BeritaMobilSumber informasi

Canto Bikin Mobil Listrik Nissan ‘Bernyanyi’

Canto

Pengembangan mobil listrik Nissan kini dilengkapi dengan suara yang disebut dengan Canto (Istimewa)

Jakarta – Kesuksesan Nissan di ajang Tokyo Motor Show 2017 tak hanya ditandai dengan debut mobil konsepnya saja. Lebih dari itu, Nissan juga memberi kejutan dengan memperkenalkan “Canto”, suara untuk mobil listrik Nissan.

Seperti yang kita tau, salah satu kekurangan dari kendaraan listrik adalah suara mesinnya yang senyap, sehingga keberadaannya di jalan raya memiliki resiko tersendiri bagi lingkungan sekitar.

”Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan tersebut bisa terintergrasi dengan lingkungan sekitar,” ucap Daniele Schillaci, Executive Vice President Nissan Motor Co., Ltd., untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines.

Disebutkan Daniele Schillaci, komponen krusial dalam elemen ini termasuk diantaranya suara.

Baca Juga : Mobil Swakemudi Nissan Lakukan Uji Coba di Tokyo

Baca Juga : Nissan Unjuk Kekuatan di Ajang Balap Mobil Listrik 2018

Membangun kewaspadaan di jalan raya memang menjadi prioritas utama Nissan. “Canto” dihadirkan sekaligus untuk memperkaya indera pendengaran di sekeliling jalan kota. Tingkat suaranya diklaim Nissan terdengar sangat jelas, namun tidak mengganggu pejalan kaki, warga dan penumpang.

“Canto dirancang khusus menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan, sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas serta pembeda di antara mobil-mobil listrik lainnya.”

Memang pabrikan asli asal Jepang ini sudah sejak 2010 mengembangkan kendaraan listrik dengan suara lewat sistem “Approaching Vehicle Sound for Pedestrians”.

Sistem ini memberi peringatan kepada pejalan kaki bahwa ada mobil yang mendekat di sekitarnya.

Untuk diketahui, Canto diambil dari bahasa latin yang berarti “Aku Menyanyi”. Tak hanya memiliki satu jenis suara, tetapi beragam suara. Menyesuaikan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur.

Suara ini akan aktif di kecepatan 20-30 km/jam, tergantung kebutuhan. Keren kan?

 

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts