Sumber informasi

Cara Kerja Kopling Mobil Transmisi Manual, Ketahui Juga Perawatannya

cara kerja kopling mobil manual

Pedal Nissan Grand Livina transmisi manual (foto: istimewa)

Jakarta – Pengetahuan mengenai cara kerja kopling di mobil transmisi manual memang tidak wajib diketahui penggunanya, namun perlu tahu agar bisa mengantisipasi kerusakannya.

Penjelasan cara kerja kopling mobil manual sendiri cukup rumit, namun bukan berarti sulit dipelajari.

Tanpa panjang lebar, kami bakal memberi tahu mengenai cara kerja kopling mobil manual di sini.

Biar semuanya lebih paham, disimak dulu baik-baik, yuk!

Cara Kerja Kopling Mobil Manual

Sebelum membahas cara kerja kopling mobil manual, ada baiknya ketahui lebih dalam apa itu kopling.

Kopling merupakan komponen yang berfungsi mengurangi putaran mesin.

Pada mobil bertransmisi manual, pedal kopling diposisikan paling kiri dan diinjak ketika melakukan perpindahan transmisi.

cara kerja kopling mobil manual

Ketika berkendara di tengah hujan lebat, jangan pernah mengerem secara mendadak

Kopling pada mobil manual ini sendiri juga punya tugas menyambungkan dan memutuskan tenaga mesin. Jadi, peran kopling ini sendiri di mobil manual lumayan penting banget.

Baca Juga:

Lalu bagaimana cara kerjanya? Prinsip kerja dari kopling mobil manual ini adalah dengan menggunakan gesekan antara dua jenis pelat.

Tetapi, kedua pelat ini memiliki permukaan yang kasar dan tidak licin. Sehingga ketika kedua pelat ditempelkan, maka kedua pelat tersebut tidak akan terjadi gesekan.

Melainkan putaran dari pelat A bisa dikonversi agar menjadi tenaga saat menempel ke putaran pelat B. Kedua pelat tersebut terbuat dari bahan yang berbeda.

Pelat A biasanya disebut sebagai flywheel, sedangkan pelat B biasa disebut sebagai pelat kopling. Gimana gimana, sudah mulai ada bayangan kan tentang cara kerja kopling mobil manual ini?

Mengoperasikan Kopling Mobil

Ada 2 cara yang bisa digunakan saat mengoperasikan kopling mobil, pertama menginjak pedal kopling dan yang kedua melepas pedal kopling.

cara kerja kopling mobil manual

Pada saat menginjak kopling, maka kopling bakal otomatis memutus putaran dari mesin menuju transmisi, sehingga transmisi tidak akan mendapatkan tekanan langsung dari mesin.

Sistemnya adalah saat kopling diinjak, maka hidrolik pada kopling akan memberikan tekanan cairan ke arah aktuator hidrolik.

Aliran cairan tadi memberi tekanan pada release bearing sehingga akan menekan komponen bernama release lever.

Release lever yang tertekan membuat pelat pressure terungkit sehingga pelat kopling yang awalnya terjepit di antara flywheel dan pelat pressure menjadi terbebas karena menimbulkan sedikit celah.

Hal inilah yang memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi.

Walaupun celahnya kecil tapi masih mampu membuat putaran dari flywheel supaya tidak teralirkan ke pelat kopling.

Dalam proses ini, flywheel tetap berputar bersama semua komponen. Bahkan cover kopling juga ikut berputar karena pelat kopling sedang terbebas, maka pelat kopling beserta poros transmisi tidak akan ikut berputar.

Saat Pedal Kopling Dilepas

Lalu, saat melepas pedal kopling tekanan cairan pada aktuator hidrolis kopling bakal menghilang. Ini membuat release bearing kembali ke posisinya untuk tidak menekan release lever.

Pada saat kondisi pedal kopling dilepas, pegas kopling bertugas menekan kembali pressure pelat.

Tujuannya agar pressure pelat menempel ke pelat kopling sehingga kopling terjepit kembali dan putaran flywheel bisa tersalurkan ke pelat kopling dan transmisi.

cara kerja kopling mobil manual

Pelat kopling mobil

Tanpa adanya kopling, transmisi tidak akan bisa dipindahkan ke gigi manapun. Jadi, saat ingin memasukkan gigi atau mengurangi gigi kopling wajib diinjak untuk memutus tenaga.

Komponen pada Kopling Mobil

Ada banyak komponen yang wajib diketahui oleh pemilik mobil bertransmisi manual karena merupakan komponen slow moving.

Komponen slow moving artinya yang jarang rusak dan cukup awet jika digunakan dengan benar.

Ada komponen apa saja di dalam kopling mobil transmisi manual ini?

  • Pedal Kopling

Komponen yang wajib diinjak untuk memindahkan gigi saat sedang berkendara.

  • Release Bearing

Komponen yang berfungsi menekan clutch cover.

Kampas kopling cara kerja kopling mobil manual

Kampas kopling bekas atau rekondisi sebenarnya sudah tak layak digunakan. Foto/Carmudi.

  • Clutch Disk

Tempat meneruskan atau memutus tenaga dari mesin ke cover kopling dan transmisi.

  • Master Kopling

Mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga hidrolis. Umumnya pada mobil terdapat dua unit master kopling, yakni master kopling atas dan master kopling bawah

  • Flywheel

Penerus putaran mesin ke transmisi dan dudukan komponen kopling yang ada pada transmisi.

Cara Merawat Kopling Mobil Manual

Walaupun banyak orang mengira kopling punya umur panjang, tapi sebenarnya kopling mobil manual juga perlu dirawat.

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan agar kopling mobil terawat dengan baik.

  • Tidak menerabas banjir.
  • Tidak menginjak kopling dengan posisi masuk gigi saat berhenti lama.
  • Tidak menggunakan setengah kopling saat menanjak.
  • Rajin memeriksa master kopling.
  • Lakukan penggantian master kopling setiap beberapa tahun sekali jika kondisinya sudah kurang optimal.
  • Melakukan pengaturan kopling.
  • Tidak membiarkan mobil diam dalam waktu yang lama.
  • Tidak membawa beban berat yang berlebihan.
  • Tidak melepas kopling dengan kasar.

Jika cara di atas tidak dilakukan, maka kopling mobil bisa berpotensi selip.

Ciri Kampas Kopling Mobil Mulai Habis

Kalau tidak dirawat dengan benar, maka kopling mobil manual bisa rusak atau habis. Kopling yang sudah mulai habis biasanya punya beberapa ciri.

Baca Juga:

Mengendarai mobil manual saat mudik

Mengendarai mobil manual saat mudik

Akselerasi Berat

Kopling yang sudah mulai aus atau habis biasanya akselerasinya menjadi lebih berat. Ibaratnya pada saat masuk gigi 1 tetapi rasanya seperti memulai di gigi 3, sehingga mesin mobil terasa tak bertenaga sama sekali.

Jika tanda ini sudah dirasakan, ada baiknya segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

Bau Gosong atau Sangit

Ciri kedua kopling mobil sudah mulai aus dan habis adalah bau gosong atau sangit yang tiba-tiba muncul.

Pernah mencium bau sangit dari mobil saat macet atau tanjakan? Biasanya itu merupakan ciri kopling yang sudah mulai aus dan habis.

cara kerja kopling mobil manual

Ilustrasi bau kabin mobil (Foto: Valstietis.lt)

Umumnya hal tersebut dikarenakan si pengemudi memaksakan mobil dengan memakai kopling, sehingga lama-kelamaan kopling menjadi aus dan habis.

Memindahkan Gigi Terasa Keras

Ciri lainnya adalah pada saat memindahkan gigi terasa sulit atau keras. Biasanya gigi yang sulit masuk adalah indikasi kopling mobil bakal segera rusak dan habis.

Kalau sudah begini lebiah baik langsung dibawa ke bengkel untuk diperiksa.

Daripada tiba-tiba enggak mau pindah giginya, mendingan langsung di cek. Siapa tau bukan bermasalah di bagian kopling tetapi di komponen lain.

Jarak Injak Pendek

Indikasi terakhir yang bisa dilihat adalah jarak injak kopling yang menjadi pendek. Jika biasanya saat menginjak pedal kopling cukup dalam dan jauh lalu tiba-tiba menjadi pendek, kamu wajib curiga.

Hal ini bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres di bagian kopling.

Seharusnya jarak injak ini tidak boleh berubah walaupun setiap hari dipakai.

cara kerja kopling mobil manual

Wuling Confero S ACT tidak punya pedal kopling

Kalau sudah begini, jangan lama-lama menunggu sampai parah. Sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan dan penggantian komponen biar bisa segera ditangani.

Beberapa hal di atas merupakan cara kerja kopling manual yang bisa kamu ketahui.

Ingat, walaupun kopling mobil punya usia pakai yang lama tapi kalau tidak dirawat tetap bisa cepat rusak.

Makanya jangan sampai salah merawat. Semuanya kembali kepada perawatan dan cara berkendara dari pemilik mobil itu sendiri.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts