Home » Berita » Cegah Pemotor Lawan Arus di Jalanan, Bisa Pakai Cara Ngeri Ini

Cegah Pemotor Lawan Arus di Jalanan, Bisa Pakai Cara Ngeri Ini

pemotor lawan arus
Tyre Killer Mencegah Pemotor Lawan Arus (Foto: Rushlane)

New Delhi – Ulah pemotor semakin lama semakin sulit diatur. Mereka mendominasi pelanggaran lalu lintas. Pemotor lawan arus pun sudah menjadi hal yang jamak ditemui.

Perilaku ngawur dalam berkendara tidak hanya terjadi di Indonesia. Hal serupa atau yang lebih parah bahkan terjadi di India. Pemerintah negara dengan populasi terbesar kedua di dunia itu dibuat jengkel dan kesal karena ulah sembrono pemotor kerap berujung kecelakaan.

Insiden ‘adu banteng’ pun sudah sering terjadi di jalanan. Namun demikian, kecelakaan yang mengerikan seperti itu tidak menyurutkan nyali pengendara yang tetap saja ugal-ugalan. Bagi pengguna jalan di India, melawan arus bisa mempersingkat jarak tempuh hingga 200 meter dan menghemat bahan bakar.

Perilaku arogan dan ngawur ini bahkan ikut dilakukan oleh pengemudi mobil demi tiba di tujuan dengan cepat. Pemerintah pusat belum menemukan solusi menertibkan pengendara yang brutal selagi membawa kendaraan.

Barikade Paku Menghentikan Pemotor Lawan Arus

Untuk menghentikan aksi lawan arus, pemerintah daerah Pune bahkan menyiapkan barikade besi tajam. Penghalang yang disebut ‘Tyre Killer’ ini dipasang melintang di jalan raya untuk menggembosi ban pemotor yang nekat lawan arus.

pemotor lawan arus
Tyre Killer Untuk Mencegah Pemotor Lawan Arus (Foto: Rushlane)

Dikutip dari Rushlane, alat ini memang terdiri dari besi-besi tajam namun tidak berbahaya untuk penguna jalan dari arah yang benar. Mobil atau motor yang nekat melintas dari arah sebaliknya bakal langsung tertusuk besi tajam hingga ban bocor semua.

Barikade Tyre Killer ini mulai dipasang di Amanora Park Town, Pune. Kendaraan yang menginjak ranjau paku dipastikan sulit berjalan dan terpaksa harus tambal atau ganti ban.

Pemerintah setempat berharap barikade paku bakal memberi efek jera bagi yang doyan lawan arus. Cara mengerikan dengan menggembosi ban kendaraan terpaksa dilakukan pemerintah Pune karena India memiliki tingkat kematian yang tinggi akibat kecelakaan lalu lintas.

Lebih dari 1,5 juta orang tewas karena kecelakaan lalu lintas. Penyebab utama kecelakaan hanya karena pengguna jalan yang tidak peduli soal peraturan lalu lintas. Bila dilihat, cara ini sangat efektif menekan pengendara yang lawan arus.

Menurut Carmudian, layak tidak Tyre Killer diterapkan di jalanan Indonesia? (dna)

berkendara eco driving
Previous post
Cara Berkendara Eco Driving Sulit Diterapkan di Indonesia, Ini Sebabnya
Mitsubishi eX Concept
Next post
Mitsubishi Pamerkan eX Concept, SUV Listrik Mirip Xpander