Home » Reviews » C180 dan Vito, Dua Jagoan Baru Mercedes-Benz Indonesia di Tahun 2020

C180 dan Vito, Dua Jagoan Baru Mercedes-Benz Indonesia di Tahun 2020

Mercedes-Benz C180 kembali dengan segudang fitur mewah, dengan desain mengadopsi E-Class dan S-Class

Jakarta – Mengawali 2020, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) meluncurkan dua model terbaru sekaligus yakni C180 dan Vito Business. Kedua model ini mengisi segmentasi yang berbeda, C180 hadir sebagai sedan kompak entry level dan Vito merupakan minibus untuk tujuh penumpang. Kembalinya C180 alias CIBO ini cukup dinanti setelah absen selama bertahun-tahun di Indonesia.

CIBO ini sempat mengalami pasang surut pada seri W204 dan W205. Seri C-Class W204 diluncurkan pada 2008, namun C180 baru masuk Indonesia pada 2011 sebanyak 80 unit saja. Nasibnya tak lebih baik setelah era W205, karena CIBO baru diluncurkan di Indonesia nyaris lima tahun setelah seri-seri C-Class lain meluncur terlebih dahulu.

C 180 kini diharapkan melengkapi kesuksesan line-up kendaraan C-Class di Indonesia. Sedan ini dirakit secara lokal di pabrik Mercedes-Benz yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. C 180 dibekali mesin empat silinder turbo M264, berkapasitas 1,5 liter. Tenaga yang dihasilkan lumayan besar, yaitu 156 Hp dan torsi 250 Nm dengan dukungan transmisi otomatis 9 percepatan 9G-Tronic.

C180 hadir dalam trim Avantgarde Line, meskipun harganya lebih murah namun kemewahan dan fitur khas Mercedes-Benz tetap tersedia pada C180. Soal desain, pabrikan asal Stuttgart ini kini tidak mau repot. Gaya dan lekuk tubuh C-Class C180 mengadopsi style Sonderklasse alias S-Class atau E-Class.

Model lainnya yaitu Vito Business hadir menawarkan suatu kemewahan dan kustomisasi interior dalam sebuah van. Kabinnya bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan pemiliknya. Kustomisasi ini dilakukan oleh Lombardi, perusahaan spesialis interior lokal.

Pada versi standar, kursi penumpang tengah memakai sepasang captain seat. Terdapat tablebag atau meja lipat yang bisa kita gunakan sebagai tempat laptop atau makanan yang bisa diatur manual. Sementara itu kursi belakang bagian sandarannya bisa direbahkan hingga nyaris rata dan menjadi kasur.

C180, Sedan Murah Mercedes-Benz Bergaya mewah

C180 hadir sebagai tipe termurah dalam keluarga C-Class yang dijual seharga Rp759 juta (off the road) atau Rp883 juta (OTR Jakarta). Seperti era lampau W202, C180 menjadi pilihan menarik bagi para konsumen yang inginkan karakter dan karisma dari sedan klasik Mercedes-Benz. Sebab, sedan ini dijual dengan harga terjangkau.

Desain bumper depan C180 begitu khas Avantgarde, berikut gril dengan dua kisi-kisi tebal. Desain headlamp mirip seperti S-Class dengan LED berbentuk alis untuk DRL sekaligus lampu sein.

Mercedes-Benz Indonesia kini menjadikan C180 sebagai varian tetap dalam keluarga W205. Setidaknya nasib CIBO kali ini membaik, tidak seperti era W204 yang kalah pamor dan dijual terbatas.

Mercedes-Benz C180, Versi Ekonomis C200

Dengan selisih hampir Rp110 jutaan dari C200, C180 jadi pilihan menarik bagi masyarakat yang ingin merasakan kenyamanan sedan Eropa bermerek Mercedes-Benz. Kini, C200 dijual dengan harga Rp990 juta (OTR Jakarta) untuk trim Avantgarde Line. Secara spesifikasi dan fitur, pastinya C180 tidak selengkap C200 tapi sudah sangat layak di segmen sedan kompak premium.

Desain antara keduanya pun mirip, bahkan fascia depan C180 tampak identik dengan C200. Teknologi headlamp LED High Performance juga hadir pada C180. Perbedaan pada C180 tidak dilengkapi sensor parkir, karena digantikan dengan kamera belakang untuk memudahkan manuver saat parkir.

Penampilan eksterior CIBO pun lebih sporty karena mengadopsi pelek 17 inci dengan desain palang bintang milik A-Class. Di bagian bawah bumper belakang terdapat garnish muffler yang bergaya sporty, padahal aslinya sih hanya terdapat satu pipa knalpot bersembunyi di bagian kiri.

Bagian interior C180 juga tak kalah keren dibandingkan saudara tuanya itu. Kita disuguhkan layar 10,25 inci yang sudah dilengkapi koneksi Apple CarPlay dan Android Auto tampil mengambang di atas kisi AC. Head unit ini dilengkapi pengaturan sentral mulai dari dynamic select, konektivitas, smartphone mirroring, hingga navigasi.

Kita bisa melakukan pengaturan fitur melalui touchpad, tombol di setir atau sakelar putar di konsol tengah. Pada panel instrumen memang masih bergaya analog yang mengapit layar MID di sisi tengahnya.

Soal sensasi berkendara, Mercedes-Benz bahkan menyiapkan lima pilihan mode mengemudi dari Dynamic Select, yaitu Eco, Comfort, Sport, Sport+, dan Individual. Dengan begini, pengemudi masih bisa merasakan kenikmatan memacu sedan Eropa dengan harga yang lebih murah.

Mercedes-Benz Vito Business, Van Mewah untuk Keluarga

Mercedes-Benz Vito menyuguhkan kabin mewah

Selama ini, kendaraan dari jenis minibus keluaran merek Eropa hanya tersedia dengan kabin layaknya kantor berjalan. Kursi baris kedua dan ketiga bisa diatur saling berhadapan yang sering digunakan untuk rapat. Sekalipun memakai embel-embel nama Business, namun interior Vito terbaru malah lebih cocok sebagai mobil keluarga.

Mercedes-Benz Vito Business dipasarkan dalam dua varian, yaitu Vito Select seharga Rp939 juta dan Vito Tourer seharga Rp989 juta (off the road Jakarta). Harga tersebut belum termasuk modifikasi interior seharga Rp388 juta.

Mercedes-Benz mengimpor mobil ini secara kosongan dari Jerman. Artinya kabin atau interior baris kedua dan ketiga baru digarap setibanya Vito di Indonesia. Kabinnya dirancang agar nyaman bagi perjalanan bisnis maupun keluarga sekaligus.

Jok captain seat di tengah telah didukung pengaturan elektrik dan massage function. Kemewahan di kursi mobil ini layaknya seperti di pesawat terbang atau kereta eksekutif. Kabin yang lapang dan mewah membuat betah berlama-lama di perjalanan.

Untuk fitur hiburan, terdapat dua monitor di depan jok penumpang tengah berukuran 10 inci dan pengoperasiannya bersifat individual. Makin berkelas, pintu tengah bekerja secara otomatis melalui mekanisme elektrik.

Berikut ini fitur mentereng pada interior Vito Business:

  • THERMOTRONIC automatic climate control
  • Air conditioner semi automatic TEMPMATIC di belakang
  • Audio 15 & Reversing Camera

Spesifikasi Jempolan Mercedes-Benz Vito

Mercedes-Benz kini menerapkan standar baru untuk pencahayaan di mobil penumpangnya memakai LED Intelligent Light System, termasuk juga pada Vito. Pencahayaan ini membuat berkendara lebih nyaman dan visibilitasnya lebih baik saat malam hari.

Minibus ini menggunakan pelek 17 inci dengan Twenty Multispoke Design, tak hanya keren tapi juga membuat berkendara jadi lebih stabil. Mengingat, ukuran mobil ini cukup besar dengan dimensi panjang 5,370 mm, lebar 1,928 mm, dan tinggi 1,890 mm.

Ruang bagasinya memiliki space dengan ukuran 1,6 meter dan lebar mencapai 74 cm. Dengan jarak sumbu roda 3,430 mm, membuat Vito cukup gambot untuk ukuran van premium.

Mercedes-Benz Vito Business dibekali mesin bensin inline-4 silinder turbocharger 2-liter. Tenaga yang dihasilkan sebesar 211 Hp dan torsi 350 Nm. Mesin dipadukan dengan dengan transmisi otomatis 7 percepatan 7G Tronic.

Van terbaru ini juga dilengkapi dengan Airbags For Driver and Co-driver, Electrical Operation of Sliding Doors, Left and Right, Hill-Start Assist sebagai standard-fitted safety systems, dan bahkan Crosswind Assist. Dengan harga total mencapai lebih dari Rp1 miliar, Vito menyuguhkan suasana baru dari sebuah minibus premium yang tidak dimiliki merek Jepang.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Test Drive Mercedes-Benz New A-Class Sedan, Pengalaman Tak Terlupakan

Previous post
Karyawan Positif Terjangkit Virus Corona, Pabrik BMW Tetap Lanjutkan Produksi
Next post
Kabar Terbaru Jelang Pameran Truk dan Bus Terbesar di Indonesia