Home » Sumber informasi » Cara Mengurus SIM Internasional, Tak Perlu Repot ke Satpas

Cara Mengurus SIM Internasional, Tak Perlu Repot ke Satpas

SIM
Surat Izin Mengemudi. (Foto: Ilustrasi).

Jakarta – Sebagai salah satu syarat agar bisa mengendarai kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor di luar negeri perlu mengurus SIM Internasional terlebih dahulu.  SIM Internasional berlaku secara global dan bisa digunakan di banyak negara di dunia.

Nah, bagi Anda yang ingin mengurus SIM Internasional, caranya sangat mudah. Di masa new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sekarang ini, Korlantas Polri menyediakan pelayanan khusus bagi pemohon SIM Internasional. Pemohon tidak perlu repot-repot datang ke kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM.

Semua dokumen dan syarat lainnya yang dibutuhkan untuk pembuatan SIM Internasional bisa dilakukan secara pribadi dari rumah atau tempat kerja. Apabila semua syarat sudah terpenuhi, SIM akan dikirimkan ke rumah pemohon sesuai dengan alamat yang telah dicantumkan dalam dokumen.

“Pemohon SIM Internasional cukup mengakses siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM internasional melalui browser di handphone atau komputer,” jelas Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono, sebagaimana dilansir dari laman Korlantas Polri, Senin (6/7/2020).

Tata Cara Mengurus SIM Internasional

SIM Internasional tidak hanya berlaku bagi Warna Negara Indonesia (WNI) yang ingin mengemudi kendaraan bermotor di luar negeri. SIM ini juga bisa dimanfaatkan oleh Warga Negara Asing (WNA) maupun wisatawan mancanegara yang tinggal sementara di Indonesia bila hendak mengemudikan kendaraan bermotor.

Adapun syarat-syaratnya yaitu mengisi data pribadi secara lengkap sesuai dengan formulir yang sudah disediakan. Kemudian unggah foto SIM yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) khusus WNA), pas foto dengan warna latar belakang putih dan foto tanda tangan.

Pemohon SIM internasional (Foto: NTMCPolri.info)

Setelah semua syarat dokumen dianggap beres, maka pemohon akan menerima nomor rekening Bank BRI untuk melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM internasional dan biaya jasa pengiriman.

“Pembayaran dapat dilakukan secara nontunai melalui ATM, m-banking, internet banking, maupun setor tunai di bank,” ungkap Istiono.

Berikutnya pemohon akan menerima konfirmasi secara elektronik. Kemudian petugas akan melakukan verifikasi dan validasi data pemohon, lalu melakukan identifikasi data.

“Jika persyaratan lengkap dan sesuai, petugas akan melakukan pencetakan buku SIM internasional, kemudian melakukan pengiriman sesuai dengan pilihan pemohon,” pungkas Jenderal Bintang Dua itu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pengin Dapat Kendaraan Murah? Simak Cara Ikut Lelang JBA Ini

Previous post
Akibat PSBB, Garansi Truk dan Bus Mercedes-Benz Diperpanjang
angkutan umum
Next post
Bus Listrik TransJakarta Mulai Diuji Coba, Tarif Masih Gratis