus memoles bodi mobil dan juga wax. Untuk poles mobil sendiri di rumah, cukup memakai wax saja untuk mendapatkan hasil yang cukup baik. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, bisa menggunakan kompon dengan tingkat kekerasan soft atau medium. Sebelum melakukan poles dilakukan, pastikan tidak ada debu yang menempel pada bodi mobil terlebih dulu.

cara poles mobil sendiri di rumah
Proses waxing pada mobil. (Foto: waxing car)

Cara Poles Mobil di Rumah dengan Tangan Secara Manual

Dalam tahap pemolesan, ada dua cara yang bisa digunakan. Yakni memakai tangan dengan cara manual dan juga memakai mesin poles khusus mobil. Nah, kalau tidak ada mesin poles, pastikan Carmudian sudah makan, ya, supaya mata tidak kunang-kunang karena kelaparan, hehehe…

Memoles menggunakan tangan akan membutuhkan waktu dan tenaga yang sangat besar. Kalau Carmudian masih mau nekat poles mobil di rumah lakukan secara berurutan untuk hasil yang lebih maksimal. Mulai dari bagian panel samping depan kanan atau kiri. Lanjutkan ke pintu depan, pintu samping, dan panel samping bagian belakang.

Lakukanlah dengan cara mengoleskan cairan wax sedikit demi sedikit hingga merata. Setelah merata, gunakan kain microfiber bersih untuk memoles cairan yang sudah menempel di bodi mobil tersebut. Lakukan pemolesan dengan cara memutar secara berulang-ulang.

cara poles mobil sendiri di rumah
Poles mobil sendiri di rumah. (Foto: isuzu autotara)

Setelah dirasa cukup, Carmudian bisa melanjutkan ke area lain yang akan dipoles. Salah satu kerugian terbesar poles mobil dengan cara manual adalah pundak dan punggung akan terasa sangat pegal seperti habis mengangkat karung beras. Kekurangan lainnya yang terjadi biasanya hasil pemolesan kurang merata dan kurang maksimal. Untuk menghabiskan seluruh bodi mobil dipoles dengan sempurna memakai tangan, paling tidak membutuhkan waktu 2-4 jam tergantung pengerjaan dan ukuran mobil itu sendiri.

Cara Poles Mobil di Rumah Pakai Mesin

Bagi mereka yang memiliki alat poles mobil di rumahnya, lakukanlah seperti cara yang juga digunakan pada metode pemolesan manual. Mulailah dari bagian yang termudah dulu, seperti di sisi samping mobil. Karena hanya memakai wax, gunakan kecepatan yang terendah dahulu untuk saat pertama kali. Setelah itu naikkan kecepatan secara perlahan ke tahap medium.

Bagi Carmudian yang poles mobil di rumah menggunakan mesin, perhatikan beberapa hal berikut.

Pastikan busa untuk poles mobil sesuai dengan peruntukkannya. Busa poles mobil terdiri dari beberapa model; busa kontur rata, busa kontur bergelombang, busa rata dengan ketebalan agak keras, dan busa yang terbuat dari bulu.

Gunakan model busa yang rata dan pastikan pada saat memoles posisi mesin poles harus rata dan tidak miring. Jika miring, maka bisa berakibat pada rusaknya cat; bergelombang atau malah terkikis.

cara poles mobil sendiri di rumah
Memoles mobil memakai mesin poles. (Foto: washmenow)

Pada saat memoles memakai mesin, usahakan tidak terlalu lama agar tidak merusak lapisan cat. Selain itu, pastikan untuk sedikit menekan alat poles agar lebih maksimal. Usahakan tidak terlalu menekan, karena jika terlalu ditekan kencang juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada panel bodi mobilnya. Wax yang khusus untuk mobil juga tersedia di pasaran. Harganya bervariasi tergantung merek dan ukuran botol yang ditawarkan.

Itu tadi beberapa langkah untuk poles mobil sendiri di rumah. Poles mobil bisa jadi kegiatan alternatif yang memakan waktu dan menyenangkan. Setidaknya menyenangkan bagi mereka yang memang senang menghabiskan waktu bersama mobil. Bagi sebagian orang, poles mobil sendiri di rumah adalah kegiatan yang menyebalkan dan melelahkan. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mencobanya, Carmudian.

cara poles mobil sendiri di rumah
Memoles di salon mobil. (Foto: shopback)

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kenali Italian Tune Up, Bisa Dilakukan Saat WFH

Previous post
IIMS 2020 Batal, Suzuki Indonesia Luncurkan Mobil Baru Secara Digital
Xpander
Next post
Beli Xpander Sekarang, Nikmati Penawaran Menarik dari Mitsubishi