HomeTips dan TrikCara Berkendara Lebih Hemat BBM dan Ramah Lingkungan

Cara Berkendara Lebih Hemat BBM dan Ramah Lingkungan

Berkendara hemat BBM
Tips berkendara hemat BBM (Foto: Motohits)

Jakarta – Hampir semua pabrikan mobil mengklaim produknya hemat Bahan Bakar Minyak (BBM). Akan tetapi klaim tersebut kembali lagi ke cara pengemudi saat mengendarai mobil. Apabila mengemudi secara ugal-ugalan tentu mempengaruhi konsumsi BBM menjadi lebih boros. Sebaliknya, jika ingin hemat BBM dan berkendara ramah lingkungan sebaiknya ikuti teknik mengemudi Eco Driving.

Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih hemat BBM, mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan.

Selain itu dapat meminimalisir potensi risiko kecelakaan di jalan raya juga dan membuat komponen mobil lebih awet. Dengan begitu pemilik mobil pun bisa menghemat biaya pengeluaran.

Berkendara dengan Teknik Eco Driving

Menurut Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), terdapat banyak teknik Eco Driving. Misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving, seperti Daihatsu Terios, Xenia, Sirion, Sigra, dan Ayla.

Kemudian merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan; memanaskan mesin cukup 1 menit; berkendara sehalus mungkin, dan yang terpenting adalah menjaga kecepatan konstan sekira 60-80 km/jam dan rpm di putaran 2.000.

Berkendara Hemat BBM
Berkendara dengan santai dapat menghemat BBM (Foto: Comcentric)

Tak cuma itu, Sony juga menyarankan kepada pengemudi agar selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi. Lalu atur suhu AC ideal di kabin, dan sebaiknya matikan mesin serta buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit.

Itu saja belum cukup, pemilik mobil juga dituntut supaya rutin melakukan perawatan kendaraan, dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

Selain cara tadi, ternyata penggunaan ban yang sesuai juga menjadi salah satu faktor menghemat BBM.

Zulpata Zainal, selaku Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal menjelaskan pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving.

Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya renda.

Dirinya berpesan agar pemilik kendaraan selalu menjaga dan merawat ban. Sebab saat berkendara, selain bisa menghemat BBM, komponen ini memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Berkendara hemat BBM
New Daihatsu Ayla dan Sirion (Foto: Daihatsu)

Program Edukasi Daihatsu

Sukses dengan program edukasi sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mengadakan acara serupa, kali ini mengambil tema tema tips dalam melakukan Eco Driving.

Program edukasi bagi pemilik mobil khususnya merek Daihatsu ini ditayangkan langsung melalui akun Instagram resmi Daihatsu Indonesia.

“Melalui sharing tips Eco Driving ini, Sahabat dapat berkendara secara aman, nyaman dan lebih hemat. Kami berharap, Sahabat dapat menerapkan teknik Eco Driving sehari-hari, sehingga Sahabat dapat lebih hemat bahan bakar & bisa menabung untuk keperluan lainnya di tengah kondisi pandemi seperti saat ini serta tetap ramah lingkungan,” ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT ADM dalam keterangan resminya, Rabu (21/10/2020).

Bagi Anda yang penasaran dan belum sempat menyaksikan sharing tentang Eco Driving tersebut, bisa mengunjungi Instagram Daihatsu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Lampu Indikator Mobil Menyala, Pahami Kode Kerusakannya

Pembagian masker dilakukan di jalan raya
Previous post
Tips Pilih Masker Motor Selama Pandemi Covid-19, Nyaman dan Melindungi
Mitsubishi Xpander edisi spesial
Next post
Kesempatan Punya Dashboard Camera Gratis Kalau Beli Xpander Cross Edisi Spesial