Berita

Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Tren Penurunan Penjualan Mobil

Penjualan Mobil Honda Brio

Penjualan mobil Honda Brio sangat tinggi dibanding model lain (Foto/Ist)

Jakarta – Berkat Brio, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM mobil Honda di Indonesia berhasil melalui 2020 dengan capaian pejualan kendaraan yang cukup mengesankan.

Brio menjadi penyumbang tertinggi penjualan Honda secara nasional di tengah tren penurunan penjualan mobil, akibat dampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan data penjualan HPM, mobil Honda yang terjual sepanjang 2020 sebanyak 79.451 unit. Angka tersebut turun drastis bila dibandingkan dengan penjualan 2019 sebelum adanya pandemi Covid-19 yang mencapai 149.439 mobil.

Meski demikian, Honda mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan bulanan positif secara berturut-turut sejak Mei hingga Desember 2020.

Penyumbang terbesar penjualan mobil Honda sepanjang tahun lalu datang dari Brio dengan total penjualan sebesar 43.021 unit.

Capaian tersebut terbagi dalam dua tipe Brio, sebanyak 31.713 unit diraih oleh mobil Honda Brio Satya, sedangkan Brio RS mengumpulkan penjualan sebanyak 11.308 unit.

Penjualan Mobil Honda Brio

Konsumsi BBM Honda Brio rata-rata di atas 21 km per liter (Foto: Honda)

Secara keseluruhan, kedua tipe mobil Honda Brio tersebut telah memberikan kontribusi sebesar 54% dari total penjualan Honda selama periode yang sama.

Selain Brio, model lain yang juga memberikan kontribusi adalah Honda HR-V 1.5L dengan penjualan sebanyak 11.936 unit. Sedangkan Honda Mobilio sebanyak 6.889 unit, Honda Jazz 6.533 unit, Honda CR-V terjual sebanyak 5.759 unit.

Model-model Honda lain yang turut menyumbang penjualan pada 2020 terdiri dari Honda BR-V sebanyak 2.289 unit, Honda Civic Hatchback 1.053 unit, dan Honda HR-V 1.8L 917 unit.

Sementara itu, Honda Civic sedan telah terjual sebanyak 444 unit, Honda Accord 248 unit, Honda City 235 unit, Honda Odyssey 120 unit, dan Honda Civic Type R 7 unit.

“Penjualan Honda di 2020 memang sejalan dengan kondisi pasar yang turun sebagai dampak dari pandemi dan kondisi ekonomi di Indonesia. Meskipun demikian, tren pertumbuhan penjualan positif di 7 bulan terakhir merupakan modal yang baik untuk memasuki 2021,” ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, dalam keterangan resminya, Senin (18/1/2021).

“Di tahun ini, kami tetap akan fokus menjaga penetrasi di tengah kondisi pasar yang belum stabil. Sambil tetap berupaya menghadirkan program penjualan yang meringankan konsumen untuk melakukan pembelian,” lanjutnya.

mobil honda

HR-V (Foto HPM)

Program Penjualan Awal Tahun

Demi meningkatkan penjualan mobil Honda di awal tahun, HPM menyelenggarakan program penjualan kepada konsumen yang berlangsung mulai Januari sampai Maret 2021.

Pada program ini, konsumen yang melakukan pembelian mobil Honda akan mendapatkan berbagai keuntungan tambahan.

Konsumen yang melakukan pembelian Mobilio, BR-V, HR-V, dan Honda CR-V akan mendapatkan voucher Sport Utilities hingga Rp7 juta. HPM juga memberikan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun) khusus pembelian Mobilio, BR-V, Jazz, dan CR-V.

Bagi konsumen loyalis, akademis, dan pekerja medis yang melakukan pembelian Brio dan HR-V berkesempatan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala 4 tahun.

mobil baru

Booth Honda di GIIAS 2017 menampilkan jajaran mobil baru (Foto: Carmudi)

Untuk setiap pembelian Brio, Mobilio, BR-V, Accord, Odyssey, Civic Turbo, Civic Hatchback RS, dan City akan mendapatkan Honda Healthy Package.

Pada program ini, konsumen dapat melakukan pembelian secara online maupun pembelian langsung pada dealer resmi Honda.

HPM juga memberikan kemudahan kepada perusahaan atau karyawan yang menggunakan fasilitas Car Ownership Program (COP) yang ingin melakukan pembelian mobil Honda tipe tertentu akan mendapatkan Fleet Sales Package hingga Rp 15 juta.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts