Sumber informasi

Cara Mengecek Nomor Rangka Kendaraan, Biar Enggak Gampang Ketipu

nomor chassis mobil

Posisi nomor rangka berbeda-beda. (Foto: Cloudfront)

Jakarta – Ada beberapa cara untuk mengecek nomor rangka kendaraan. Biasanya, mengecek secara manual rangka kendaraan terjadi saat membeli kendaraan bekas.

Padahal ada cara mengecek yang lebih mudah, yaitu dengan kemajuan zaman dan teknologi untuk mendapatkan informasi nomor rangka.

Di Indonesia, nomor rangka kendaraan dengan nomor mesin harus sesuai dengan yang tertera pada surat. Jika terdapat perbedaan, maka bisa saja kendaraan tersebut merupakan tengah bermasalah.

Banyak orang yang kurang paham bagaimana cara mengecek nomor rangka, makanya banyak dimanfaatkan penjual nakal yang mengelabui calon pembeli dengan beberapa cara.

Ketahui Letak Nomor Rangka Biar Bisa Mengecek Sendiri

Sebelum membeli mobil atau kendaraan bekas, ada baiknya kamu sudah mengetahui letak nomor rangka dari kendaraannya. Ini bertujuan agar kamu bisa melakukan pengecekan lebih mendalam.

Dengan lebih tahu letak nomor rangka kendaraan, setidaknya kamu akan bisa melakukan pengecekan secara manual nomor rangka yang ada.

nomor rangka mobil

VIN number pada mobil. (Foto: Blogspot)

Untuk mobil merek Jepang biasanya nomor rangka berada pada bagian sasis. Bisa pada bagian tengah, belakang, atau juga bagian depan.

Lalu untuk mobil merek Eropa, biasanya terletak pada beberapa bagian bodi. Misalnya dekat mesin dengan firewall, bawah jok, sela pintu, dekat kaca depan, atau kap mesin.

Cek Dokumen

Cara mengecek nomor rangka lainnya adalah dengan melihat dokumen kendaraan tersebut. Pemilik yang baik akan memiliki dokumen kendaraan secara lengkap seperti STNK, BPKB, hingga faktur kendaraan.

Ada juga buku panduan perawatan kendaraan, catatan perbaikan bengkel, sampai riwayat kendaraannya.

Browsing Online

Jika pemilik tersebut mengaku tidak tahu dengan lokasi nomor rangka, kamu bisa mencarinya lewat internet. Misalnya memakai kata kunci “letak nomor rangka Toyota Camry 2008”. Biasanya pada laman pencarian akan berjejer informasi mengenai letak nomor rangka pada mobil yang sedang kamu cari.

Cara ini bisa kamu gunakan sebelum bertemu dengan penjual sehingga ia pun menilai calon pembelinya sebagai orang yang paham seluk-beluk mobil. Penjual nakal pun bisa segan kepadamu.

Cek plat nomor mobil kini bisa dilakukan dengan mudah

Cek nomor rangka mobil lewat aplikasi bisa jadi lebih mudah. (Ilustrasi)

Hal ini jelas akan menjadi kelebihan tersendiri karena sang penjual pun akan berhati-hati dengan negosiasi ke depannya.

Memakai Aplikasi Khusus Nomor Rangka

Setelah menemukan nomor rangka kendaraan, kamu bisa melakukan cara selanjutnya, yakni dengan memakai aplikasi khusus memeriksa nomor rangka kendaraan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Samsat pun membuat aplikasi yang bisa memeriksa keabsahan sebuah kendaraan lewat plat nomor.

Aplikasi bernama Cek Ranmor & Pajak DKI ini bisa digunakan untuk melihat informasi sebuah kendaraan. Misalnya dengan memasukkan plat nomor saja akan terbaca bagaimana kondisi kendaraan tersebut.

Apakah sudah bayar pajak, berapa nilai pajaknya, produksi tahun berapa mobilnya, sampai alamat dan nama pemiliknya pun tertera. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengecek keabsahan kendaraan.

cara mengecek nomor rangka

Aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI. (Foto: Ilustrasi)

Tapi ingat, aplikasi ini hanya bisa mengecek kendaraan plat wilayah Jabodetabek. Sedangkan untuk mencari via desktop atau situs web bisa mencari lewat di sini. Situs ini merupakan situs yang khusus mendata plat nomor daerah Jakarta Raya.

Perhatikan Nomor Rangka

Biasanya pedagang kendaraan nakal tidak memberikan informasi jujur mengenai rangka atau mesinnya. Misalnya saja nomor rangka dan nomor mesinnya tidak sesuai.

Ada beberapa oknum yang menempelkan nomor rangka dan nomor mesin agar terlihat sesuai. Sebagai calon pembeli, kamu harus melihat dengan jeli nomor rangka maupun nomor mesin dari kendaraannya.

Biasanya nomor rangka tempelan terdapat dempul. Posisi nomor rangka tempelan ini biasanya tidak rapi, dan berkontur gelombang.

cara mengecek nomor rangka

Nomor sasis pada mobil China. (Foto: Wikipedia)

Karena pengerjaan antara pabrik dan manual berbeda, maka inilah yang biasanya menjadi ciri. Jika menemukan nomor rangka yang ada dempul, atau bekas las sebaiknya langsung tanyakan.

Apakah ini memang nomor rangka yang asli atau hanyalah tempelan saja. Terkadang oknum nakal ini tidak memberikan informasi dengan jujur demi mendapatkan keuntungan.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pilah Pilih Mobil Murah untuk Usaha, Enaknya Seperti Apa?

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts