Home » Berita » Bukan Gara-gara Bermasalah di Filipina, Ini Penyebab Wholesales Xpander Merosot

Bukan Gara-gara Bermasalah di Filipina, Ini Penyebab Wholesales Xpander Merosot

mobil lmpv
Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Tangerang – Mitsubishi Xpander tidak hanya dipasarkan di Indonesia saja, tapi juga dikirim ke luar negeri. Sebut saja satu di antaranya Filipina. Sama seperti di Tanah Air, Mitsubishi Xpander mendapat sambutan positif di sana. Tapi baru-baru ini mobil keluarga itu sedikit tercoreng karena banyak pelanggan yang mengeluhkan mesin mati mendadak. Beruntung keluhan tersebut langsung direspons oleh pihak Mitsubishi. Saat ini produsen berlogo tiga berlian itu tengah melakukan pengecekan sekaligus investigasi mendalam untuk mencari solusi dari masalah yang dirasakan oleh pelanggan.

Lantas bagaimana dengan Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Indonesia? Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Michimasa Kono mnjawab untuk saat ini pihaknya belum menerima keluhan serupa dari pelanggan.

“Kami belum menemukan kasus yang sama di dalam negeri. Akan tetapi kami sedang melakukan invetigasi. Kalau pelanggan ada yang merasa perlu mobilnya di cek silahkan hubungi dealer resmi,” kata Kono, di Cikokol, Tangerang Selasa (29/5/2019).

Sementara itu, ketika disinggung soal distribusi Mitsubishi Xpander dari pabrik ke dealer (wholesales) di pasar domestik yang mengalami penurunan cukup siginifikan karena permasalahan di Filipina, Kono membantahnya. Dirinya menyebut penurunan angka wholesales lebih kepada situasi politik di dalam negeri, di mana kebanyakan orang memilih wait and see. Di samping itu juga disebabkan oleh penutupan tahun fiskal.

“Karena pemilu di Indonesia berimbas pada bisnis kami. Jadi konsumen menunggu dan melihat situasi. Setelah pemilu kami harapkan naik kembali. Kami punya fiscal year closing di Maret. Tapi untuk permintaan (Xpander) dari konsumen tetap stabil,” terang Kono.

Wholesales Mitsubishi Xpander

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat angka wholesales Mitsubishi Xpander pada Maret 2019 sebanyak 8.115 unit. Sedangkan di April 2019 angkanya merosot cukup tajam menjadi 3.572 unit.

Tidak hanya Xpander, rupanya pemilu juga membuat total angka penjualan kendaraan Mitsubishi anjlok di April 2019. Berdasarkan catatan Gaikindo, Mitsubishi mendistribusikan produknya ke dealer sebanyak 13.164 unit pada Maret. Angka itu turun sekira 40,5 persen di April atau menjadi 7.832 unit. Sedangkan dari sisi penjualan ke konsumen (retail sales) juga mengalami penurunan. Dari 11.686 unit di Maret menjadi hanya 10.558 unit dibulan berikutnya atau turun sekira 9,7 persen. (dol)

Previous post
Jalur Tol Trans Jawa Diprediksi Padat, Ini Alternatifnya
Mudik Lebaran
Next post
Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Asuransikan Kendaraan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *