Home » Berita » Brio Masih Jadi Mobil Honda Paling Laris

Brio Masih Jadi Mobil Honda Paling Laris

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Jakarta – Di tengah pasar otomotif yang masih belum stabil serta ditambah lagi dengan wabah virus corona di Indonesia membuat penjualan mobil mengalami perlambatan. Meski demikian, di satu sisi ada yang tersenyum lebar karena satu dari mobil yang dipasarkan meraih catatan penjualan positif.  Ya, PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda berhasil membukukan penjualan Brio sebanyak 6.085 unit sepanjang Februari 2020.

Honda mengklaim Brio tercatat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi di antara semua mobil yang dijual di Indonesia. Dari total penjualan Honda Brio selama sebulan, sekira 4.701 unit disumbang dari Brio Satya. Sementara sisanya sebanyak 1.384 unit berasal dari penjualan Brio RS.

Bila ditotal selama dua bulan terakhir (Januari-Februari) Honda Brio telah meraih penjualan 11.730 unit. Jumlah tersebut meningkat sebesar 13% dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu.

“Penjualan Honda Brio menjadi pendorong positif kinerja Honda di tengah-tengah kondisi pasar yang masih belum stabil di awal tahun ini. Saat ini kami juga melakukan monitoring dari hari ke hari untuk menanggapi kondisi terkini terkait kondisi pasar, untuk memastikan permintaan konsumen terhadap produk-produk Honda, termasuk untuk Honda Brio tetap terpenuhi.” ungkap Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM dalam keretangan resminya.

Selain menjadi tulang punggung sekaligus mobil terlaris, Honda Brio juga menjadi market leader di kelasnya masing-masing. Sepanjang Januari hingga Februari, Honda Brio Satya meraih pangsa pasar 27% di kelas Low Cost Green Car (LCGC), dengan total penjualan 9.048 unit. Sementara Honda Brio RS menguasai kelas City Car dengan pangsa pasar mencapai 63%, dengan total penjualan 2.682 unit.

Penjualan Mobil Honda di Luar Pulau Jawa

Penjualan retail mobil Honda di luar Pulau Jawa periode Januari-Februari mengalami pertumbuhan sebesar 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Pasar di luar Pulau Jawa menyumbangkan kontribusi tertinggi, yaitu sebesar 34% atau sebanyak 8.290 unit dari total 24.518 unit penjualan mobil Honda di Indonesia selama dua bulan. Adapun pertumbuhan terbesar datang dari wilayah Sumatera sebesar 20% dibanding 2019.

mobil honda paling laris
HR-V menjadi mobil Honda terlaris kedua di Indonesia (Foto HPM)

Selain di Sumatera, penjualan mobil Honda di wilayah Kalimantan juga meningkat 17% dibanding tahun lalu. Sementara pasar di Sulawesi, Maluku, dan Papua masing-masing mengalami pertumbuhan 13% dan 14% pada awal 2020.

Kontribusi terbesar untuk penjualan Honda masih datang dari Honda Brio Satya yang sebanyak 9.049 unit, diikuti oleh Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan sebanyak 4.223 unit, Honda Mobilio 2.886 unit, dan Honda Brio RS 2.681 unit.

Honda Jazz juga turut menopang penjualan 2.051 unit, disusul oleh Honda CR-V sebanyak 2.041 unit, Honda BR-V sebanyak 828 unit, Honda HR-V 1.8L sebanyak 348 unit dan Honda Civic Hatchback 209 unit. Sementara itu, Honda Civic Sedan terjual 100 unit, Honda City 61 unit, Honda Accord 34 unit, Honda Odyssey 9 unit, dan Honda Civic Type R 1 unit.

 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana/Dimas

Baca Juga:

Daihatsu Jamin Layanan Diler dan Bengkel Tetap Berjalan di Tengah Wabah Virus Corona

Previous post
Daihatsu Jamin Layanan Diler dan Bengkel Tetap Berjalan di Tengah Wabah Virus Corona
Next post
Ada Virus Corona, DFSK Tegaskan Produksi Mobil di Banten Tidak terganggu