HomeBeritaCacat Produksi, 10 Model Yamaha Di-recall Termasuk Nmax

Cacat Produksi, 10 Model Yamaha Di-recall Termasuk Nmax

Yamaha recall 10 model karena reflektor (Foto: Response.jp)

Tokyo – Kabar mengejutkan kembali datang dari Yamaha. Baru-baru ini Yamaha Motor Co., Ltd mengumumkan akan melakukan penarikan (recall) terhadap 10 model yang sudah dipasarkan di Jepang. Recall ini terkait temuan perusahaan yang menyimpulkan bahwa reflektor belakang sepeda motor tidak memenuhi standar keselamatan.

Diberitakan Response.jp, Rabu (16/9/2020) kesepuluh model Yamaha yang terindikasi bermasalah pada komponen tersebut adalah Nmax125, Nmax150, Nmax250, YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, MT-25A, MT320 dan MT-03A. Total unit yang akan ditarik sebanyak 78.230 unit, dengan tahun produksi berkisar mulai dari 6 Oktober 2014 hingga 1 April 2019.

Diberitakan pula bahwa reflektor belakang dari 10 model Yamaha memiliki permukaan yang tidak rata. Ini dikarenakan adanya kesalahan desain pada saat sedang mencetak reflektor. Akibatnya pantulan cahaya dari komponen reflektor tidak menyebar sempurna. Ketidakmampuan reflektor memantaulkan cahaya tidak sesuai dan melanggar peraturan keselamatan di Jepang.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Yamaha akan melakukan pergantian pada komponen yang cacat produksi.

Reflektor belakang bermasalah (Foto: (Foto: Response.jp)

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah para pemilik sepeda motor Yamaha yang terindentifikasi bermasalah sudah dihubungi atau belum. Tidak dijelaskan pula kapan Yamaha mulai melakukan perbaikan dan pergantian.

Beruntung sampai saat ini belum ada laporan kasus kecelakaan atau kerusakan yang terjadi akibat tidak maksimalnya kinerja reflektor belakang.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, semua model yang terkena recall merupakan produksi Yamaha Indonesia. Untuk di pasar Indonesia sendiri tidak akan dilakukan recall terhadap beberapa model-model tadi karena regulasi keselamatan di Jepang beda dengan di Tanah Air.

Yamaha Pernah Recall Freego dan Aerox

Tak cuma di Jepang, belum lama ini Yamaha juga pernah melakukan recall terhadap dua model skuter matiknya yaitu Freego dan Aerox. Masalah yang ditemukan berbeda, bukan terkait reflektor melainkan fungsi sinyal lampu rem belakang atau Front Stop Switch.

“Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas produknya, Yamaha akan melaksanakan penggantian komponen Front Stop Switch (B5D–H3980–00) secara gratis untuk unit Freego dan Aerox,” tulis penyataan Yamaha Indonesia.

Yamaha FreeGo (Foto: Santo/Carmudi)

Tidak disebutkan berapa jumlah unit yang masuk dalam program perbaikan. Begitu juga dengan tahun produksinya.

Tak cuma di Indonesia saja, Yamaha Malaysia juga melakukan hal serupa terhadap Aerox atau dikenal dengan NVX 155. Masalah yang ditemukan tidak berbeda.

Yamaha Malaysia juga tidak menyebutkan berapa banyak jumlah Aerox 155 yang ditarik, begitu juga dengan tahun produksinya. Pihaknya hanya memberikan informasi nomor sasis (rangka) sepeda motor yang terlibat dalam kampanye recall ini.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Model 4 pintu dengan atap hardtop, photo: Jeep
Previous post
SUV Gagah dan Mahal, Simak Harga Mobil Jeep Rubicon di Era Pandemi
Next post
All New Audi A6 Resmi Dijual di Indonesia, Harga Hampir Rp2 M