Produk

Cara Merawat Helm Agar Selalu Bersih, Mudah Tapi Sulit Menjalaninya

Jakarta – Helm merupakan salah satu alat pelindung yang wajib digunakan pada saat mengendarai sepeda motor atau kendaraan roda dua. Pada saat kita terjatuh, helm inilah yang nantinya akan melindungi bagian kepala kita dari benturan. Jika tidak memakai helm, enggak kebayang deh bakal jadi seperti apa itu kepala kita.

Akan tetapi, masih saja banyak orang yang kurang menjaga atau merawat helm miliknya dengan baik. Padahal, helm pun sebenarnya butuh perawatan yang dapat membuat helm tetapi awet, bersih dan nyaman. Kendala dari melakukan hal tersebut cuma satu: malas. Karena kebiasaan orang Indonesia memang kurang memperhatikan dan merawat helm kesayangannya, makanya banyak helm yang kurang awet. Padahal, untuk merawat helm yang dibutuhkan hanya niat dan disiplin yang tepat.

Helm RSV (Foto: Santo/Carmudi)

Bagi kalian yang masih awam dengan cara merawat helm, kami akan membeberkan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam merawat helm. Cara merawat helm ini bisa dibilang sangat tidak sulit, karena bisa dilakukan di manapun, kapanpun dan oleh siapapun.

Setelah dipakai, kamu harus ingat kalau menaruh helm usahakan ditempatkan di bagian yang kering. Kalau basah, helm akan menjadi lembab dan akan menimbulkan bau tak sedap. Jika sudah bau, maka helm sudah dapat dipastikan telah dipenuhi dengan bakteri. Hal ini sudah dapat dipastikan tidak akan memberikan kenyamanan pada pemakai helm.

  • Pastikan kepala kering

Sebelum memakai helm, usahakan kamu mengeringkan bagian rambut terlebih dahulu. Jangan sampai baru selesai mandi, kamu langsung memakai helm. Karena itu tidak benar, karena sudah seharusnya untuk mengeringkan badan dulu dengan handuk hehehe. Usahakan kamu mengeringkan bagian rambut sampai benar-benar kering sebelum memakai helm. Kalau kamu memaksakan memakai helm pada saat rambut basah, nanti bagian dalam helm akan menjadi lembab. Selain lembab, helm juga akan cepat menjadi bau.

Ilustrasi helm basah (Foto: BCMTouring)

  • Rajin membersihkan helm

Jangan hanya sepeda motornya saja yang rajin dicuci, helm juga sebenarnya wajib juga dicuci. Usahakan membersihkan bagian-bagian luar dan dalam dari helm secara teratur. Ada baiknya membersihkan helm setiap 2 bulan sekali. Jika dipakai setiap hari, ada baiknya kamu membersihkan helm setiap 1 bulan sekali agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai. Membersihkan helm ini menjadi cara merawat helm yang paling mudah dilakukan. Karena dapat dilakukan sendiri dirumah pada saat waktu senggang. Usahakan membersihkan helm menggunakan bahan-bahan yang bersih.

  • Mengeringkan helm setelah terkena hujan

Kita tak pernah mengetahui kapan waktu hujan akan turun. Apabila hujan sedang turun saat kita sedang mengemudikan sepeda motor, menepilah sejenak untuk menggunakan jas hujan. Helm menjadi bagian yang tidak terlindungi pada saat hujan. Sesampainya di rumah, usahakan untuk sesegera mungkin membilas helm menggunakan air biasa. Hal ini dikarenakan air hujan memiliki kadar asam yang sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan helm menjadi berjamur di kemudian hari. Lakukan pengelapan setelah terkena hujan juga menjadi cara merawat helm dengan mudah yang bisa kamu lakukan.

Bersihkan helm setelah digunakan saat hujan.Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Bersihkan helm setelah digunakan saat hujan.Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Kamu juga bisa membersihkan helm yang terkena air hujan menggunakan sabun. Gunakan sabun untuk mengurangi potensi timbulnya jamur pada kaca dan beberapa bagian helm. Setelah dibersihkan memakai sabun, bilas dengan air mengalir agar sisa-sisa sabun hilang sepenuhnya. Setelah dibilas, lap menggunakan kain bersih yang kering agar helm benar-benar kering sepenuhnya. Ingat, bekas air yang masih tersisa juga bisa menyebabkan helm timbul bercak.

  • Menyimpan helm dengan sarung

Cara lain yang bisa dilakukan untuk cara merawat helm adalah dengan menyimpan helm menggunakan sarung helm. Sarung helm yang digunakan ini biasanya terbuat dari bahan kain yang cukup lembut. Sarung helm ini dapat melindungi helm dari goresan-goresan yang dapat merusak permukaan helm. Usahakan gunakan sarung helm ini setiap selesai menggunakan helm. Simpan helm menggunakan sarung helm di tempat yang kering dan sejuk agar tidak lembab.

Hal di atas merupakan cara mudah merawat helm yang bisa dilakukan oleh para pemilik helm. Namun, untuk membersihkan helm, ada juga beberapa cara-cara yang dapat dilakukan oleh para pemilik helm. Kami juga akan membeberkan beberapa cara untuk membersihkan helm dengan cara mudah dan tepat.

Helm

  • Lepas kaca dan busa helm

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan helm pertama kali adalah dengan melepas kaca dan busa pada helm. Biasanya untuk melepas kaca helm diperlukan obeng min, dan lepaskan pengunci yang terdapat di bagian samping kaca helm. Sedangkan untuk melepas busa, biasanya hanya perlu ditarik saja busa bagian dalam dari helm ini. Tapi ingat, ada juga helm yang bagian busanya tidak dapat dilepas karena sudah dilem secara paten di helm tersebut. Beberapa bagian busa yang bisa dilepas biasanya memakai model pengait.

  • Rendam busa memakai air sabun

Busa yang sudah dilepas tadi sebaiknya direndam menggunakan air sabun. Hal ini bertujuan agar membersihkan busa yang kotor. Wajar saja jika busa tersebut kotor. Karena busa tersebut biasanya kotor karena terjadinya pengendapan keringat saat kamu berkendara memakai helm. Sikat menggunakan sikat gigi halus secara perlahan. Kemudian busa tersebut bisa direndam kembali di air deterjen dan dibilas hingga bersih. Cara ini cukup ampuh dalam membersihkan dan membuat busa tersebut menjadi wangi.

pengendara motor saat musim hujan dan angin kencang

Cuaca yang lembab bisa membuat helm berjamur. (Foto: /ilustrasi)

  • Lap bagian helm memakai cairan poles

Setelah busa tersebut dibersihkan, kalian bisa memindahkan pembersihan ke bagian luar helm. Bagian luar helm bisa disikat bagian celahnya menggunakan sikat gigi yang sudah diberikan sabun pembersih. Setelah dibersihkan merata, kamu bisa mengelap bagian luar helm menggunakan kain bersih. Setelah benar-benar bersih permukaan luar helm, kamu bisa mengolesinya dengan cairan atau obat poles. Gosok dan ratakan cairan tersebut menggunakan kain halus seperti microfiber. Setelah itu, lap secara merata dan bersihkan sisa-sisa dari obat poles tersebut.

  • Membersihkan kaca helm

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membersihkan kaca helm. Bersihkan kaca helm ini menggunakan kain microfiber. Tetapi sebelum dibersihkan, usahakan terlebih dahulu untuk membasahi lapisan kaca helm menggunakan air sabun. Cara ini berguna untuk mengangkat kotoran yang membandel yang menempel di permukaan kaca helm.

  • Pasang seluruh bagian helm

Setelah semua bagian benar-benar dibersihkan, langkah selanjutnya adalah kamu hanya perlu memasangkan semua bagian helm. Pasang bagian busa helm, kaca helm, dan beberapa bagian helm yang telah kamu lepas sebelumnya. Setelah semuanya terpasang, kamu juga bisa melakukan penyemprotan pewangi khusus helm agar helm yang sudah kamu bersihkan ini semakin wangi. Helm yang wangi dan bersih akan memberikan kenyamanan pada saat berkendara. Nah, itu tadi merupakan cara yang bisa kamu lakukan dalam melakukan pembersihan helm. Cara merawat helm ini menjadi cara termudah menjaga kebersihan helm.

 

Penulis: Rizen Panjii

Editor: Dimas

Baca Juga:

Aturan Penting Mencuci Busa Helm Sepeda Motor

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/