Berita Sepeda motor Sumber informasi Tips dan Trik

Cara Mudah Mengganti Rantai dan Gear Sepeda Motor

Jakarta – Masalah ganti rantai sepeda motor sebenarnya hal yang mudah untuk dilakukan sendiri. Semua orang bisa melakukan hal ini, asal punya niatan dan tahu langkah-langkahnya dan apa saja yang harus disiapkan.

Kebanyakan untuk menyelesaikan masalah ini pemilik motor langsung membawanya ke bengkel terdekat. Memang bila belum pernah melakukannya meskipun pekerjaan ini cukup mudah dilakukan namun akan terasa sulit dan ribet bila belum terbiasa.

Carmudi Indonesia akan berikan sebuah tips singkat terkait bagaimana cara mudah mengganti rantai dan mengganti gear sepeda motor. Beberapa tahapan yang harus disiapkan dan apa saja peralatan yang harus disiapkan.

Baja juga – Musim Hujan, Perhatikan Kondisi Rantai Motor

Sebelumnya sebagai informasi untuk pergantian rantai itu disarankan setiap 8.000 sampai 15.000 kilometer, atau kira-kira 1,5 tahun. Hal tersebut dibenarkan oleh Suhendra Head Service Advisor Yamaha Pasar Minggu,

“Untuk pergantian rantai motor, dari pihak bengkel resmi seperti itu. 8.000 sampai 15.000 kilometer, agar saat berkendara lebih aman,”ujar Suhendra.

Langkah – Langkah Mengganti dan memasang rantai sepeda motor

1. Pertama yang harus dilakukan, cari sambungan rantai sepeda motor agar mudah melepaskan rantainya.

Melepas Kunci Sambungan Pada Rantai

Melepas Kunci Sambungan Pada Rantai/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

2. Setelah rantai sepeda motor terlepas, hal berikutnya adalah mencopot as roda belakang sepeda motor Anda. Buka semua baut yang terhubung dengan roda belakang, agar nantinya mudah untuk mengganti gear motornya.

Melepas Gear Rantai

Proses Melepas Baut Pada As motor, Foto/Carmudi Indoena

3. Selanjutnya setelah baut bagian belakang terlepas, silakan beralih ke bagian depan. Lepaskan cover pelindung gear bagian depannya, didalam cover tersebut terdapat gear kecil yang menyambung langsung kebagian mesin. Lepaskan semua baut yang menempel pada gear tersebut.

Melepas Cover Rantai

Lepaskan Cover Pelindung Gear yang terhubung langsung dengan mesin/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

4. Setelah bagian depan selesai, kembali lagi kebagian belakang. Posisi gear masih menempel pada roda, jangan lupa lepas juga pelindung rantai (biasanya berbentuk plat tipis). Baru kamu bisa melepaskan semua baut yang menempel di gear motor kamu.

Proses melepas gear set di Motor Kamu

Melepas Baut Pada Gear Belakang

Proses melepas gear set di Motor Kamu/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

5.Bila sudah semua kamu lakukan, sekarang waktunya tinggal memasang gear set baru yang sudah Anda siapkan.

Proses pemasangan kembali/Foto/Carmudi Indonesia/Ben.

Jangan lupa urutan atau letak baut pasang secara benar sesuai peruntukannya. Agar lebih memudahkan bila Anda pertama kali melakukan ini, ambil kertas putih letakkan baut yang dilepas sesuai urutannya.

Jangan lupa setelah terpasang semuanya gear dan rantai jangan lupa menyetel kekencangan rantai. Untuk penyetelan rantai, usahakan rantai jangan terlalu kendor atau kecang.

Samakan setelan baut rantai, dimana ada patokan garis di sebelah kanan dan kiri. Keduanya harus sama peletakannya bila tidak posisi gear akan miring, ini yang menyebabkan gear dan rantai cepat aus.

Sebagai informasi untuk Gear Set motor Yamaha, dibandrol dengan harga Rp 150.000 sampai Rp 500.000 tergantung jenis motor ya. Selamat mencoba.(Dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts