Tips dan Trik

Cara Pasang GPS Tracker yang Benar di Mobil

GPS tracker merupakan alat pelacak kendaraan yang sudah lama ada. Sayangnya tidak semua pemilik mobil tahu tentang cara pasang GPS tracker yang baik dan benar.

Di zaman modern seperti ini, pemasangan GPS tracker cukup membantu. Tanpa disadari, pemasangan GPS tracker di mobil kesayangan ternyata punya banyak manfaat.

GPS memiliki makna sebagai global positioning system, sedangkan tracker memiliki makna sebagai pelacak.

cara pasang gps tracker

Tak perlu khawatir bila mobil dicuri namun telah dilengkapi dengan GPS Tracker. (Foto: Ilustrasi)

Jika digabungkan, maka GPS tracker memiliki makna sebagai alat pelacak kendaraan yang berbasis dengan lokasi. Mobil yang dipasangkan alat tersebut bisa diketahui dengan mudah keberadaannya.

Sebagai pemilik mobil, tentu Carmudian sering mendengar berita kriminal pencurian kendaraan.

Nah, adanya GPS tracker ini bisa membantu pemilik mobil melacak keberadaan mobil jika sewaktu-waktu mengalami tindak kejahatan.

Fungsi GPS Tracker

Kebanyakan orang justru belum terlalu mengetahui fungsi utama dari GPS tracker selain untuk melacak. Secara fungsi utama memang untuk melacak, tetapi fungsi lainnya bertujuan untuk perlindungan kendaraan.

Pencegahan Tindak Kejahatan

Alat satu ini terkadang dibekali dengan built in alarm yang tujuannya untuk memberikan keamanan. Namun ada juga GPS yang tidak dibekali dengan alarm.

cara pasang gps tracker

Fitur ini jelas bisa membantu sebagai salah satu tindakan preventif dari tindak kejahatan yang bisa terjadi kapan saja.

Melihat Riwayat Perjalanan

Mobil yang sudah dipasangkan GPS tracker ini enaknya bisa melihat riwayat perjalanannya. Misalnya Carmudian meminjamkan mobil ke seseorang selama beberapa hari, Carmudian bisa melihat apakah orang tersebut berbohong atau tidak.

Lewat aplikasi yang sudah tersedia kita bisa melihat jejak perjalanan mobil selama 24 jam. Ini menjadi salah satu kelebihan dari pemasangan alat pelacak yang ada di dalam mobil.

Menyadap Percakapan

Beberapa alat pelacak juga dibekali dengan fitur yang jauh lebih keren, misalnya menyadap percakapan yang terjadi di dalam kabin. Fungsi ini memang hanya tersedia pada beberapa GPS saja.

cara pasang gps tracker

Jika merasa curiga atau tidak yakin dengan orang yang meminjam mobil, Carmudian bisa langsung mengcek percakapan orang tersebut di dalam mobil.

Biasanya percakapan ini bisa didengarkan secara live atau selama GPS di dalam mobil masih menyala.

Jika sewaktu-waktu menjadi korban tindak kriminal, Carmudian bisa menyerahkan bukti percakapan dan lokasi tersebut kepada pihak berwajib.

Cara Pasang GPS Tracker di Mobil

Untuk Carmudian yang gemar melakukan do it yourself (DIY) atau mengerjakan sendiri, kami akan memberikan sedikit caranya. Harus diingat, sebelum memasang sendiri, pastikan Anda memang memahami jalur kelistrikan mobil.

Salah satu cara pasang GPS tracker di mobil adalah dengan menyambungkan kabel on/off atau kabel plus dan minus yang ada di aki.

Makanya yang mau pasang sendiri di rumah wajib bisa membaca diagram kelistrikan sebagai panduannya.

Cek Komponen GPS

Ketika membeli GPS secara online, pastikan memperhatikan kelengkapan komponen yang ada di dalam kardus. Jangan lupa baca juga petunjuk pemasangan yang ada di dalam kardus.

GPS tracker

(Foto: Ilustrasi)

Biasanya komponen tersebut terdiri dari kabel plus, kabel minus, sekring, dan baut-baut. Jika sudah lengkap, langsung saja bisa dimulai.

Memasang Jalur Kelistrikan

Langkah pertama, Carmudian bisa mengambil dua kabel berwarna merah dan hitam. Biasanya merah untuk kabel plus sedangkan hitam untuk kabel minus.

Pastikan kabel plus sudah tersambung dengan sekring. Hal ini bertujuan mengantisipasi korsleting yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kedua kabel tersebut idealnya disambungkan ke aki sebagai sumber listrik. Bagi mereka yang sudah terbiasa, pemasangan ini hanya memakan waktu 45 menit sampai 1 jam saja.

“GPS itu ambil power-nya dari aki terus ACC, kalau ACC-nya nyala alat akan dapat arus untuk deteksi engine on-off-nya, sama ke pompa bensin fungsinya kalau kabel pada pompa bensin disabotase maka GPS akan mengirimkan notifikasi ke server,” kata Arianto Furyadi, Presiden Direktur GPS Super Spring kepada Carmudi.

Setelah menyambung, posisikan GPS tersebut di tempat yang sekiranya tidak mudah terdeteksi. Misalnya di balik dasbor, plafon, bawah jok, atau di dekat aki.

Harus diingat, alat GPS ini umumnya tidak boleh terkena air. Maka jangan meletakkannya di bagian bawah mobil sebab bisa langsung rusak jika terkena air.

“Kalau alatnya rusak akibat air, ini biasanya juga tidak akan mendapatkan garansi. Makanya sebisa mungkin jangan kena air dan jangan diletakkan di tempat yang mudah basah,” sambungnya.

Selain punya fitur di atas, GPS umumnya juga bisa mematikan mesin dari jarak jauh.

“Ada juga fitur mematikan mesin yang ketika mendapat perintah, yang diputus itu adalah pompa bensinnya,” katanya.

Secara tidak langsung mobil tidak akan bisa di-starter dengan cara apapun lantaran pompa bensin tidak mengirimkan bensin ke mesin.

Pastikan Server Berjalan

Setiap GPS memiliki server-nya sendiri, nah Carmudian pastikan jika alat tersebut sudah bekerja dengan normal. Ketika sudah menyala sebisa mungkin setting GPS yang sudah terpasang di dalam mobil.

Jangan lupa install sistem yang sudah ada di alat tersebut. Misalnya volume GPS, batas gerak, sadap suara, memory card, status mesin, dan fitur mematikan mesin.

Umumnya GPS yang menawarkan keakuratan lokasi masih menggunakan SIM card. Jadi, jangan lupa untuk mengecek pulsa yang ada di SIM card tersebut supaya GPS bisa aktif, ya.

Kisaran Harga GPS Mobil

Carmudian yang mau memasang GPS tracker tak perlu pusing, di toko online banyak ditawarkan dengan harga terjangkau.

Kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp300 ribuan sampai Rp2 jutaan tergantung merek dan fitur yang tersedia.

Namun jika boleh memberi saran, akan lebih baik jika membeli GPS yang harganya sedikit lebih mahal.

Ingat pepatah: “ada harga ada kualitas”.

Sebelum membeli pastikan Anda mendapatkan garansi dan cara klaim yang mudah jika sewaktu-waktu produk yang didapatkan rusak atau cacat produksi. Maklum, barang elektronik tidak bisa ditebak usianya.

Jika masih bingung cara pasang GPS tracker yang ada di atas, Carmudian bisa mendatangi bengkel variasi terdekat untuk minta dipasangkan. Namun jika mendatangi bengkel tentu akan ada biaya yang harus dikeluarkan.

Besaran biayanya tergantung kesepakatan dengan pihak yang memasang. Mau pasang sendiri atau ke bengkel sama-sama baik, asalkan aplikasinya sesuai dengan petunjuk yang ada.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts