Tips dan Trik

Cara Kerja Karburator Mobil, Mulai Terlupa karena Termakan Sistem Injeksi

Bagi orang awam, mengetahui cara kerja karburator mobil di era mobil dengan sistem injeksi modern ini tentunya jadi hal yang seru dilihat.

Maklum, mobil keluaran terbaru umumnya sudah mengandalkan teknologi injeksi pada sistem pembakaran pada mesin mobil.

Jika membahas mengenai karburator, biasanya ada pada mobil keluaran era 1990-an ke bawah alias mobil lawas.

cara kerja karburator mobil

Namun, sebagai pecinta otomotif sejati, setidaknya Carmudian juga perlu tahu tentang cara kerja dari karburator yang ada di mobil.

Sebelum membahas cara kerja, kenali dulu pengertian dari komponen bernama karburator ini.

Karburator merupakan komponen penting dalam sistem pembakaran yang mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke dalam mesin secara ideal.

Umumnya mobil-mobil yang masih menggunakan karburator punya konsumsi BBM yang cukup boros.

Hal ini disebabkan oleh cara kerjanya yang berhadapan langsung dengan saluran udara luar yang bisa membuat bensin menjadi menguap dengan mudah.

Secara teori, cara kerja karburator pada mobil dimulai dari bantuan piston yang memompa udara.

Udara tersebut akan masuk ketika choke dalam keadaan terbuka, sebaliknya jika choke tertutup maka suplai udara tidak bisa terhisap sempurna oleh karburator.

Namun, tidak semua karburator menawarkan choke manual, ada juga yang bekerja secara otomatis.

Udara yang dihisap ini nantinya akan masuk ke dalam ruang bakar yang bercampur dengan bahan bakar saat melalui venturi atau ruang bakar.

Bahan bakar yang disemprotkan oleh karburator ini akan terpisah menjadi bagian kecil (atomisasi).

Ketika bahan bakar dan udara bercampur, maka keduanya akan dibawa ke bagian intake manifold untuk dilakukan proses kompresi dan pembakaran pada busi.

Walaupun kelihatannya terlihat rumit, tetapi perawatan karburator sebenarnya cukup mudah.

Salah satu cara merawatnya yakni dengan menyemprotkan cairan carburator cleaner secara rutin sebulan sekali atau minimal dua bulan sekali.

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian busi dan filter udara dari kotoran agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar selalu bersih.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts