Tips dan Trik

Bukan Cuma Oli, Mengganti Minyak Rem Secara Berkala Juga Wajib!

Beberapa komponen pada mobil yang sifatnya cair wajib diganti berkala. Penggantian bisa berdasarkan usia pemakaian atau jarak tempuh yang sudah dilalui oleh mobil.

Beberapa komponen yang berbentuk cair adalah oli mesin, oli gardan, oli transmisi dan yang sering dilupakan adalah minyak rem. Mungkin banyak yang tidak sadar mengganti minyak rem secara berkala ternyata penting.

Pasalnya cairan satu ini perannya tak kalah penting seperti oli mesin, sebab berurusan dengan sistem pengereman.

cairan mobil

Minyak rem tak bisa sembarangan ganti

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan jika penggantian minyak rem umumnya lama.

“Kalau mau mengganti minyak rem bisa dikuras total, jangka waktunya itu lama bisa 40 ribu km sekali atau 3 tahun sekali,” katanya.

Ini bertujuan agar memastikan minyak di pengereman ini tetap baik performanya. Seiring pemakaian, bagian dalam minyak rem bisa kemasukan air lewat yap yang dihasilkan dari pengereman.

Air ini bisa mengganggu sistem pengereman, efeknya berpotensi membahayakan pengemudi. Penting untuk menggantinya secara berkala.

Cara kerja rem hidrolik mengganti minyak rem

Cara kerja rem hidrolik (Foto: Google)

“Kalau tidak diganti, bisa ada udara yang masuk ke sistem pengereman atau sering disebut masuk angin. Itu harus dibuang dulu anginnya, kalau tidak remnya kadang suka loss,” sambungnya.

Dalam teori, loss ini disebut Vapor Lock. Pengemudi yang mengalami hal ini, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

Didi juga mengingatkan jika saat mengganti minyak rem pastikan spesifikasinya sesuai yang dibutuhkan mobil. Beberapa mobil ada yang memakai spesifikasi DOT3, DOT4, dan DOT5.

“Usahakan pakai DOT yang sesuai, kalau tidak tahu bisa tanya ke bengkel atau baca manual book,” pungkasnya.

Rem mobil overheat

Hindari mengerem secara mendadak saat hujan (Foto: Ist)

Sistem pengereman merupakan bagian yang tak boleh dikompromi, sebab urusannya langsung kepada nyawa pengemudi.

Penting secara berkala memeriksa kondisi sistem pengereman, terutama minyak rem untuk mobil yang sudah lebih dari 3 tahun. Jangan sampai minyak rem berkurang atau habis.

Biasanya biaya untuk mengganti minyak rem di bengkel cukup murah, sekitar Rp150 ribuan sampai Rp350 ribuan sudah termasuk minyak rem. Yuk, lebih peduli lagi dengan komponen satu ini.

Baca Juga:

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts