Berita

Bukan ke Indonesia, Suzuki Jimny Buatan India Dikirim ke Amerika Latin

Suzuki Jimny India

Suzuki Jimny buatan India diekspor ke Amerika Latin (Foto: Suzuki)

New Delhi – Maruti Suzuki India dipercaya oleh Suzuki Motor Corporation untuk memproduksi Jimny tiga pintu.

Kini mobil mini SUV berpenggerak 4×4 ini telah diproduksi di pabrik Gurgaon di India.

Bahkan pihak Maruti mulai mengekspor Jimny ke beberapa negara, Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Maruti Suzuki India baru saja mengapalkan Suzuki Jimny tiga pintu sebanyak 184 unit dari pelabuhan Mundrake ke negara-negara Amerika Latin seperti Kolombia dan Peru.

Selain itu, nantinya Suzuki Jimny buatan India juga akan diekspor ke Timur Tengah dan Afrika.

Suzuki Motor Corporation sengaja memberikan kesempatan kepada Maruti untuk ikut memproduksi sekaligus menjadi basis produksi dari Jimny.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kuota produksi seiring permintaan pelanggan di seluruh dunia yang sangat tinggi dan jauh melebihi kapasitas produksi di pabrik Suzuki Jepang.

Jimny akan memenuhi permintaan pelanggan di seluruh dunia. Jimny yang diproduksi di pabrik Gurugram Maruti Suzuki memiliki spesifikasi yang sama dengan model ekspor yang diproduksi di pabrik Kosai Suzuki Motor Corporation di Jepang. Kami yakin dengan Jimny kami akan dapat meningkatkan ekspor kami secara keseluruhan,” ungkap Kenichi Ayukawa, Managing Director & CEO, Maruti Suzuki India Limited, dalam keterangan resminya, Rabu (20/1/2021).

Suzuki Indonesia Sempat Tak Yakin Jimny Diproduksi di India

Suzuki Jimny India

Suzuki Jimny tiga pintu mulai dirakit di India (Foto: Indianautosblog)

Banyak media di India menyebutkan produksi Jimny akan dilakukan di India pada Oktober 2020. Lokasi perakitannya berada di pabrik Sanand, Gujarat, India.

Mendengar rumor tersebut, Donny Saputra, Marketing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menanggapinya dengan santai. Menurut dia, informasi mengenai Jimny produksi di India tidak sepenuhnya benar.

“Selama informasi itu bukan datang atau dikeluarkan resmi oleh Suzuki Motor Corporation di Jepang, maka kami tidak bisa mengonfirmasikan kebenarannya,” kata Donny, belum lama ini.

Dirinya menambahkan, tidak ada larangan bagi media di India menceritakan dan menyebarkan hal tersebut. Namun dari pihak Suzuki sendiri tidak bisa berandai-andai bila mobil legendaris itu diproduksi di India.

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny (Foto: Carmudi)

“Semoga Suzuki Jimny tidak produksi di India. Saya juga enggak bisa ngomong bahwa Suzuki Jimny bakal diproduksi di Indonesia,” tutur Donny.

Seperti diketahui, Jimny masuk Indonesia pada Juli 2019. Saking membudaknya pesanan di tambah masa tunggu yang amat panjang, maka PT SIS terpaksa menutup keran pemesanan pada September 2019.

Jimny tersedia dalam dua varian, yaitu single tone dan dual tone. Varian single tone memiliki satu warna sama pada bodi dan atapnya. Sedangkan varian dual tone memiliki warna yang berbeda di bodi dan atapnya.

Jimny menggunakan mesin 1.500, 4 silinder bertenaga 102 HP dengan torsi maksimal 130 Nm. Transmisi yang ditawarkan ada dua, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mobil ini dibekali dengan konfigurasi penggerak 4×4 dengan mode 2H, 4H dan 4L. Fitur Hill Hold Control, Hill Descent Control serta 3 Link Rigid Axle menjadi fitur andalannya. Ground clearance-nya pun cukup tinggi, mencapai 210 mm dengan radius putar 4,9 meter.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts