Tips dan Trik

Cara Memilih Busi Mobil yang Bagus, Ketahui Dulu Jenis-Jenisnya!

Mayoritas pemilik mobil asal membeli busi, asalkan harganya mahal atau murah sudah pasti diyakini bagus. Padahal, rupanya menentukan busi mobil yang bagus tidak semudah itu.

cara memilih busi mobil

Busi menjadi salah satu komponen slow moving yang wajib diganti secara berkala. Biasanya busi diganti setiap setahun sekali atau bisa juga dibarengi ketika sudah dua kali melakukan penggantian oli mesin. Jika tidak diganti berkala, dikhawatirkan performa mesin akan menjadi menurun akibat banyaknya kotoran.

Kotoran pada busi bisa membuat pembakaran menjadi kurang sempurna. Efeknya, akan timbul kerak di bagian dalam mesin yang dalam jangka panjang berbahaya untuk mobil.

Sebagai pemilik mobil yang baik, Carmudian perlu tahu bagaimana cara memilih busi mobil yang bagus.

Ada beberapa macam busi yang dijual di pasaran mulai dari busi standar, platinum, dan iridium. Ketiganya punya fungsi yang berbeda-beda dan belum tentu cocok digunakan di semua jenis mobil.

Jenis-jenis Busi Mobil

Busi Standar

Busi pertama adalah busi standar rekomendasi pabrikan mobil. Busi ini umumnya digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Busi standar punya usia pakai yang lebih lama dan bisa menghasilkan stasioner mesin yang lebih stabil. Mobil standar sangat direkomendasikan memakai busi jenis ini.

Busi Iridium

Busi iridium dikategorikan ke dalam busi tipe dingin. Busi iridium biasa digunakan untuk mobil dengan kebutuhan performa tinggi sehingga tidak cocok digunakan di mobil harian.

cara memilih busi mobil

Busi platinum diklaim lebih unggul dalam mendukung performa mesin kendaraan

Dikutip dari berbagai sumber, busi iridium bisa membuat stasioner mesin menjadi tidak stabil jika digunakan pada mesin dengan kompresi rendah. Jika dipaksakan untuk dipakai maka usia pakainya tidak akan lama.

Harus diakui, busi iridium bisa menghasilkan akselerasi mesin yang agresif dan tinggi. Namun harus diingat, tidak semua mesin cocok memakai busi jenis ini.

Busi Platinum

Busi platinum biasa disebut juga busi semi racing dengan ujung elektroda yang biasanya dibuat agak tajam.

Secara fungsi, busi platinum tidak berbeda jauh dengan busi standar, hanya saja performa platinum ini lebih baik. Busi jenis ini bisa menghasilkan tenaga yang lebih responsif di putaran bawah, namun usia pakainya jauh lebih pendek dibanding busi standar.

Kesimpulan

Dari ketiga jenis busi di atas, busi iridium dan platinum dinilai punya ketahanan yang lebih lama dibanding standar. Salah satu alasannya adalah penggunaan material yang lebih baik.

Namun seperti yang sudah kami jelaskan di atas, busi iridium atau platinum belum tentu cocok dengan mesin standar. Umumnya busi jenis ini cocok untuk mesin yang sudah mendapatkan modifikasi atau sudah memiliki kompresi tinggi dari bawaan pabrik.

Dari segi harga busi iridium dan platinum juga sedikit lebih mahal dibanding standar.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts