Sumber informasi

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit, Enggak Susah Kok

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Ilustrasi asuransi mobil. (Foto: Outlook India)

Jakarta – Cara klaim asuransi mobil kredit berbeda-beda tergantung dari jenis asuransi yang digunakan. Setiap perusahaan juga terlihat memiliki prosedur masing-masing.

Tapi tenang saja. Karena kali ini Carmudi akan mengajak kalian melihat prosedur dari beberapa perusahaan asuransi besar. Siapa tahu salah satunya adalah yang kalian gunakan.

Cara klaim asuransi ini kemungkinan dibutuhkan oleh mereka yang baru saja mengalami kejadian buruk pada kendaraannya. Entah itu kecelakaan atau bahkan kehilangan.

Pada situasi seperti itu asuransi mobil akan sangat terasa manfaatnya. Biaya premi yang selama ini dikeluarkan menjadi enggak percuma.

Jika kalian membeli mobil baru dengan cara kredit besar kemungkinannya sudah dilindungi oleh asuransi. Tinggal memastikan asuransi jenis apa yang didapat.

Pada umumnya asuransi mobil dibagi menjadi dua, yaitu komprehensif dan Total Loss Only (TLO). Selain itu adapun pula yang dinamakan asuransi kombinasi.

Dari namanya mungkin kalian sudah bisa menebak. Untuk jenis yang satu ini merupakan gabungan antara komprehensif dan TLO.

Mengetahui jenis asuransi yang digunakan itu penting. Alasannya untuk memahami sejauh mana perlindungan yang dimiliki.

Jangan sampai waktu dan usaha terbuang percuma. Ketika pengajuan klaim sudah dilakukan, namun rupanya masalah yang menimpa justru di luar perlindungan.

Jika klaim yang diajukan telah mendapat persetujuan, barulah mobil bisa diperbaiki oleh bengkel rekanan.

Lebih detail mengenai jenis asuransi itu sendiri bisa disimak lewat informasi di bawah ini.

Perbedaan Asuransi TLO, Komprehensif, dan Kombinasi

Asuransi jenis TLO bisa dibilang adalah yang paling populer. Wajar, harga preminya paling murah di antara jenis lain.

Perbedaan biaya premi ini dipengaruhi seberapa luas perlindungan yang diberikan dari masing-masing jenis asuransi.

Pengertian Asuransi TLO

Asuransi TLO memberikan perlindungan paling mendasar. Perusahaan asuransi hanya akan memberikan penggantian jika mobil hilang akibat pencurian atau mengalami kerusakan parah.

Dalam hal ini kerusakan parah yang dimaksud adalah ketika biaya perbaikan yang dibutuhkan setara atau lebih dari 70% harga mobil sesaat sebelum mengalami kerusakan tersebut.

Jadi apabila mobil hanya mengalami lecet-lecet bisa dipastikan di luar tanggungan perusahaan asuransi.

Pengertian Asuransi Komprehensif

Asuransi komprehensif terkadang juga disebut sebagai asuransi all risk. Jenis asuransi ini memberikan perlindungan lebih luas dibanding TLO.

Meliputi kerusakan ringan, kerusakan sedang, sampai kerusakan berat. Cakupan perlindungan juga kalian mengalami kehilangan kendaraan.

Pengertian Asuransi Kombinasi

Asuransi mobil kombinasi cukup banyak ditawarkan sebagai bagian dari paket kredit mobil. Pada dasarnya, jenis asuransi ini menggabungkan antara perlindungan dari asuransi TLO dan komprehensif.

Misalnya, pada beberapa tahun awal konsumen mendapatkan perlindungan komprehensif untuk mobilnya yang dibeli secara kredit. Di tahun-tahun berikutnya perlindungan berubah menjadi TLO.

Sedikit tips jika kalian menggunakan asuransi kombinasi, pastikan mengingat kapan berlakunya perlindungan komprehensif dan TLO. Karena berdasarkan pengalaman sangat mudah untuk lupa akan hal itu.

Misal, di tahun pertama kredit, mobil mengalami lecet ringan. Karena masih mendapat perlindungan komprehensif maka biaya perbaikan bisa ditanggung.

Kemudian di tahun kedua terjadi hal serupa. Saat coba mengajukan klaim ternyata mendapat penolakan. Padahal kita sudah merasa tenang karena bakal diganti.

Hal tersebut bisa terjadi karena ternyata masa perlindungan komprehensif sudah berakhir.

Mobil Tabrakan

Ilustrasi mobil kecelakaan. (Foto: Wikimedia)

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Mengutip informasi yang ada di halaman resmi asuransi Garda Oto, cara klaim asuransi mobil kredit enggak jauh berbeda dengan mobil yang sudah lunas. Adapun untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Asuransi Garda Oto

  1. Segera melaporkan kejadian atau kerusakan. Pada tahap ini usahakan untuk mendokumentasikan kondisi mobil dalam bentuk foto.
  2. Siapkan dokumen-dokumen, seperti SIM, STNK, polis asuransi, dan surat keterangan dari kepolisian terutama ketika mobil mengalami kerusakan lebih dari 70%.
  3. Datang ke kantor cabang terdekat. Untuk tahap ini konsumen disarankan mengisi laporan melalui aplikasi Garda Mobile Otocare terlebih dahulu guna mendapat nomor antrian khusus.
  4. Pantau prosesnya lewat aplikasi. Pada tahap ini petugas akan melakukan survei kondisi mobil.
  5. Jika semua proses lancar dan enggak ada masalah maka mobil bisa diperbaiki.

Asuransi Adira

  1. Melaporkan klaim dengan cara datang ke kantor atau menghubungi Adira Care (1500 456) maksimal lima hari kerja setelah kejadian.
  2. Siapkan dokumen-dokumen yang diminta dan foto-foto kerusakan mobil.
  3. Menjalani proses survei dan analisa klaim.
  4. Penggantian klaim sesuai ketentuan.

BCA Finance

Untuk diketahui, BCA Finance sejatinya adalah perusahaan pembiayaan, bukan asuransi. Tapi nampaknya mereka melakukan kerjasama dengan banyak perusahaan asuransi untuk memberikan perlindungan kepada konsumen kredit mobilnya.

Untuk kerusakan parah atau mobil hilang, prosedurnya antara lain:

  1. Melapor ke BCA Finance dalam 3×24 jam.
  2. Melengkapi dokumen-dokumen, meliputi Surat Tanda Penerimaan Lapor dari Kepolisian, STNK asli, kunci kontak asli dan duplikat, fotocopy SIM pengemudi serta KTP tertanggung, formulir klaim, surat keterangan dari markas besar Kepolisian tingkat provinsi.
  3. Surat blokir, khusus untuk mobil hilang.

Untuk kecelakaan parsial:

  1. Melapor dalam 3×24 jam.
  2. Mengajukan klaim resmi dengan dokumen-dokumen, meliputi fotocopy STNK, fotocopy SIM, fotocopy KTP tertanggung, dan formulir klaim.
  3. Akan diperlukan dokumen tambahan berupa Surat Tanda Penerimaan Laporan dari Kepolisian jika mesin rusak berat dan adanya pencurian oleh orang jahat.
  4. Surat tuntutan dari pihak ketiga apabila ada tuntutan.

Dari ketiga perusahaan di atas terdapat sejumlah kesamaan dalam prosedur pengajuan klaim asuransi. Semuanya diawali proses pelaporan, pengumpulan dokumen, survei, dan barulah kemudian diputuskan apakah klaim diterima atau ditolak.

Jika asuransi yang kalian gunakan enggak ada di atas kemungkinan besar tahapannya enggak jauh berbeda. Jadi ketika mengalami kejadian buruk pada mobil yang dikredit sebaiknya segera laporkan ke pihak asuransi.

Biaya Asuransi Mobil

Ilustrasi biaya asuransi mobil. (Foto: Google)

Siap-siap untuk Biaya Own Risk

Jangan kaget jika kalian tetap diminta mengeluarkan sejumlah uang ketika klaim asuransi disetujui, salah satunya adalah untuk biaya own risk.

Besarnya memang enggak seberapa, yaitu Rp300.000 sesuai aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi. Tujuan dari biaya own risk untuk senantiasa mengingatkan pemilik mobil agar selalu berhati-hati dalam berkendara.

Adanya biaya own risk ini juga bisa menjadi pertimbangan apakah kerusakan yang terjadi mesti diklaim atau tidak.

Jika kerusakan tergolong ringan dengan perkiraan biaya perbaikan lebih kecil dari biaya own risk maka sebaiknya pikir-pikir dulu untuk mengajukan klaim.

Selebihnya, asuransi mobil adalah perlindungan yang sangat bermanfaat bagi kendaraan kalian. Sangat disarankan untuk memilikinya bagi mereka yang memang punya budget.

Memang berapa harganya? Contoh kasar, untuk mobil seharga Rp200 jutaan plat nomor DKI Jakarta keluaran tahun 2020, rata-rata butuh dana sekitar Rp800 ribu sampai Rp1 juta per tahun untuk asuransi TLO.

Asuransi komprehensif jelas lebih mahal. Dengan kriteria mobil yang sama butuh keluar dana sekitar Rp4,8 juta sampai Rp6 juta per tahun. Bukan angka yang sedikit jika mengingat setiap tahun juga mesti membayar pajak.

Penulis: Mada

Editor: Lesmana

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts