Home » Berita » Brosur Toyota Sienta Facelift Sudah Beredar, Apa Saja yang Disegarkan?

Brosur Toyota Sienta Facelift Sudah Beredar, Apa Saja yang Disegarkan?

Brosur Toyota Sienta Facelift (Foto: Indianautosblog)

Tokyo – Toyota terakhir kali melakukan penyegaran terhadap Sienta pada 2015 di Jepang. Setelah bertahan selama tiga tahun, akhirnya Toyota di Negeri Sakura memutuskan untuk kembali menyegarkan Sienta.

Belum resmi diluncurkan, brosur Toyota Sienta facelift sudah beredar di internet. Dari brosur berbahasa Jepang itu terungkap Sienta model 2019 akan datang dengan sejumlah pembaruan di bagian eksterior dan interior.

Diberitakan salah satu media di Jepang yang dikutip ulang Indianautosblog, Toyota Sienta facelift memiliki sedikit perubahan pada bagian eksterior. Kini mobil keluarga itu punya kisi-kisi gril dengan tampilan baru, membuat mobil terkesan mewah. Perubahan lainnya meliputi bumper yang direvisi dan aksen baru pada headlamp.

Dilaporkan pula bahwa Toyota akan memasangkan lampu utama LED sebagai fitur standar. Bagian lain yang berubah yaitu velg dan grafis lampu belakang.

Melangkah ke bagian kabin, Toyota memasangkan Multi Information Display (MID) dan sistem hiburan terbaru, bersama dengan beberapa fitur tambahan yang diyakini dapat menambah kenyamanan penumpang.

Toyota juga menambahkan fitur Toyota Safety Sense (TSS). TSS adalah sebuah sistem yang dapat mencegah kecelakaan dengan membantu mendeteksi pejalan kaki pada waktu siang dan malam, serta pengendara sepeda di depan kendaraan saat siang hari.

Toyota Sienta facelift tidak mengalami perubahan dari segi performa. Sienta untuk pasar Jepang masih menawarkan mesin bensin dan hybrid. Untuk mesin bensin tersedia dua pilihan yaitu 1NZ-FE 1,5 liter dengan sistem penggerak empat roda (4WD) bertenaga 103 PS dan torsi puncak 132 Nm.

Sedangkan Sienta dengan sistem penggerak dua roda dibekali mesin 2NR-FKE 1.5 liter. Mesin ini mengeluarkan tenaga sekuat 109 PS dan torsi puncak 136 Nm.

Sementara Sienta dengan sistem hybrid dibekali mesin bensin 1NZ-FXE 1.5 liter bertenaga 74 PS dan torsi 111 Nm. Sistem penggeraknya dua roda. Mesin ini dihubungkan ke motor listrik 2LM dengan kemampuan mengeluarkan daya sekuat 61 PS dan torsi 169 Nm.

Toyota Sienta Facelift di Jepang Tidak Ada Hubungannya dengan Indonesia

Di Indonesia, Toyota Sienta diluncurkan di IIMS 2016. Penerimaan pasar terhadap mobil berpintu geser itu kurang begitu cemerlang. Mungkin salah satu strategi yang harus dijalankan oleh Toyota supaya menumbuhkan penjualan Sienta adalah dengan melakukan penyegaran. Meski di Jepang versi facelift-nya sudah pasti meluncur, tapi di pasar Indonesia justru belum ada kejelasan.

General Manager Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto pernah mengatakan bahwa Sienta di Indonesia tidak ada hubungannya dengan peluncuran model serupa di beda negara.

“Kami tentu tidak akan langsung mengikuti tren dengan meluncurkan model baru hanya karena di Jepang mau melakukannya,” sanggah Soerjopranoto. “Pokoknya akan ada kejutan dari Toyota. Tunggu saja”, tegasnya.

Kiprah Sienta di pasar Indonesia mendapat sambutan yang terbilang kurang. Tahun lalu saja berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Toyota hanya mengirim sebanyak 14.968 Sienta ke dealer.

Brosur Toyota Sienta Facelift di Jepang (Foto: Indianautosblog)

Padahal Sienta bermain sendiri di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan pintu geser. Sebelumnya ada Honda Freed, tapi pada 2016 penjualannya sudah dihentikan PT Honda Prospect Motor (HPM). (dna)

Suzuki GSX 150 Bandit
Previous post
Suzuki GSX150 Bandit Isi Celah Naked Sports Bike Kelas 150 cc
helm pakai ac
Next post
Helm Pakai AC, Bikin Adem Kepala Bikers Saat Berkendara di Musim Panas