Tips dan Trik

Cara Cek Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi

Jakarta – Carmudian yang memiliki kendaraan roda dua mungkin penasaran bagaimana cara mengetahui penyebab starter motor tidak berfungsi. Tanpa harus pergi ke bengkel langganan, kita juga bisa mendeteksinya.

Perlu ditekankan sebelumnya, starter yang dimaksud adalah electric starter alias starter tangan.

Masalah yang terjadi pada electric starter sepeda motor memang cukup mengganggu. Kepraktisan untuk menyalakan mesin jadi berkurang drastis.

Dari yang awalnya tinggal menekan tombol di ujung jari, kini jadi mesti menyelah starter kaki. Gawatnya lagi kalau ternyata sepeda motor yang dimiliki tidak dilengkapi kick starter.

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi

Ilustrasi electric starter sepeda motor. (Foto: Lazy Motorbike)

Maka itu diperlukan perawatan rutin biar kondisi sepeda motor selalu moncer. Perawatan yang dimaksud bukan hanya untuk sektor mesin, Carmudian.

Melainkan termasuk sistem kelistrikan. Rangkaian starter menjadi salah satu bagian yang mesti mendapat perhatian mengingat perannya cukup krusial.

Mesti diakui, banyak di antara pemilik yang akan langsung mengira biang kerok sepeda motor mogok ada di dalam mesin. Hal ini memang mungkin saja terjadi. Tapi menurut pengalaman pribadi, faktanya justru sebaliknya.

Hal-hal yang justru terkesan sepele seperti kabel busi kendor, soket kabel yang kotor, atau bahkan habis bensin justru lebih sering terjadi.

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi

Cara mengetahui penyebab starter motor tidak berfungsi akan kita bahas di bawah. Tapi sebelumnya lihat dulu komponen-komponen yang biasanya bermasalah dan bisa menyebabkan hal itu terjadi, dirangkum dari situs web dealer MPM Honda Jawa Timur.

Sekring Putus

Seperti diketahui, sekring berfungsi mengamankan arus listrik untuk komponen elektronik yang ada di sepeda motor. Termasuk rangkaian electric starter salah satunya.

Sekring electric starter umumnya punya ukuran 20 ampere. Kalau arus yang diterima lebih tinggi maka bisa-bisa sekring korslet. Sebaliknya, jika arusnya terlalu rendah maka kawat sekring bisa putus.

Kalau sudah begini otomatis electric starter tidak akan berfungsi, Carmudian.

Masalah di Kabel Starter

Ada beberapa masalah yang bisa menimpa kabel starter motor. Paling sepele adalah koneksinya yang tidak sempurna. Sedangkan masalah yang lebih serius adalah kabel terbakar.

Salah satu penyebabnya adalah sekring yang putus tadi. Hal ini bisa dicirikan jika sekring kembali putus seketika padahal baru saja diganti.

Aki Tekor

Tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan electric starter sepeda motor umumnya 12 volt. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika aki atau baterai dalam kondisi prima.

Sebaliknya, aki yang tekor tidak memiliki tegangan sebesar itu. Ketika tegangan aki sudah anjlok kemungkinan lampu-lampu masih bisa menyala, tapi tidak kuat untuk menyalakan electric starter.

Relay Starter Rusak

Dalam beberapa artikel sebelumnya pernah dibahas mengenai ciri-ciri relay starter sepeda motor yang rusak.

Tapi kalau Carmudian belum mengetahuinya, komponen ini ibarat jembatan untuk arus listrik dari aki menuju dinamo starter. Kerap menerima listrik yang cukup besar, ada masanya relay starter akan rusak.

Dengan begitu “jembatan” tersebut akan putus dan listrik tidak bisa disalurkan sebagaimana mestinya. Electric starter pun akhirnya tak berfungsi.

Koil Starter Bermasalah

Koil memiliki tugas meningkatkan besarnya arus listrik untuk kemudian disalurkan ke busi. Tujuannya agar busi bisa menghasilkan percikan api yang dibutuhkan untuk pembakaran di dalam mesin.

Koil yang sudah rusak menyebabkan pengapian jadi tak beres yang berujung motor sulit distarter karena pembakaran tidak terjadi.

Masalah Switch Starter

Pada electric starter sepeda motor tentunya dibutuhkan saklar yang berfungsi memutus atau menyambungkan arus listrik. Nah, hal ini menjadi tugas switch starter yang biasa kita tekan untuk menyalakan mesin sepeda motor.

Sama seperti mayoritas komponen sepeda motor, switch starter juga bisa mengalami kerusakan yang pada akhirnya membuat electric starter sepeda motor tidak berfungsi.

Penyebab Starter Motor Tidak Berfungsi

Ilustrasi penggunaan multimeter. (Foto: Freepik)

Cara Ketahui Penyebab Starter Motor Mati

Dari uraian di atas kita bisa melihat bahwa rangkaian electric starter pada sepeda motor diisi banyak komponen yang memegang perannya masing-masing. Jika ada masalah di antara salah satunya bisa dipastikan sistem starter akan terganggu.

Tapi Carmudian tak perlu bingung karena kita bisa berusaha mendeteksinya. Adapun upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Melihat Kondisi Koil

Untuk melihat kondisi koil starter caranya cukup mudah. Periksa dengan cara lepas ujung kabel besar yang terhubung dengan busi. Kemudian dekatkan dengan ground atau massa sekitar 1 cm.

Selanjutnya putar kontak ke posisi “on” dan nyalakan starter. Dalam kondisi normal akan muncul percikan api di ujung kabelnya. Tapi jika tidak ada percikan sama sekali, ada kemungkinan koil bermasalah atau komponen lainnya.

Cara ini cukup praktis dilakukan. Itu karenanya bisa jadi langkah awal untuk mendeteksi penyebab starter motor tidak berfungsi.

Memastikan Kondisi Sekring

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sekring putus juga bisa menjadi salah satu penyebab starter motor tidak berfungsi. Untungnya tak sulit untuk mengecek kondisi komponen ini.

Langkah pertama yang perlu Carmudian ketahui adalah letaknya sekring pada sepeda motor. Hal ini bisa dicek di buku panduan pemilik.

Untuk mengetahui sekring yang dicari, bisa dilihat dari kode warnanya. Sekring starter yang umumnya punya tegangan 20 ampere ditandai warna kuning.

Jika sudah melihatnya, coba cabut sekring tersebut dan lihat kondisi kawatnya. Jika kawat di dalam sekring putus maka kemungkinan ini menjadi sumber masalah.

Sebagai informasi tambahan, kode warna lain untuk sekring adalah oranye (5 ampere), merah (10 ampere), biru (15 ampere), ungu (25 ampere), hijau (30 ampere).

Cek Relay Starter

Cara termudah untuk mengetahui kondisi relay starter atau yang biasa disebut bendik starter adalah memperhatikan suara yang ditimbulkannya.

Idealnya relay starter akan menimbulkan bunyi “cetek cetek” yang cukup jelas terdengar di telinga. Jika Carmudian tidak mendengarnya sama sekali ketika switch starter ditekan kemungkinan komponen ini rusak.

Cek Tegangan Aki Pakai Multimeter

Untuk mengetahui kondisi aki, Carmudian memerlukan alat yang dinamakan multimeter.

Buat yang belum tahu, multimeter atau nama lainnya multitester merupakan alat ukur listrik yang bisa digunakan mengukur arus listrik dan tegangan listrik. Carmudian bisa memanfaatkan alat ini untuk melihat kondisi aki.

Caranya, pastikan multimeter berada dalam pilihan Voltmeter. Kemudian hubungkan kabel yang berwarna hitam (negatif) ke terminal negatif pada aki. Lalu hubungkan kabel merah (positif) ke terminal positif aki.

Jika dilakukan dengan benar, multimeter akan menunjukkan besarnya tegangan aki. Pastikan kondisinya 12 volt, jika kurang maka aki perlu dicas.

Mengecek Kondisi Dinamo

Dinamo starter itu sendiri cenderung awet, bagian yang justru sering bermasalah adalah carbon brush atau arangnya. Coba saja cek kondisinya apakah sudah aus atau masih cukup baik. Kalau sudah aus solusi satu-satunya ganti dengan yang baru.

Tapi jika ternyata kumparannya mengalami putus maka cara termudah memperbaikinya adalah membawanya ke tempat service dinamo.

Dari sekian cara mengecek penyebab starter motor tidak berfungsi semoga saja Carmudian mendapat jawaban untuk sepeda motornya.

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts