Modifikasi

Cafe Racer Kromworks Bikin ‘Silau’ Konsumen Inggris

Jakarta – Kromworks, workshop motor custom yang bermarkas di bilangan Jakarta Selatan kembali memamerkan karya terbarunya. Motor buatannya kali ini tetap mengusung tampilan kilap menyilaukan dari stainless steel yang sudah mencari ciri khas workshop tersebut. Tapi kali ini mereka bereksperimen dengan fabrikasi rangka dari bahan plat.

Motor Custom Cafe Racer Kromworks

(Foto: Kromworks)

“Biasanya frame dibuat dari pipa, tapi sekarang pakai plat besi yang dibentuk pakai cara handmade. Begitu juga untuk swing arm dan peredam kejut model girder yang biasa dijumpai di motor-motor klasik,” ucap sang builder, yaitu Andika Pratama.

Andika mengaku hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembuatan motor ini. Tak terkecuali untuk menentukan titik penempatan suspensi belakang dan depan yang sejatinya berada di dalam bodi.

“Jadi kita fitting biar kemudi dan suspensi bisa berfungsi dengan baik ketika motor sedang dikendarai,” ujarnya.

Motor Custom Cafe Racer

(Foto: Kromworks)

Adapun untuk style yang diusung, motor ini mengadopsi gaya cafe racer yang diterjemahkan ulang lewat perspektif sang builder atas pesanan owner-nya. Desainnya terlihat ramping dari depan sampai belakang. Beberapa detail yang membuat motor ini semakin manis ialah adanya gril yang “melindungi” lampu depan dan belakang.

Kemudian tak ada kabel-kabel berseliweran terlihat. Sebab semuanya disembunyikan di dalam frame guna menghasilkan tampilan akhir yang benar-benar clean.

“Bahkan untuk electric starter saya menggunakan milik mobil sekaligus switch on/off untuk lampunya,” sambung builder yang meneruskan jejak sang ayah, yakni Dodi Irhas, owner Dodi Chrome Cycles.

Cafe Racer Kromworks

(Foto: Kromworks)

Pesanan dari Inggris

Karya terbaru dari Kromworks ini menjadi bukti lain motor-motor custom garapan builder Tanah Air semakin dilirik pasar internasional sebab pemesannya datang dari Inggris. Menurut pengakuan Andika, motor ini bakal diterbangkan ke Inggris tanpa menggunakan mesin seperti permintaan pemiliknya.

Kini prosesnya sudah siap kirim. Punya dengar, sang pemiliknya pun nanti bakal mengikutsertakannya dalam pameran.

Menurut Andika, frame yang dibuatnya kali ini cocok dipasangkan dengan mesin 250 cc sampai 600 cc. Nah, walau terlihat menjadi satu kesatuan, tapi pada kenyataannya bodi motor ini terdiri dari tiga bagian. Bagian utamanya termasuk tangki bensin dengan kapasitas 5 liter.

Boleh juga, nih, kalau punya mesin nganggur!

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts