Berita

Cara Daihatsu Meningkatkan Kemampuan Teknisi

Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 (Foto: Daihatsu)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia kembali mengelar kompetisi untuk para teknisi. Bertajuk Daihatsu National Technical Skill Contest 2020, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknisi Daihatsu agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan mulai dari segi pelayanan, hingga kualitas pengerjaan kendaraan.

Kompetisi ini berlangsung selama dua hari pada 10-11 Februari 2020 di Daihatsu Technical Training Center, Sunter, Jakarta. Ada beberapa kategori yang dilombakan, mencakup teknisi, foreman (kepala regu), dan service advisor (SA). Para pemenang akan dikirim untuk mengikuti kontes level internasional.

Kontes dilakukan secara bertahap, mulai dari tahap pertama seleksi internal di masing-masing bengkel, lalu tahap kedua adalah tes teori secara online, tahap ketiga tes praktik di regional, dan babak final yang memperlombakan kombinasi antara tes teori dan praktik di Jakarta. Seleksi kontes diadakan di 8 area yang meliputi Sumatera, DKI 1, DKI 2, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Indonesia Bagian Timur (IBT).

International Technical Skill Contest 2021

Setidaknya ada 2.009 peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi tahunan ini. Semuanya menjalani proses seleksi yang ketat. Dari hasil seleksi terpilihlah 24 peserta yang berhak melaju ke babak final.

Pada babak final, seleksi dan penentuan pemenang dilakukan secara beregu atau tim untuk mendapatkan yang terbaik. Sebagai pemenang pertama dan terbaik, Daihatsu memberikan apresiasi kepada tim juara utama berupa medali, trofi, overseas trip ke Jepang, dan ikut ke International Technical Skill Contest 2021.

Daihatsu National Technical Skill Contest 2020

Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 (Foto: Daihatsu)

Sebagai tambahan, kontes teknisi Daihatsu se-Indonesia ini diadakan untuk ke-29 kalinya sejak 1985. Kontes ini juga merupakan hasil inovasi Daihatsu, yang mengasah keterampilan individu dan kekompakan tim. Hal ini untuk menunjukkan komitmen Daihatsu melalui kebersamaan tim untuk melayani pelanggan dengan lebih baik. Semua dilakukan dengan standar yang telah ditetapkan oleh Daihatsu.

“Kami berharap, melalui kontes ini motivasi dan kemampuan teknisi semakin meningkat untuk mencapai kualitas pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan Daihatsu”, ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Division Head PT ADM.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts