Berita

Buntut Patah As Roda, Chery Investigasi Ratusan Unit Omoda 5

Jakarta – Buntut dari ramainya kejadian Chery Omoda 5 yang mengalami patah as roda di Malaysia membuat PT Chery Sales Indonesia (CSI) melakukan investigasi.

Pada siaran resmi yang Carmudi terima, Senin (13/5/2024) CSI mengaku telah menerima hasil investigasi dari Chery International yang dilakukan secara mendalam.

Investigasi tersebut dilakukan terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda yang terdampak dari pembaruan fasilitas manufaktur di waktu tertentu.

Baca juga: Chery Omoda E5 Melantai di PEVS 2024, ‘Harga Spesial’ Masih Ada

As Roda chery

As roda Chery Omoda 5 Patah (Foto: Paultan)

Menurut hasil investigasi tersebut, kejadian yang dialami oleh konsumen Chery Omoda 5 yang patah as roda di Malaysia sangat jarang terjadi.

Untuk menanggulangi hal tersebut, Chery Indonesia turut memanggil 420 unit Omoda 5 yang terdiri dari tipe Z dan RZ milik konsumen yang berpotensi terdampak di Indonesia.

“Namun, demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T (Z dan RZ) yang berpotensi terdampak di Indonesia,” tulis Chery dalam keterangan resminya.

Ratusan unit yang terdampak ini diidentifikasi berdasarkan nomor rangka kendaraan. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya potensi bermasalah, maka akan dilakukan penggantian suku cadang.

“Adanya potensi dari permasalahan yang dimaksud, maka akan dilakukan pergantian suku cadang tanpa dikenakan biaya,” sambung pernyataan tersebut.

Merek asal China tersebut juga mengklaim jika masalah yang dialami oleh Omoda 5 1.5T ini tidak berdampak pada model lain yang dijual di Indonesia.

investigasi chery

Chery Omoda 5

Baca juga: Omoda dan Jaecoo Pikat Perhatian Para Pejabat Global

“Kami pastikan hanya berlaku untuk 420 unit Omoda 5 1.5T dan masalah ini tidak berdampak pada produk Chery yang lain,” tegas merek yang bermarkas di Wuhu, China ini.

Para pemilik kendaraan yang merasa khawatir bisa menghubungi Chery call center di nomor 0800-1797-979 untuk melakukan pengecekan.

Adanya investigasi tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dalam memastikan keamanan dan keselamatan konsumen yang ada di Indonesia.

Kasus patahnya as roda pada Chery Omoda 5 pertama kali ditemukan di Malaysia pada akhir April 2024 lalu.

Seorang pemilik membagikan insiden tersebut yang kemudian langsung menjadi viral di kalangan netizen Malaysia dan Indonesia.

Atas kejadian ini, Chery Malaysia langsung menyelidiki dan menemukan adanya kesalahan produksi dari pemasok.

Mesin pada sistem pengelasan otomatis milik vendor mengalami kerusakan dan bagian ujung lasnya diganti.

investigasi chery

Chery Omoda 5 GT

Baca juga: SUV Listrik Terbaru Chery Ini Dijual Paruh Kedua 2024

Namun, perangkat tersebut dikabarkan belum dikalibrasi ulang sehingga sistem pengelasan pada produksi berikutnya menjadi tidak sempurna.

Di Malaysia, tercatat ada 600 unit Omoda 5 yang diproduksi antara 14 hingga 17 Agustus 2023 ditarik untuk perbaikan.

Chery percaya jika hanya ada 60 unit yang sangat mungkin terdampak oleh masalah ini.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts