Tips dan Trik

Bulan Depan Ada Diskon PPnBM, Begini Cara Cermat Membeli Mobil Baru

Membeli Mobil Baru

Bulan depan waktu yang tepat membeli mobil baru karena ada diskon PPnBM (Foto: Honda)

Jakarta – Bulan depan adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Sebab dapat dipastikan harga mobil baru sedikit lebih murah ketimbang sebelum mendapat insentif penurunan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) atau diskon pajak.

Diperkirakan banyak konsumen yang akan membeli mobil baru dengan memanfaatkan diskon PPnBM sebesar 100% selama tiga bulan pertama terhitung mulai Maret sampai Mei 2021.

Kendati sudah ada diskon PPnBM, tapi diperlukan pertimbangan secara matang pada saat ingin membeli mobil. Sebab, membeli mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga konsumen harus lebih cermat.

Hal Penting Saat Membeli Mobil Baru

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil baru:

Baca Juga:

Tentukan Bujet

Saat mencari mobil, hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan berapa bujet maksimal yang dimiliki untuk membeli mobil. Selain itu, konsumen juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan.

Sebagai contoh, apabila konsumen seorang mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris lebih cocok untuk digunakan sehari-hari.

Jangan malas untuk mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria di situs web resmi.

Bila perlu datang ke diler resmi untuk melihat mobil secara langsung dan melakukan test drive. Dengan begitu konsumen dapat memutuskan mana mobil yang terbaik untuk dimiliki.

Membeli mobil baru

Iluastrasi membeli mobil (Foto: Cratedwithlove)

Cermati Skema Pembiayaan

Konsumen wajib mempertimbangkan biaya pembelian mobil dengan mempelajari skema pembiayaan yang ditawarkan oleh diler.

Bila membeli mobil secara kredit, pilihlah leasing atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan besaran bunga rendah.

Konsumen juga dapat bertanya kepada sales di dier resmi untuk mendapatkan rekomendasi leasing yang tepat.

Program Penjualan

Konsumen juga perlu mencermati program penjualan yang sedang ditawarkan diler resmi. Program penjualan yang ditawarkan biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya.

Pilihlah program penjualan yang sekiranya tepat bagi Anda, supaya terasa lebih ringan ketika membayar cicilan dan menguntungkan bagi konsumen.

Honda Mobilio

Honda Mobilio terakhir meluncur versi terbarunya pada 2019 (Foto: Carmudi)

Biaya Perawatan

Faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan dalam membeli mobil adalah layanan purnajual.

Bagi Anda yang yang baru pertama kali membeli mobil kemudahan dan biaya yang ringan untuk perawatan kendaraan tentu menjadi pertimbangan penting.

Hal tersebut karena konsumen perlu memastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman.

Kemudian, konsumen juga perlu memperhatikan besaran biaya perawatan selama memiliki mobil.

Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil.

Harga Jual Kembali

Harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil baru.

Seiring berjalannya waktu konsumen mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain, sehingga harga jual kembali mobil menjadi penting.

Baca Juga:

Penjualan mobil bekas

Gara-gara wacana pajak mobil baru 0 persen, penjualan mobil bekas turun (Foto: Carsentro)

Tidak sedikit konsumen yang berharap harga jual kembali mobilnya tinggi atau tidak terlalu turun jauh dari harga awal sewaktu dibeli.

Konsumen dapat melakukan pengecekan harga mobil bekas secara online maupun offline. Sehingga dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli.

Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan diler akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts