Tips dan Trik

Cara Pilih Mobil yang Tepat untuk Libur Lebaran

Banyak orang mencari mobil untuk digunakan pada saat libur lebaran seperti untuk digunakan bepergian ke rumah sanak saudara atau ke tempat wisata.

Salah satu kebiasaan orang Indonesia adalah bersilaturahmi saat hari raya baik di dalam kota maupun luar kota. Untuk itu biasanya mendekati hari raya banyak orang yang tiba-tiba membeli mobil.

Terkadang mobil yang dibeli mendekati hari raya ini sering juga dipakai untuk pulang kampung. Jangan lupa, pulang kampung juga menjadi tradisi yang sangat kental bagi warga Indonesia.

mobil untuk libur lebaran

Selamat liburan 🙂

Setiap tahun banyak orang melakukan kegiatan ini. Sebab, banyak masyarakat Indonesia yang mayoritas merantau untuk bekerja di kota lain demi mencari peruntungan hidup.

Untuk digunakan saat mudik, perlu tahu caranya memilih mobil yang tepat. Sebab tidak semua mobil layak dan nyaman untuk digunakan menjadi kendaraan saat mudik.

Perlu mengetahui cara memilih mobil yang tepat untuk digunakan saat libur lebaran. Sebab, libur lebaran biasanya selalu dimanfaatkan entah untuk bersilaturahmi atau berwisata kemana saja.

Larangan Mudik

Sebelum membahas mobil yang tepat untuk libur lebaran, ketahui dahulu jika aktifitas mudik ternyata di tahun 2021 ini dilarang oleh Pemerintah.

Aturan ini tertuang dalam surat edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H selama 6-17 Mei 2021.

Mengapa dilarang? Sebab Pemerintah menilai langkah ini untuk menekan penyebaran angka pasien Covid-19 yang dinilai semakin naik.

mobil untuk libur lebaran

Mengendarai mobil manual saat mudik

Larangan ini berlaku untuk setiap moda transportasi darat, laut dan udara. Tetapi, hanya ada beberapa perjalanan yang diizinkan oleh Pemerintah dengan syarat yang ketat.

Misalnya sebagai berikut;

  • Orang yang bekerja melakukan perjalanan dinas (ASN, BUMN, BUMD, Polri, TNI, pegawai swasta yang dilengkapi surat tugas bertanda tangan pimpinan
  • Kunjungan keluarga sakit
  • Kunjungan duka keluarga meninggal
  • Ibu hamil dengan 1 orang pendamping
  • Orang berkepentingan melahirkan
  • Layanan kesehatan darurat

Selain syarat di atas, ada juga pengecualian kendaraan yang boleh beroperasi dan melakukan perjalanan. Berikut pengecualiannya;

  • Kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara RI
  • Kendaraan dinas operasional berpelat dinas (TNI/Polri)
  • Kendaraan dinas operasional jalan tol
  • Kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan mobil jenazah
  • Kendaraan kesehatan darurat, ibu hamil dengan keluarga inti
  • Kendaraan yang menyangkut repatriasi pekerja imigran Indonesia, WNI, pelajar/mahasiswa di luar negeri, dan pemulangan orang dengan alasan khusus.

Cara Memilih Mobil Untuk Libur Lebaran

Dalam konteks ini, kami akan memberikan informasi untuk libur lebaran saat nanti sudah mulai diizinkan oleh Pemerintah. Bagaimana caranya memilih mobil untuk libur lebaran?

Mengendarai mobil manual saat mudik

Mengendarai mobil manual saat mudik

Bagi orang awam, tentu pertanyaan seperti ini selalu terlontar. Namun bagi seseorang yang sudah punya mobil, pertanyaan seperti ini bahkan tidak keluar.

Sesuaikan Kebutuhan

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dari mereka yang akan membeli mobil. Dalam hal ini calon pembeli mobil bisa mengetahui kira-kira jumlah penumpang yang akan dibawa dengan mobil.

Misalnya keluarga muda hanya membawa maksimal 4 orang saja. Tentu mereka tidak membutuhkan mobil dengan kapasitas hingga 7 orang.

Bagi keluarga muda, mobil dengan kapasitas 5 orang saja rasanya sudah lebih dari cukup. Berbeda dengan keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih banyak.

Mereka ini tentunya jelas akan membutuhkan mobil dengan kapasitas penumpang lebih banyak. Untuk itu penting sekali menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kapasitas Bagasi Besar

Hal kedua yang wajib diperhatikan adalah kapasitas bagasi yang besar. Mengapa? Untuk mendukung perjalanan jarak jauh, perlu kapasitas bagasi yang besar.

mobil untuk libur lebaran

Bagasi dan kabin

Tujuannya untuk bisa menempatkan barang bawaan di bagasi. Maklum, saat sedang mudik biasanya orang Indonesia selalu membawa barang yang banyak dan ukurannya cukup besar.

Misalnya seperti koper, kardus berisi makanan, atau tas berisi baju. Itu baru saat berangkat, belum lagi saat menuju kembali pulang barang bawaannya bisa lebih banyak lagi membawa oleh-oleh.

Suspensi Nyaman

Faktor lain yang sangat wajib diperhatikan adalah suspensi. Umumnya suspensi menjadi hal yang berpengaruh kepada sektor kenyaman mobil.

Kenyamanan pada sebuah mobil ini sejatinya tidak bisa ditolerir apapun alasannya. Sehingga sangat wajib memperhatikan mobil yang memiliki karakter suspensi yang nyaman.

Pada saat membeli mobil bekas, Carmudian bisa bertanya kepada pengguna mobil yang akan kalian beli. Tanyakan bagaimana karakter suspensinya pada saat melakukan perjalanan jauh.

suspensi

Suspensi yang ada pada kendaraan

Tanyakan juga apakah suspensinya cukup nyaman di bagian depan atau belakang. Terakhir jangan lupa menanyakan biaya perbaikan kaki-kaki dari mobil tersebut.

Sebab untuk melakukan perjalanan jarak jauh dibutuhkan kenyamanan yang bagus. Agar selama perjalanan ini penumpang tidak merasa cepat lelah.

Untuk mobil baru, Carmudian bisa melihat review-review dari berbagai sumber. Bisa melihat dari media, atau para pengguna yang membeli mobil tersebut dalam keadaan baru.

Bahan Bakar Irit

Ciri lain yang bisa dicari dari mobil yang tepat untuk libur lebaran adalah konsumsi BBM yang irit. Biasanya orang akan mencari mobil dengan konsumsi BBM yang irit untuk dibeli.

Sebab mobil yang boros bisa membuat perjalanan jarak jauh memakan banyak uang. Jangan sampai uang yang dikeluarkan untuk keluar kota lebih besar di bahan bakar.

Cara Menghitung Konsumsi BBM Mobil dan Motor 01

(Foto: Bolt Blog)

Lebih baik carilah mobil dengan bahan bakar yang irit saat di dalam kota. Biasanya mobil yang digunakan dalam kota saja irit, saat dipakai keluar kota bisa akan lebih irit lagi konsumsi BBMnya.

Perjalanan luar kota biasanya cenderung stabil kecepatan yang dilalui. Otomatis, konsumsi BBM juga menjadi lebih baik saat luar kota.

Menyewa Mobil

Bagi yang enggan membeli mobil, cara lain termudah dan tercepat yang bisa dilakukan adalah menyewa mobil. Dengan menyewa mobil, Carmudian bisa lebih bebas memilih mobil.

Pilihlah mobil yang punya kenyamanan baik, bahan bakar irit dan bagasi yang luas. Namun, ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum menyewa mobil.

Biasanya menyewa mobil untuk dipakai lebaran tidak bisa dilakukan mendadak. Biasanya calon penyewa harus memesan terlebih dahulu.

Ilustrasi mobil sewaan (Foto: Cambiosecuencial.es)

Sebab yang mau menyewa mobil untuk dipakai libur lebaran cukup banyak antusiasnya. Sehingga banyak orang berebut mendapatkan unit sewa untuk lebaran.

Bahkan tempat penyewaan mobil juga terkadang kelimpungan memenuhi kebutuhan penyewaan. Dan biasanya harga sewa untuk lebaran akan sedikit lebih mahal dari biasanya.

Hal ini selalu terjadi seperti itu setiap tahunnya. Mendekati waktu lebaran banyak orang menyewa mobil dan harga sewanya akan lebih mahal.

Namun, mereka yang mau menyewa tentu sudah mengetahui konsekuensi tersebut. Daripada tidak mendapatkan mobil, lebih baik membayar lebih mahal untuk sewa.

Toh saat bepergian juga lebih merasa aman karena tak perlu memikirkan kondisi mobil. Jika ada apa-apa, konsumen bisa komplain kepada tempat penyewaan tersebut.

Setelah mengetahui hal di atas, Carmudian lebih baik membeli mobil atau lebih menyewa mobil jelang libur lebaran ya? Sampaikan di kolom komentar.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *